PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Tahap-Tahap Perkembangan Balita Usia 4-5 Tahun

Tahap-tahap perkembangan balita dapat didefinisikan sebagai tahap perkembangan fisik dan mental balita dalam berhubungan dengan lembaga-lembaga sosial, adat istiadat, dan hukum yang membentuk masyarakat. Makna lain dari tahapan perkembangan balita adalah periode anak usia dini dari lahir sampai usia delapan tahun, namun di Amerika Serikat perkembangan balita dianggap hanya sampai di usia 5 tahun. Karena selepas usia 5 tahun anak akan memasuki lingkungan sekolah yang lebih formal.

Ada tiga tahap dalam perkembangan anak, yaitu: anak usia dini, masa kanak-kanak menengah, dan remaja. Peranan orang tua sangat penting dalam perkembangan anak ini. Pada setiap tahapan tentu berbeda-beda trik yang dapat digunakan oleh orang tua.

Kali ini saya akan membahas tahap perkembangan balita usia 4-5 tahun. Usia 4-5 tahun adalah usia dimana anak memasuki waktu pra sekolah. Berikut tahap-tahap perkembangan balita usia 4-5 tahun:

Balita Usia 4 tahun;
Perkembangan fisik bayi usia 4 tahun ditandai dengan kepala mulai membesar, ketajaman penggunaan panca indra meningkat, kebutuhan energi meningkat menjadi 1700 kalori perhari.

Perkembangan motorik anak usia 4 tahun ditandai dengan mulai dapat berjalan di garis lurus, dapat berdiri dengan satu kaki, sudah mahir naik tangga, dapat melompat setinggi 15cm, mampu melempar bola dengan baik, sudah mampu menulis beberapa bentuk dan huruf, sudah bisa memegang pensil dengan baik, dan dapat berjalan membentuk lingkaran.

Perkembangan kognitif pada anak usia 4 tahun dapat ditandai dengan kemampuan untuk mengenali kata-kata dan suara yang serupa, sudah bisa berhitung minimal sampai 20, memahami konsep ukuran, dapat memahami urutan kejadian sehari-hari, dan sudah dapat menyusun puzzle.

Anak usia 4 tahun sudah mulai mahir dalam hal bahasa. Mereka sudah bisa mengucapkan preposisi, posesif konsisten, membentuk kalimat dengan struktur rumit, mulai mneggunakan keterangan waktu dalam kalimatnya, paham intonasi kalimat sesuai konteksnya, dan sudah dapat menyanyikan lagu dengan syair yang singkat.

Perkembangan sosial anak usia 4 tahun ditandai dengan: senang bermain ke luar rumah, perasaan yang berubah-ubah, sudah mulai berteman, bisa bekerjasama dan berpartisipasi dalam kelompok, sudah bisa menelpon, dan mulai mengenal sahabat.

Balita Usia 5 tahun;
Perkembangan fisik bayi lima tahun ditandai dengan ukuran kepala sudah menyerupai kepala orang dewasa, gigi mulai bertukar, tubuh sudah proporsional, dan membutuhkan energi sebanyak 1800 kalori per hari.
Motorik bayi lima tahun ditandai oleh: bisa berjalan ke belakang, sudah bisa turun-naik tangga tanpa bantuan, sudah bisa jungkir balik, bisa berjalan di balok keseimbangan, sudah hapal beberapa huruf, dan mulai memanfaatkan tangannya untuk berbagai aktivitas.

Perkembangan kemampuan kognitif bayi lima tahun ditandai oleh bisa membentuk bagun datar, memahami konsep bentuk dan ukuran, sudah bisa menghitung sampai 50, paham bentuk angka, sudah bisa membaca jarum jam, dan menunjukkan semangat belajar hal baru. Bayi lima tahun sudah mulai bisa bercerita tentang kejadian yang dialami. Selain itu mereka juga mulai bisa paham tentang lelucon, dan hapal nama orang-orang terdekatnya.

Perkembangan sosial anak usia 5 tahun ditandai dengan: sudah bisa bersahabat, menunjukkan partisipasinya dalam kelompok, kebutuhan akan kepastian dan kenyamanan dari orang tua, suka menghibur orang lain, dan ingin menorehkan prestasi.

Bagaimana dengan bayi Anda? Apakah perkembangan yang dialaminya sesuai dengan hal di atas? Jika tidak ada baiknya anda menghubungi dokter Anda.

34 Comments to “Tahap-Tahap Perkembangan Balita Usia 4-5 Tahun”

  1. Teguh Bayu mengatakan:

    thx infonya ya

    • tini mengatakan:

      anak saya usia baru 4 tahun kurang tapi belum lancar bicara? apa penyebabnya.

    • sela mengatakan:

      anak saya 3 thn 10 bln, sudah bisa menghitung sampai 200, kdg bs 100,200 dst smp seribu tanpa melihat angkanya.membaca semua angka-angka di jalan/no rumah dengan benar.menghafal telp &alamat rumah,membaca alphabet tp ada beberapa yg masih salah.bisa menceritakan kembali kejadian-kejadian/apa yang dipelajari di sekolah.Apakah boleh saya tetap menjawab kalau dia mau tahu lebih banyak lagi terutama ttg angka2?terima kasih

    • m.sakur mengatakan:

      minta dong referensix kawan…masalah PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA 4-5 TAHUN ….untuk sebagai referensi skripsi saya…itu lo kawan mau membantu sen ya ke emailx saya email:M.sakurthunder@yahoo.com terimah kasih sebelumx

  2. rosemary mengatakan:

    anakku sudah 5 tahun bulan mei ini, dan sudah sekolah tk , bentar lagi masuk tk besar dan sd kelas 1.

  3. bunda rita mengatakan:

    putra pertama saya usianya 4,5 tahun tapi belum bisa menyanyi dan sangat sulit sekali menghafalkan huruf alphabet, tetapi dia mampu untuk menceritakan kembali apa yang telah didengarkan misalnya cerita anak-anak. yang saya tanyakan :
    1. apakah perkembangan putra saya tergolong normal
    2. apa penyebabnya dia tdk bs menyanyi dan menghafalkan alphabet
    terima kasih bantuannya

  4. MAKKITA mengatakan:

    saya punya kenalan baru yang minta anaknya diberi privat menulis, membaca,dan berhitung. usia anaknya 4 tahun tapi sama sekali belum bisa menulis sesuatu yg berpola khusus seperti nomor dan huruf. baru bisa menggambar garis lurus dan garis acak. penguasaan bahasanyapun sangat rendah hanya mampu mengucapkan beberapa kata.

    apa yg salah dengan anak itu?

  5. mama mengatakan:

    anakku usia 4 tahun.. alhamdulillah sudah bisa bicara sedikit-sedikit…

  6. umi dzaki mengatakan:

    ankku sudah berusia 3,3 tahun alhamdulillah sudah lancar bicara, menyanyi, menghapal beberapa surat pendek. tapi dia masih sering sekali nangis menjerit-njerit dan ngompol. bagaimana y?

    • mama ghania mengatakan:

      anak saya usia 4 tahun alhamdulillah sudah pandai bernyanyi dengan nada yang mendekati benar, tapi dlm berhitung belum lancar, kalo menulis udah bisa beberapa angka udah ada yg bisa yaitu angka satu, huruf nol, bikin garis2 berbentuk kotak dan mewarnai walau pun belum rapi. tapi kalo di kasih tau soal pengucapan kadang2 susah bisa, misalnya dia sering mengucapkan kata “mms” padahal maksudnya “sms” tp kl di ksaih tau susah. kenapa ya?

  7. mama mengatakan:

    anak saya berumur 4,5 thn mengenal huruf dan angka udah bisa tp ngomong blm bisa semua nah akhir2 ini dia sering ngomong sendiri dan tertawa sendiri dan pada saat dia blm tdr malam.tlg di beri tanggapan ya makasih

  8. gina mengatakan:

    anak ku berusia 4 th,sudah bisa menyanyi,bermain dll, tp yang sangt saya heran kan dia mudah cemburu dan sering banget mudah marah,dan lebih sensitif,bagaimana saya harus menangani kasus seperti anak saya ini,terima kasih.

  9. Dewa mengatakan:

    Anak saya usia 4 tahun masih sering ngompol bila tidur malam , bagaimana menghentikan kebiasaan ngompolnya…?
    Dan bagai mana cara menghukum atau memberi pelajaran bila sianak ini tidak menurut, melawan dan berbohong kepada orang tuanya…?

    • Bunda Rani mengatakan:

      Mungkin sebelum tidur, diinstruksikan terlebih dahulu pipis kekamar mandi bu…tidak terlalu sering menuruti minum susu pada saat tidur. dalam beberapa jam sekali diajak untuki pipis. suhu Ac tidak terlalu dingin kali ya buu.. semoga bermanfaat..untuk menghukum ke anak, bisa saja di beri kesepakatan terlebih dahulu atas hukumannya itu, sehinnga anak belajar juga untuk tggung jawab pada apa yg ditrima ketika dia salah.

  10. sari mengatakan:

    infonya sangat bagus dan berguna cause.. aku punya anak usianya 4,5 th..thanks a lot

  11. fadil mengatakan:

    kami punya anak umur lima tahun.membaca sama menulis udah lancar.tp berhitung agak lambat.apa penyebabnya.trimakasih

  12. Lasma Doloksaribu mengatakan:

    anak saya berusia 5 tahun belum dapat berbicara sama sekali.
    Apakah anak saya dalam kateegori tidak normal?

  13. goesdodo mengatakan:

    anak saya berusia 5 tahun tapi berat badannya hanya 13,5 kg,apakah termasuk wajar mengingat dari usia 3 tahun tidak ada kenaikan berat badan,terima kasih

  14. netta mengatakan:

    anak saya saat ini menginjak umur 5 tahun, tapi mengapa belum lancar berbicara?

  15. lusi mengatakan:

    anak saya sdh berumur 3 tahun 6 bulan dan sdh skolah PAUD dan alhamdulillah jg anak saya sdh bs brhtng, suka menyanyi, hampir smua lagu anak2 hafal. sdh bs bersosialisasi dg tmnnya. yg ingn saya tnykn dsni adlh: bgmna caranya mengembangkan potensi anak lbh dalam lg shgga anak saya bisa berprestasi didlmnya? thanks for answer.

  16. devi landowati mengatakan:

    anak saya bulan april 2012 nanti berusia 5 tahun, saat ini sudah duduk di bangku TK B. Dia sudah lancar membaca, berhitung, bernyanyi, menggambar, menggunting dengan rapi, dan kemampuan geraknya sangan aktif. pertanyaan saya, apakah dengan usianya nanti 5,2 tahun dan dengan kemampuannya yang demikian, lebih baik dia masuk SD, atau tetap di TK B, atau ikut les-les yang menunjang keterampilan dan kognitifnya?

  17. yunishara mengatakan:

    anakku cello sudah bisa melawan orang tua dan gurunya kalau lagi marah.

  18. Bunda Rani mengatakan:

    anak saya berumur 4 tahun, sudah pandai mengenal huruf bahkan menggabungkannya menjadi beberapa suku kata, namun minat ke sekolah belum terlalu muncul ( mudah bosan ), bagaimana cara mengatasinya??

  19. maria mengatakan:

    apa yg terjadi jika anak di paksa untuk masuk ke tk A padahal usia masih 3,5 th dilihat dari aspek manapun

  20. Neni mengatakan:

    Anak saya 4 tahun, pada saat 3 tahun aku selalu ajarin belajar menulis, manggambar dan juga menghitung setiap pulang kerja, dan hasilnya sangat bagus, yang paling sering menghitung, pinter banget.Semua itu tergantung dari kerajinan ortu mendidik, kalo ortunya malas yaaa otomatis anaknya nga bisa pinter, betul nga ???

  21. mia hariyadi mengatakan:

    anak saya usianya 4 tahun 8 bulan. sehari-harinya saya tinggal kerja mulai usia 20 bulan dan diasuh oleh ibu mertua saya. akhir-akhir ini saya merasa “dinomor-duakan”, biasanya mandi pagi sama saya sekarang minta sama eyangnya. saya dianggap musuh, apa yang salah dalam diri saya ya??

  22. Lisa mengatakan:

    wokkeee infonya.. makasih

  23. mama sofi mengatakan:

    anak saya sekarang sdh 4thn 3 bulan sekarang dia sdh sekolah tk , soalnya dia yg selalu menuntut hendak sekolah, alhamdulillah anak saya sudh bisa baca walau menulis, menhitung penjumlahan dan pengurangan .semoga anakku sehat selalu amin

  24. julianto pasaribu mengatakan:

    anak kami umur 6 tahun baru aja selesai TK- dan bentar lagi meansturasi dan remaja -setelah ini pasti dewasa, ia terlambat pandai menulis dan membaca ,ia tidak terlalu menyukai teknologi dan bidang ekonomi,cita-citanya ingin menjadi POLISI SUPER ,tugas kami orang tua mewujud kan cita-citanya…..
    -belum pernah meniru atau plagiat
    kalo bertengkar selalu dengan sepupunya dan itu pun cowok karna rebutan barang sesuatu yang ia sukai walau ia sudah punya adik

  25. deny apriliyanti mengatakan:

    anak kami umur 5tahun dia baru masuk TK,semester awal saya biarkan dia mengenal lingkungan barunya,beradaptasi dg teman2 baru &guru baru,tahap awal ibu guruny sdh memberikan dia materi menulis huruf2 &angka2,yg saya bikin bingung ank saya sdh bs menulis n mengenal huruf tp disekolah dia gak mau menulis,semester 1 saya msh biarkan saja mskpn tiap hri aku ksh wejangan agr mau menulis,semester 2 bejalan dia sdh bs membaca lancar n menulis tapi saya smkn dibuat gemes lg dia msh gak mau menulis sampe selesai,paling 2 kalimat saja,mau smpe selesai jg jarang2,aku coba konsul sama guruny katanya pengaruh temen tapi jwbn2 gurunya slu tdk bs memberi kepuasan,ya sbg ortu mau gmn lg dipaksa pun ank seumuran segtu jg gak bs takutnya malah stres n gak mau sklh,tapi aku bingung takutnya nanti berkelanjutan,pdhl kami sdh menyemangati dia agar mau menulis di sklh,dg apapun n berbagai cara,minta solusinya ya

  26. dian mengatakan:

    Anak saya umurnya 3thn 7bulan.tapi dia belum bisa menjawab pertanyaan2,dia hanya mengikuti kata2 yang ada dibelakang,bagaimana agar anak saya bisa menjawab pertanyaan2?

Leave a Reply