PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Perbedaan ASI dan susu formula
Memang pilihan berat ketika harus memutuskan apakah memilih ASI atau susu formula sebagai susu utama bayi kita.
Memang sebagai orang tua kita wajib memberikan ASI terbaik kepada bayi kita, namun memang tidak selalu bisa memberikan ASI ekslusif hingga 2 tahun dikarenakan beberapa alasan baik karena pekerjaan atau alasan fisik atau terhentinya produksi ASI.
Nah, untuk memahami perbedaan ASI dan susu formula tentu kita harus melihat kandungan dari masing-masing susu agar diketahui manakah yang terbaik untuk bayi kita. Kandungan di dalam ASI
  1. Lemak
    Lemak sangat penting dalam memberikan asupan energy kepada bayi, dan juga membantu bayi dalam mengatur suhu tubuhnya.
    Ada dua macam lemak yang terkandung di dalam ASI yaitu lemak linoleat dan asam alda linoleat yang nantinya akan diproses oleh tubuh bayi menjadi AA dan DHA yang dominan membantu pertumbuhan otak bayi.
  2. Laktosa
    Laktosa berperan dalam membangun system syaraf dan juga asupan energy bagi bayi untuk beraktifitas. Laktosa akan dioleh oleh tubuh menjadi galaktosa dan glukosa sebagai bahan utama pertumbuhan syaraf.
  3. Oligosakarida
    Oligosakarida adalah bahan bioaktif yang terkandung di dalam ASI yang memiliki fungsi sebagai prebiotik, zat ini dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang hidup di dalam pencernaan bayi secara alami.
  4. Protein
    Protein adalah zat utama dalam pembentukan struktur otak bayi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan bayi.
Di dalam susu formula mungkin anda akan menemukan zat-zat serupa, namun tidak semua dapat anda jumpai seperti oligosakarida yang hanya terkandung di dalam ASI.

Susu formula tidak dapat menggantikan ASI secara sempurna karena beberapa kandungan ASI tidak dapat digantikan oleh susu formula.

Perbedaan lain dilihat dari kacamata ekonomi jelas, dengan ASI kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu formula dan botol susu bayi.

6 Comments to “Perbedaan ASI dan susu formula”

  1. RINI mengatakan:

    Sy setuju bahwa tidak ada yg dpt mrnggantikan khasiat ASI bg by. Sy berhrp bs memberikan full ASI pd anak sy, tp smp sekarang usia anak 4 bulan produksi asi sy sedikit, shg kebutuhan minumnya sebagian besar dari susu formula. hal ini membuat sy merasa bersalah dan merasa bukan ibu yg baik bg by sy krn hrs memberi susu formula. Sy pernah baca bahwa anak yg minum asi, tingkat kecerdasannya lebih tinggi dari pada yang tidak minum asi, kekebalan tubuhnya lebih baik dan keunggulan2 lainnya. Bgmn dgn anak2 yg mendpt sedikir asi, seperti anak sy dan anak2 yang tidak mendapatkan asi sama sekali karena alasan fisik si ibu yg tubuhnya tidak dpt lg memproduksi asi? Bgmn agar mereka tetap dpt sehat, punya daya tahan tubuh yg baik dan cerdas seperti anak2 yg minum asi full? Tolong berikan info atau pemahaman bg ibu2 yg sgt ingin memberikan asi tapi terpaksa memberikan susu formula karena berbagai keterbatasan yg tidak bisa dihindari. Shg tdk berlarut-larut dalam rasa bersalah pada diri ibu2 yg tidak dapat memberikan full asi. trmksh….

  2. alovem mengatakan:

    susu bayi memang lebih menyehatkan dibandingkan susu formula konvensional

  3. yulia mengatakan:

    saya merasa brsalah.sy pikir pakai susu formula byi akan gemuk.tp ternyata asi lebh bnyk@bgus kasiatx

  4. dian mengatakan:

    ASI memang lebih bagus bila dibandingkan dengan susu formula, tetapi saya adalah seorang ibu yang baru melahirkan anak pertama sekitar sebulan yang lalu. saya ingin memberikan ASI kepada anak saya tetapi kenapa setiap saya MENCOBA memberikan ASI si kecil selalu gelisah dan tidak mau menghisap ASI. apakah mungkin karena susu saya putingnya terlalu besar dan ukuran payudara saya juga tergolong besar. mohon info dan solusinya!
    terimakasih

  5. Fitri mengatakan:

    Mba Dian: bisa diperah kok,tp ttp hrs di hisapkan pd si bayi biar ttp produksi asinya

  6. Googra mengatakan:

    Bila anda sepakat ASI adalah makanan sempurna buat bayi, tirulah, jangan di ubah komposisinya. Tahukah anda komposisi ASI 50% lebih adalah lemak, dan 55% lemaknya adalah lemak jenuh. Kenapa ibu-ibu mau beli ide “susu rendah lemak”?
    Bayi-bayi suku Masai lepas dari ASI diberi lemak hewan cair dan setiap hari mereka hanya minum susu. Apa yang dia dapat? Tubuhnya lencir, langsing lebih tinggi dibandingkan dengan suku yang sama tetapi menetap dan makan karbo.

Leave a Reply