PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Pertumbuhan Gigi Balita

Nutrisi yang baik membuat anak tumbuh dengan optimal. Tumbuh kembang balita yang optimal akan memberi dampak positif pada kepribadian anak setelah dewasa kelak.

Pertumbuhan balita ditandai dengan terus bertambahnya berat badan bayi dan tinggi badan, juga perkembangan otak dan otot serta pertumbuhan gigi balita.
Gigi yang tumbuh pada masa balita disebut juga gigi susu. Pertumbuhan gigi balita diawali dengan munculnya ujung gigi di permukaan gusi. selanjutnya gigi akan tumbuh secara tegak sesuai struktur rongga mulut.

Dan sebuah gigi akan berhenti tumbuh secara otommatis saat ia berentuhan dengan gigi lain di sebelahnya. Dari pengalaman, gigi balita mulai tumbuh pada usia balita sekitar 6 bulan.

Tapi ada juga bayi yang sudah tumbuh gigi saat ia masih berada dalam rahim, dokter gigi mendiagnosa bahwa hal itu disebabkan karena ibu bayi mengkonsumsi kalsium dalam jumlah besar saat hamil.

Gigi balita yang pertama muncul adalah gigi seri bagian bawah, disusul gigi seri bagian atas. gigi selanjutnya yang tumbuh adalah gigi geraham, pada usia balita sekitar 15 sampai 20 bulan dan dibarengi dengan pertumbuhan gigi taring.

Gigi geraham yang terakhir akan tumbuh pada usia 2 tahun, dan seluruh gigi akan tumbuh secara sempurna pada usia balita 3 tahun.
Pertumbuhan gigi balita yang sehat dan sempurna akan terwujud dengan asupan gizi yang baik pada balita, misal kalsium dan vitamin D.

Agar pertumbuhan dan perkembangan gigi balita berjalan baik, dianjurkan agar orangtua memeriksakan gigi balita kepada dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali.

Selain itu dianjurkan pula agar orangtua mendidik anak untuk terus melakukan kunjungan rutin kepada dokter gigi setelah ia besar, agar memiliki gigi yang sempurna.

Bukankah gigi yang sehat dan terawat akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang?

16 Comments to “Pertumbuhan Gigi Balita”

  1. joko mengatakan:

    kenapa kalo tumbuh gigi badan bayi panas ya.

  2. suroto mengatakan:

    Kenapa bayi yang menggunakan susu formula Giginya cenderung Gigis ( giginya patah-patah) & rasanya sakit kalau tersentuh makanan yang agak keras

  3. aya mengatakan:

    anak ku pertama tumbuh gi2 bagian bawah truz yg ke dua tumbuh gi2 bagian atas tapi sekarang di liat2 ko gi2 bagian atas yg ke2 tumbuh lebih panjang dari yg pertama,,, knpa ya?

  4. anwar mengatakan:

    Pagi Bu,

    Anak saya umurnya 1 tahun, tapi belum ada gigi sama sekali, padahal waktu hamil istri saya tidak ketinggalan makan ikan & susu hamil, dan sampai sekarang istri saya masih menyusui bayinya.
    mohon penjelasan dari Ibu.

    Terima kasih
    salam

    • admin mengatakan:

      coba dibantu dengan makanan yang mengandung banyak kalsium pak seperti pisang.. memang setiap pertumbuhan bayi tidak sama, namun ada rata-ratanya..

  5. donny mengatakan:

    rata2 bayi tumbuh gigi pertama umur brp?

  6. Bunda alza mengatakan:

    Salam kenal.. Bebyku usia 4bulan kok suka isap jari jari tangan dan kadang” di gigit pula,menyusui pun kadang juga di gigit,padahal asinya lancar,kenapa ya?apa gusinya gatal?mohon jawabannya,thx

  7. syafril mengatakan:

    apa ada pengaruh kekurangan gizi/ gizi buruk terhadap erupsi gigi baliat..?apa buku yang bisa dijadikan untuk referensi hal tersebut?tksh

  8. Bunda Arya mengatakan:

    gigi pertama anak saya tumbuh saat usia 1 tahun (12 bulan),sekarang usia 20 bulan,tapi gignya baru ada 4,atas 2 yang bawah 2…kenapa sampai sekarang belum bertambah lagi??padahal semua gizi sudah terpenuhi..apakah ada saran lain?trmksh ats blsnnya.

  9. Bunda Arya mengatakan:

    usia ank saya skrang 20 bulan tapi giginya baru ada 5, yang atas 3 dan yang bwah 2…tumbuh gigi pertama saat usia 12 bulan…pdhl kalsiumnya sudah sya penuhi…adakah petunjuk agar giginya bertambah lagi???

  10. Ayah Riyan mengatakan:

    anak saya sekarang usia’y sudah 11 bulan kenapa ya blm ada tanda-tanda tumbuh gigi,? tapi untuk mengunyah yg keras dia sudah bisa. adakah petunjuk agar gigi’y cepat tumbuh,,,?

  11. bunda khansa mengatakan:

    putriku skrng sdh berumur 18 bln giginyapun sudah lengkap semua, tetapi pada gigi yang atas seperti berkerak, menghilangkannya gmn ya… soalnya setiap mandi slalu di gosok… tp masih ad aj… trimaksih.

  12. sandhika mengatakan:

    jumlah gig balita ad berapa ya?
    klau saya boleh tau

  13. Nesi mengatakan:

    Anakku tumbuh gigi saat berusia kurang dari 6 bulan, dan saat ini sudah berusia 9 bulan gigi yang tumbuh sudah 8 gigi.. dan saat ini gusi gerahamnya mulai menebal dan sepertinya akan tumbuh.. apakah itu normal? berat badan nya menjadi kurang saat ini 7,6 kg. Dan setiap tumbuh gigi anakku menjadi demam. mohon masukannya. Tq

  14. tata mengatakan:

    putri kecil saya sudah 14 bulan namun giginya baru tumbuh satu, bagaimana ya agar giginya dapat tumbuh sesuai dengan usianya? waktu 6 bulan giginya sudah sepertinya mulai tumbuh karena suka menggigit2 tapi kok tidak muncul.terimakasih

Leave a Reply