PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Tips-tips perawatan bayi

tips_merawat_bayiBayi adalah mahluk yang lemah dan sensitif yang memerlukan perawatan khusus secara menyeluruh. Merawat bayi tak cukup hanya dengan perawatan rutin dan reguler, tapi juga harus penuh kasih sayang karena akan memberikan rasa nyaman dan aman kepada bayi. Saat ini banyak sekali ibu-ibu yang tak lagi bisa merawat bayinya sendiri karena dituntut oleh pekerjaannya sehingga mereka harus menyewa baby sitter. Pilihlah baby sitter yang lemah lembut dan penyabar namun tangkas merawat bayi anda. Bila mungkin carilah baby sitter atas rekomendasi kolega yang anda kenal, karena saat ini banyak sekali sindikat penjualan bayi atau penculikan bayi. Selain itu, dengan memilih baby sitter yang terpercaya, anda tak perlu lagi selalu was-was jika harus meninggalkan si kecil untuk bekerja.Yang penting dalam merawat bayi, adalah memperhatikan bayi baik makanan, minuman, kebersihan dirinya dan pakaian serta memperhatikan segi psikologis dan emosional bayi. Walaupun belum bisa bicara, namun bayi juga dapat merasakan stres yang menyebabkan bayi selalu rewel. Buaian dan belaian kasih sayang anda adalah hal yang penting yang dapat menenangkan bayi. Bila bayi telah cukup umur, sesekali ajaklah bayi berjalan-jalan di tempat yang ramai untuk memperkenalkannya kepada dunia luar. Jangan hanya mengurung bayi di dalam rumah terus menerus karena dapat menyebabkan bayi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Kenalkan pula kepada tetangga atau kolega anda, sekaligus anda juga bisa memamerkan buah hati anda yang lucu. Memfasilitasi bayi dengan mainan bayi yang cukup juga dapat mengurangi tingkat stresnya. Berikan ruang bermain yang cukup baik di dalam tempat tidurnya atau di kamar tidur. Bila mungkin sediakan ruang bermain yang cukup luas tanpa ada benda-benda tajam di dalamnya. Berikan batas untuk menghindarkan bayi anda terjatuh. Untuk sementara jauhkan berbagai macam koleksi barang pecah belah anda, atau bila mungkin jauhkan ruang bermain bayi dari tempat anda menyimpan koleksi pecah belah anda. Selain itu, perhatikan pula kebersihan baik kebersihan bayi dan pakaian juga lingkungan tempat tinggal anda. Jauhkan bayi anda dari binatang-bintang peliharaan untuk menghindarkan dari penyakit takso yang menular karena virus dari binatang peliharaan. Bila bayi anda punya kakak yang umurnya tak berbeda jauh dari bayi, minta kakak si bayi turut menjaga adiknya. Hubungan kakak-adik yang harmonis yang dibina sejak kecil dapat terbawa hingga dewasa nanti dan mereka akan menjadi saudara yang akur. Bayi yang sehat akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan itu semua tergantung dari cara anda merawat dan memperhatikan perkembangan buah hati anda. Pantaulah perkembangan anak anda dari semua segi baik fisik dan emosional serta perkembangan otaknya. Pahami bayi anda sebagai seorang individu dan jangan biarkan dia mengalami stres. Anda boleh memanjakan bayi anda tapi anda juga harus memberikan batasan-batasan tegas dan memberikan larangan bila bayi anda melakukan sesuatu yang membahayakan dirinya. Perbanyak juga informasi mengenai bayi yang bisa anda dapatkan dari berbagai sumber.

44 Comments to “Tips-tips perawatan bayi”

  1. papi mengatakan:

    pake babysister ? apa ga mendingan dirawat sama mamanya sendiri ya….
    eh ada juga artikel merawat bayi dan mendidik bay, aku baca kmaren di sisehatcerdas.blogspot

  2. perlengkapan bayi mengatakan:

    Anda boleh memanjakan bayi anda tapi anda juga harus memberikan batasan-batasan tegas dan memberikan larangan bila bayi anda melakukan sesuatu yang membahayakan dirinya. Perbanyak juga informasi mengenai bayi yang bisa anda dapatkan dari berbagai sumber. >>> ini yg plg mantep… kecerdasan emosionalnya, dimulai dari sini…

    perlengkapan bayi

  3. Susilo mengatakan:

    Banyak ilmu yang perlu saya gali tentang kesehatan anak, karena saya baru jadi bapak

    • Nanny mengatakan:

      belajar terus disini pak.. nanti kami bantu berikan informasi terbaru tentang bagaimana cara merawat dan mendidik anak agar tumbuh sehat dan cerdas

      • ani fatchurahman mengatakan:

        sebelum nya slm kenal;saya mau tnya umur anak saya 2bln,dan skrg susah skali minum su2nya apa ada yg tau bagaimana cara mangatasinya? agar nyusu nya teratur lg?

  4. Avzega mengatakan:

    Hi, saya baru saja imunisasi hepatitis b dan polio bayi saya umur 2 bln, kok bayi saya demam? Dan setelah imun diberikan obat berbentuk bubuk, apakah perlu obat tsb?

    • Nanny mengatakan:

      demam tersebut menunjukan bahwa tubuh sedang bereaksi terhadap imunisasi, normalnya demam akan turun dalam 2 hari saja, bila lebih dari itu baiknya berkonsultasi dengan posyandu terdekat

  5. desi mengatakan:

    hi, bayi saya umurnya 6 bulan , tapi berat badannya susah sekali naik dari umur 4 bulan hanya berkisar 6 – 6,5 kg saja , tapi gerak motoriknya aktif sekali, apakah itu normal?

    • yuli mengatakan:

      ibu desi, menurut saya anak ibu itu termasuk kategori anak yg tidak normal, kasihan anak ibu itu, ketidak normalan dia saya yakin disebabkan anda sendiri,karena menurut saya anda itu termasuk orang tua yg tidak normal. terima kasih

      • xx mengatakan:

        @yuli: jika km seorang wanita, rasakan ketika kamu hamil, melahirkan dan merawat anak. lihat apa kamu bisa senormal ibu lainnya atau kamu malah masuk RSJ krn yg ga normal itu kamu
        @desi: konsul dokter anak dan perhatikan KMSnya. dari situ terlihat riwayat kesehatan anak ibu.

  6. Lastuti mengatakan:

    Benar sekali…
    Bayi ibaratnya kertas putih yang siap kita tulisi dengan artikel apapun yang akan menjadi pedomannya dikemudian hari…

    Salah merawat bayi akan menjadikan bumerang untuk kita sendiri…

    • Nanny mengatakan:

      untuk itu kita perlu memberikan perhatian lebih kepada buah hati kita agar mereka mengerti betapa dalam dan cinta kasih orang tuanya pada mereka

  7. toko furniture mengatakan:

    ada tayangan di tv atau di internet kalau ada pembantu rumah tangga yg menyiksa si anak majikannya. Kalau ada pembantu rumah tangga yg sadis seperti itu, pasti ada juga baby sitter yg sadis juga tapi belum ada orang yg melapor.
    Jadi memang lebih baik ditangani sendiri.

    • Nanny mengatakan:

      memang jalan terbaik adalah merawat bayi kita sendiri, namun terkadang ada saat dimana kita harus mencari win-win solution.. saat dimana waktu mendesak dan urusan tak bisa ditangani, seperti ada kematian sanak famili, ada tugas luar kota dll

  8. dina mengatakan:

    perbanyak info dong…
    mungkin karena kehamilan pertama jd agak cemas dan pengen tahu banyak

  9. nurcahya mengatakan:

    bayi saya sekarang udah berumur 4 bulan tapi badannya masih kecil.apa yach penyebabya? dan bagaimana cara merawatnya supaya badannya besar?

  10. Ruly Handayanti mengatakan:

    BAYI SAYA UMUR 2 BULAN TAPI SISA AIR KETUBAN MASIH TERSISA DIDALAM SEDIKIT SEHINGGA MEMBUAT BAYI SAYA SEPERTI FLU, BAGAIMANA CARA UNTUK MENGHILANGKAN SISA2 LENDIR AIR KETUBAN YG SELAU MEMBUAT ANAK SAYA AGAK REWEL KALO MALAM?TRIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA

  11. edi mengatakan:

    anak saya umur 2 minggu tapi d tnggorokannya sperti berlendir

  12. nyna mengatakan:

    bagaimana pola bayi usia 11bulan agar bayi tumbuh menjadi anak yang sehay n pintar n maka
    cih

  13. kumalaindriasari mengatakan:

    anak saya lahir nya 2,3kg sekarang 11bln beratnya 7,5kg,sekarang naiknya kok susah sekali ya beratnya,gmn cara biar dia cpt naik beratnya ya..

  14. Laily Nur mengatakan:

    saya mau tanya…apa benar gurita pada bayi tidak boleh digunakan lagi..katanya dapat menyebabkan pertumbuhan bayi terhambat, menyebabkan bayi muntah, biang keringat, sesak bernafas, etc………

    kalau benar, apa ada sumber atau literatur yang pasti tentang penggunaan gurita pada bayi ini, dan apakah sudah ada yang pernah melakukan penelitian sehubungan tentang penggunaan gurita ini…??

    terima kasih…he

  15. pinginsehat mengatakan:

    wah utk baby sitter saya percayakan sama ibu/mertua saja :)

  16. Health & Weight Loss Program mengatakan:

    masa pake babysitter, bukanx kurang baik….

  17. tini mengatakan:

    saya senang bisa merawat bayi saya sendiri tanpa baby sitter, karena tidak ada yang bisa merawat bayi sebaik ibu sendiri

  18. tini mengatakan:

    hi..bayi saya umurnya 3 bulan,,berat badan pertama lahir 2900g umur satu bulan naik 800g,umur 2 bulan naik 1kg kok umur tiga bln malah naik 800g..normal gak ya..

  19. ewix mengatakan:

    gmna cara mandiin bayi yang benr?????plizzzz ea

    • ani fatchurahman mengatakan:

      saya juga baru mau tanya cara mandiin bayi cz ada yg bilang harus d bilas alias 2x mandi.tapi sampai usia ank saya 2 bln.saya mandiin cuma 1x bak mandi aja g pake d bilazzz,bener g sih?

  20. perlengkapan balita mengatakan:

    menggunakan jasa baby sitter memang gampang gampang susah, tapi demi anak lakukan jaga2 dengan menaruh hidden camera, karena ada kasus di youtube seorang baby sitter memandikan bayi dengan kasar.

  21. Batik mengatakan:

    tanks atas tipsnya….

  22. Zakiati mengatakan:

    Anak ibarat kertas,gimana kita merawatnya.

  23. silau mengatakan:

    merawat bayi ibarat menanam pohon, tidak peduli siapa yang menanamnya, yang merawatnyalah yang akan selalu diingat dan dikenang.
    jadi, jangan salahkan ketika anak tidak “menghormati orang tuanya” anda memang melahirkannya, tapi bukan anda yang membesarkan dan merawatnya, apakah pantas disebut sebagai orangtua? kalo secara biologis memang benar, tapi tidak secara psikologis.

  24. fitriani mengatakan:

    anak saya umurnya baru 3bln, ada yg tau gimana cara menghilangkan kemerahan dibandannya

    • atin mengatakan:

      menurut pengalaman saya mbak, kemarin anak saya sempet mengalami kulit kemerahan yang ada di lehernya dipunggungnya jg kemudian saya coba kasih bedak talek cussen soalnya anak saya pakenya cussen alhamdulillah dalam waktu sahari ‘pagi q ksh bedak sorenya dah agak kering trus besok paginya dah sembuh benar2 g kelihatan merah2nya. pokoknya banyak2in talknya mbak.insya’allh sembuh.

  25. fitriani mengatakan:

    anak saya baru ber umur 3 bln tapi dibadan dan dilangkangan pahaknya bayk keluar kemerahan,,,,apa ada yang tahu gimana cara menghilangkan nya karena saya jadi bigu

  26. fitriani mengatakan:

    gmna cara mandiin bayi yang benar,,,,,?

  27. arie mengatakan:

    Anaksykembar6blnpertanyaansyaapakahboblhmerekadidudukkandmainanroda2anbtjlnmereka.trims

  28. Shella richma monica mengatakan:

    Anak sy udh 6 blan dya susah skli mkn udh d pksa d gmn2 in tetap gk mw mkn jd gmnh yah biar dia mau mkn

  29. atin mengatakan:

    bagaimana caranya agar bayi tidak rewel,nyaman,dan tenang.tolong kasih tipsnya y? mksh.

  30. Qomariyah mengatakan:

    hi…..
    Anak saya baru 1 minggu.bo2 siangnya lama…..banget di atas 5 jam apakah normal???

  31. bound mengatakan:

    bayi tu lbh baik kalau di rwt ibu.na sndri.,

  32. roni mengatakan:

    Mau tanya gimana tips merawat anak yg masih kcl anak sy 3 umur 4 th 2,5 th dan 1 th

  33. pinny mengatakan:

    sis.. mau nany anak saya sudah 2 bln 24 hari
    tpi sudah 1 minggu BEOR.. 1 HARI karang 3x.. smlm 4x
    cara jaga nya gimana
    supaya anak saya beor naormal

Leave a Reply