PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Tentang Bayi

Tak ada yang lebih menggembirakan ketika mendengarkan tangisan pertama buah hati anda, dan anda sadar, bahwa sekarang anda telah menjadi orang tua dari sebuah mahluk mungil yang lucu yang lahir dari buah cinta anda berdua. Kini, anda tak lagi berdua.

Seorang bayi lahir setelah terkandung selama 9 bulan 10 hari. Memang kadangkala seorang bayi lahir lebih cepat atau lebih lama, tapi itulah usia normal kandungan manusia. Bayi yang dilahirkan setelah dikandung selama 9 bulan 10 hari biasanya lahir dengan normal dan akan memiliki perkembangan tubuh yang normal baik organ tubuh, perkembangan motorik, fisik dan juga otak.

Jika kurang dari usia kehamilan tersebut, bayi harus dirawat dalam inkubator supaya dapat terus bertahan hidup.Pada dasarnya perawatan bayi sangatlah kompleks. Kehati-hatian adalah hal yang harus diperhatikan karena selain organ tubuh dan fisik bayi masih sensitif, bayi juga tidak dapat memberitahu orang tuanya tentang apa yang mereka rasakan karena bayi masih belum bisa bicara.

Orang tua harus benar-benar memperhatikan keadaan buah hatinya dan memberikan yang terbaik supaya bayi tidak stres dan dapat tumbuh secara baik serta normal dan sehat.

Perawatan bayi secara menyeluruh dan kompleks tersebut meliputi pengetahuan orang tua tentang apa-apa yang dibutuhkan seperti pilihan makanan dan minuman yang tepat pada usia tertentu bayi, jenis pakaian yang dibutuhkan bayi, pemilihan tempat tidur dan mainan, cara menyusui dan juga perawatan tambahan seperti imuninasi.

Perawatan bayi dan pemberian nutrisi pada bayi berbeda-beda dan harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan usia bayi. Sang ibu juga tidak boleh melupakan pemberian ASI yang sangat baik bagi daya tahan tubuhnya. Perkembangan bayi juga harus dipantau, dan pemantauan tersebut dapat dibantu oleh Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat dengan Kartu Menuju Sehat. Paling tidak seorang bayi harus dipantau perkembangan dan kesehatannya dari sejak dari lahir hingga berumur lima tahun.

Tak hanya itu, sang ibu dan ayah pun harus memperhatikan pemberian imunisasi kepada buah hatinya supaya terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Bayi, seperti layaknya orang dewasa juga dapat menderita sakit.

Namun bedanya, penanganan penyembuhan pada bayi berbeda dan tidak dengan mudah diberikan berbagai obat-obatan karena organ-organ dalam tubuhnya masih belum terbentuk dengan sempurna. Penanganan yang tepat akan sangat diperlukan disini.

Oleh karena itu orang tua pun harus dapat membekali diri tentang penyakit-penyakit yang sering diderita si bayi dan juga penangannya. Namun yang tak kalah penting adalah kesehatan psikologis si bayi.

Dan dengan kasih sayang dan perhatian anda kepada harta anda yang paling berharga tersebut, si bayi akan dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat.

3 Comments to “Tentang Bayi”

  1. charlie mengatakan:

    info ini sgt berguna bg aq,
    anakku umur 11 bln tp gigi blm tumbuh tuh bs dibantu infonya ya,
    tq ..)

  2. Rory tamba mengatakan:

    Anak ku berusia 5 bln 4 hri sdg mau tmbh gigi tp menglm keluhan dbgian hidung agak tersumbat dan batuk gak sembuh-sembuh..

    Tolong info nya y..?
    Balas

    trims

  3. norlynner mengatakan:

    umur bayi saya baru 2 buln,tapi air susu saya bkurangan..bagaimana saya dpt mnambahkn air susu sya?

Leave a Reply