PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Tinggi Dan Berat Badan Ideal Bayi

Untuk mengetahui berat badan dan ukuran tinggi bayi yang ideal, masing-masing wilayah punya standar yang berbeda-beda. Bayi yang berasal wilayah Asia pada umumnya punya bentuk badan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bayi yang berasal dari Eropa, maka standarnya juga tidak seberat dan setinggi bayi yang berasal dari wilayah itu.

Sesuai dengan ukuran standar dari Departemen Kesehatan Indonesia, berat badan untuk usia bayi yang masih dibawah tiga bulan adalah antara 3,4 hingga 5,7 kilogram. Sedangkan untuk tinggi badan bayi yang ideal adalah sekitar 40,5 hingga 60 sentimeter. Kemudian ketika usia bayi menginjak umur empat sampai enam bulan, maka berat badan bayi yang ideal adalah 5 sampai 7,4 kilogram. Untuk ukuran ideal tinggi badannya sekitar 62,5 sampai 66 sentimeter.

Setelah usia bayi masuk pada umur tujuh sampai sembilan bulan, berat badan bayi naik menjadi sekitar 8 sampai 8,9 kilogram. Demikian pula dengan tinggi badan bayi yang juga mengalami pertambahan menjadi 67,5 sampai 70, 5 sentimeter. Sedangkan bayi yang usianya antara sepuluh bulan sampai dengan satu tahun berat idealnya adalah antara 9,3 dan 9,9 kilogram. Adapun tinggi badannya mencapai ukuran antara 72 sampai 74,5 sentimeter. Dan semakin bertambah usia bayi, maka berat badan dan ukuran tinggi badannya juga terus bertambah.

Namun demikian, ukuran ideal berat badan bayi dan tinggi badan bayi tersebut tidak bersifat mutlak, karena ada beberapa faktor yang ikut mempengaruhi pertumbuhan ukuran berat dan tinggi badan bayi. Salah satu faktor tersebut adalah kondisi dari kedua orang tua bayi. Jika mereka punya ukuran badan yang lebih besar dan tinggi, maka ada kemungkinan berat badan bayi juga lebih banyak dibanding dengan bayi yang orang tuannya lebih kurus. Demikian pula jika bapak dan ibu bayi punya badan yang lebih jangkung, maka tinggi badan bayi juga bisa lebih panjang dibanding dengan bayi yang lain.

Selain itu faktor gizi dan makanan yang sehat juga punya pengaruh terhadap pertumbuhan berat badan bayi dan ukuran ketinggiannya. Makin bagus pasokan gizi yang masuk, maka berat dan tinggi badan bayi juga bisa makin bagus dan ideal.

18 Comments to “Tinggi Dan Berat Badan Ideal Bayi”

  1. sumarni mengatakan:

    Hi…pb,tlg bantuin dong. Anak saya 3, 5 bln, cewek,masalahnya mengapa anak w susah banget minum susu,bayi w minum susu formula.susunya nutrilon royal.biasanya bayi usia segitu brp jam pemberian susunya? Waktu bayi umur sebulan susunya bebelac,stlh tuhdia gak mau lalu kuganti lg dgn enfamil,stlh ada habisin 6 klg dia gak mau lg lalu kuganti dgn nutrilon royal.skrg anak w gak mau lg malahan dia llebih suka kompeng malahan jam pemberian susunya sekitar 4- 5 jam. Tuh pun kdg2 gak mau minum. Klo mau ganti sebaiknya susu apa.? Saya udh bawa anak w ke dokter cuma dikasih vitamin.

    • Lisa mengatakan:

      Halo bunda, saya cm mau bagi info. anak saya usia sdh 6 bln. anak saya jg susah kalo dikasih minum susu, tp harus tetap dikasih minum susu loh. Lambung bayi masih kecil jd bayi hanya bs menampung sedikit makanan sehingga lambung bayi tidak boleh dibiarkan kosong terlalu lama sampai lebih dari 4/5 jam. untuk pemberian susu dilakukan setiap 2-3 jam sekali. Takaran pemberian susu harus disesuaikan dengan usia bayi, misalnya bayi baru lahir = 30ml/2jam, naik usia maka pemberian susu harus ditambah. saya lupa takarannya. coba bunda cari di web atau lihat keterangan di dus susu yg dibeli. kalau anak saya waktu minum susu harus digendong trus dialihin perhatiannya dengan melihat2 benda di sekitar. misalnya pajangan gantung, langit2 rumah, sambil anak diajak ngobrol. Mari sama2 berusaha memberikan susu yg cukup utk anak kita ya, hehehe.. :)

  2. adeLia mengatakan:

    emang gT bun, saya jg punya bayi skrng umur na masuk 3 bln dia minum na ASI sm formula..susu na jgn d ganti2 trz dund bund..kalo pas dia gag mau coba bunda ajak jalan2 smbl ng0brol ma baby na nanti jg dia mau pelan2 ajah jgn d paksa hrs masuk brp ml c0z lambung na blm siap menampung banyak..anak saya sampe skrng tetep 60ml tp abis itu dia netek..try ya bund..

  3. mega mengatakan:

    Dear Pakar Bunda
    Saya punya putri umur 6 Bulan, kenapa akhir2 ini agak susah minum susu ya? ( susu formula nutrilon soya krn alergi protein sapi) dan lebih suka minum air putih, ada kah solusi lain pengganti susu yang mengandung manfaat yang sama besar nya dengan susu?
    thanks

  4. rulan andini mengatakan:

    dear pakar bunda saya baru py anak,dan anak pertama,anak saya baru umur 2bln lebih 3mgg dgn berat badan 7kg,saya mau tanyak apakah untuk ukuran seumur dia sudah ideal?

  5. vike mengatakan:

    sore.. sy minta info bagaimana mengatasi anak bayi yg gemuk. bayi saya umur 4bulan 2minggu,bb 9 kg, panjang 65. pada saat lahir beratnya 3,4.
    Saat ini masih diberikan ASI 70% dan sufor 30%.
    mulai di berikan sufor pada saat umur 3bulan 2 minggu. Apakah ini termasuk obesitas?
    sy cenderung gemuk tp tidak overweight. dan suami tidak gemuk. makanan pertama apa yg baik dengan kondisi anak sy… terimakasih…

  6. fany mengatakan:

    Anak sy suka kaget,tlng ks sarannya apa permasalahan anak saya

  7. tarry mengatakan:

    anak saya berat 4.3 kg mungkin sekarang sudah 5 kg umur 2bln 3minggu ..
    tapi masih kuning , apa yang salah ?

  8. nunung nurhayati mengatakan:

    [m̲̅][a̲̅][u̲̅] tanya. Bayi sy umur 11 bln bbadan 8kg asi ,apakah tdk terlalu kurus
    Klo kurus bgm solusinya ?

  9. Astri mengatakan:

    ank saya bru 2 bln tpi dia berat’y 7kg pdhal ank sya blm d ksih mkan…
    apha brat bdan’y wjar tuk seusia’y

    $mksh sblm’y

  10. devi mengatakan:

    anak saya 3,5 bulan BBnya 7 kg,,mski sya krja tp tetep saya kasih ASI eklsif,,
    mnrut saya BB sgt tdk trll brlebih buat de2kQ cz klihatane msih nrmal,,,gak obstas,,
    lagian klo baby gendut/cabi tu ak plg suka cz klihatane lutchu, hehehhe

  11. RZ mengatakan:

    Knp bunda” disini pada heboh ngasih susu “sapi” yah? Anak manusia ya susuny manusia dong jangan anak manusia susuny sapi hehhe pantes aja penyakit ank skrg pada aneh” , anak sy umur 6 bulan masih ASI full sampe dia nnti 2 tahun atau lebih :) sehat banget gizi baik, krn ya memang ASI pling baik, :p so buat apa mahal” repot” kasih susu yg bermerk kalo mmg susumu memang yg terbaik :p #justsaying

    • bundaaa mengatakan:

      bunda sptinya krg bijak meskipun “just saying’, bunda bkata demikian seolah2 smua org hrs sprti bunda, smua ibu tentu ingin yg tbaik untk anak, apapun caranya, krna kdg walaupun stgh mati kita ingin beri ASI tp tnyata knyataan bkata lain, kita tdk pnya jalan lain slain sufor, spti saya krna pnyakit yg sy derita ASI sy sedikit sekali (5ml tiap kali kluar), anak jd nangis n akhrnya tdk mau menyusu (menangis tiap kali saya sodorkan puting), ibu mana yg tdk hancur hatinya ketika anaknya tdk mau dsusui, dg berat hati dberilah sufor (meski dlm hati menangis), makanya bunda tolonglah hargai bunda2 lain yg tdk bs memberi ASIX krna satu dan lain hal, dg lebih bersyukur krna bunda bs memberi ASIX, bukan malah berkata kurang bijak seperti itu, makasih perhatiannya bunda (maaf ya malah curhat)

    • Fransisca mengatakan:

      Kita sebagai ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk anak. Tapi bagaimana jika tidak bisa memberi ASI karena satu hal tertentu. Seperti saya contohnya,ASI tidak keluar karena melahirkan caesar dengan tensi tinggi,diharuskan meminum obat penurun tekanan darah selama berminggu-minggu sehingga ASI tidak bisa keluar. Saya mencoba perlekatan dengan bayi, serta memompa sampai payudara saya sakit.saya sudah berusaha semaksimal mungkin,dan asi saya keluar sangat sedikit sehingga pada minggu ketiga usia bayi saya harus kehilangan 400gram berat badannya(berat lahir 3600gram). ASI saya tetap seret. Saya menyerah.Saya tau ASI adalah makanan TERBAIK untuk bayi,tapi saya tak punya pilihan. Saya sudah mencoba memberi yang terbaik, tapi ternyata yang terbaik saja tak cukup. Saya memberi sufor pada anak saya karena tidak mau anak saya kelaparan. Sedihnya masih ada saja orang yang menilai ukuran sukses atau nggak jadi ibu diukur dari ‘dikasih ASI atau SUFOR anaknya’. Menyebut anak yang minum Sufor adalah ‘anak sapi’. NO, anak kita bukan ‘anak sapi’, karena kita sudah penuh perjuangan mengandung dan melahirkannya. Padahal keberhasilan menjadi orang tua tidak hanya diukur dari makanan bayinya. Yang paling penting adalah cara kita mendidik anak kita agar menjadi anak yang berguna. Alhamdulillah sekarang bayi saya sudah 2 bulan, dan dengan segala usaha ASI saya sudah lancar dan bayi saya full ASI dan beratnya sudah hampir 6kg diusianya yang sekarang. So, Mom please jangan menjudge ibu-ibu yang tidak bisa memberikan ASI pada bayinya,karena pasti mereka sudah berusaha yang terbaik. Maaf jika ada yang kurang berkenan, terima kasih.

  12. debby mengatakan:

    anak saya umur 7 bln timbangan nya 6.3kg kira2 msih stabil ga y? tdi nya dia doyan bget minum susu d botol tpi mkn nya susah tpi sdh 2 hri ini dia tdk mau nyusu d botol . bagaimana cra nya spya anak kembali minum susu d botol n mkn nya nafsu. terima kasih

  13. fredy mengatakan:

    mau tanya ne…secara teori jenis kelamin mempengaruhi kenaikan berat badan bayi usia6-12 bulan tidak???
    kalau ada teorinya atau artikelnya tolong berbagi ya untuk skripsi saya…..
    bisa berbagi d email saya yosef_fredy@yahoo.com
    mohon bantuannya…

  14. rofoqoh mengatakan:

    mlm bun…ank saya sdh 1th tpi brat bdanya cmn 7kg..gmna ya bun cranya br ank saya bsa naik brat bdanya..dia ga bsa minum susu formula.kmaren terinfeksi saluran cernanya..tlong y bun kasih tipsnya..mksh

  15. bunda mengatakan:

    Ikutan curhat bun….Anak saya usia 2,5 bulan. Sejak lahir sudah diberi sufor karena asi saya tidak keluar awalnya. Walaupun dipaksa sampai berdarah. Setelah beberapa hari akhirnya keluar juga. Hanya sayang yang seharusnya paling bagus buat bayi harus saya buang, karena menurut dokternya tidak baik diberikan karena berdarah. Dengan berat hati saya buang. Sekarang sudah mulai keluar asinya walaupun masih tidak banyak, diselingi dengan sufor. Tapi anak saya selalu menolak sufor karena membuat perutnya kembung dan sakit. Sampai saya paksa minum sufor karena asi nya kosong. Sedih sekali rasanya melihat diia nangis2 diberi sufor. Namun saya tetap usaha agar produksi asi tetap berjalan. Ayo para bunda….tetap semangat ya….

Leave a Reply