PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Tips Melancarkan ASI

ASI merupakan makanan pokok bagi bayi setelah dia dilahirkan di dunia. Mendapatkan ASI yang lancar pasca melahirkan merupakan dambaan tiap ibu karena ASI sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang sang buah hati.

Pemberian ASI ekslusif kepada bayi sangat dianjurkan sampai bayi berusia enam bulan. Namun tidak semua ibu beruntung memiliki ASI yang lancar bahkan ada beberapa yang tidak mengeluarkan ASI.

Pasti keadaan tersebut membuat si ibu kecewa karena tidak bisa memenuhi kebutuhan utama sang buah hati.

Meski demikian, ada cara-cara yang mungkin bisa ditempuh untuk melancarkan ASI. Berikut ini merupakan tips melancarkan ASI.

Untuk memperlancar ASI, hendaknya si ibu yang sedang menyusi bayinya rajin mengonsumsi susu khusus untuk ibu menyusui karena dalam susu tersebut terkandung banyak zat-zat vitamin dan mineral yang berguna untuk memperlancar ASI di antarannya kandungan kalsium.

Seraya rajin minum susu, hendaknya si ibu juga menjaga pola makannya karena hal ini juga berpengaruh pada kelancaran ASI yang dikeluarkan ibu.

Untuk memperlancar Asi hendaknya ibu memperbanyak mengkonsumsi makanan sayur-sayuran hijau. Sayu-sayuran hijau ini banyak ditemukan di sekitar rumah seperi daun bayam, daun pepaya, dan daun katuk.

Daun katuk merupakan salah satu daun yang dipercaya bisa membantu memperlancar ASI dan kini di pasaran banyak sekali dijumpai ekstrak daun katuk guna mempermudah untuk memperoleh dan mengonsumsinya.

Selain sayur-sayuran hijau, ibu bisa memperbanyak makan kacang-kacangan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperlancar Asi adalah dengan memberikan rangsangan pada payudara dengan cara sering menyudukannya pada bayi. Ini merupakan salah satu cara alami yang bisa membantu memperlancar keluarnya ASI.

Selama menyusui bayi hendaknya ibu dalam kondisi tenang dan rileks karena emosi yang ibu rasakan akan mempengaruhi ASI yang ia keluarkan.

4 Comments to “Tips Melancarkan ASI”

  1. dwi trisnawati mengatakan:

    siang.. saya bunda akhdan saya punya masalah dengan asi yang saya berikan ke dede akhdan masalahnya mengapa dede akhdan selalu muntah setelah pemberian asi saya juga sudah buat di sendawa tp setelah dede akhdan muntah dede tenang lain dengan sebelum dede muntah yang seperti lapar terus. terimakasih

  2. irna mengatakan:

    daun katuk it gmn?

  3. ahmad mengatakan:

    bisa juga dibantu dengan meminum Teh Sarang Semut loh.. kunjungi toko kami ya

  4. ade mengatakan:

    Sy ♍ĄƱ tanya, istri saya bru melahirkan tp asinya kl ∂i sedot g keluar, padahal kl ∂i urut sampe netes sendiri… Bgaimana caranya spya asi istri sy bs keluar kl lg ∂i sedot sa̐ªa̐ά♍α si kecil…
    Trimakasih

Leave a Reply