PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Penyakit Kulit Menular

Infeksius (menular) disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan infestasi oleh parasit.

Infeksi Kuman

Penyakit kulit karena infeksi bakteri yang sering diterdapat pada bayi disebut pioderma. pioderma disebabkan oleh bakteri gram positif staphyllococcus, terutama S. aureus dan streptococcus atau keduanya. Faktor predisposisinya yaitu higiene yang kurang, menurunnya daya tahan tubuh (mengidap penyakit menahun, kurang gizi, keganasan/kanker dan sebagainya) atau adanya penyakit lain di kulit yang menyebabkan fungsi perlindungan kulit terganggu.

Terdapat beberapa jenis pioderma, yaitu:

Impetigo, Impetigo merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh stafilokokus aurea atau kadang-kadang oleh streptokokus dan hanya terjadi pada lapisan kulit jangat. Biasanya tak disertai gejala konstitusi (gejala infeksi pada tubuh manusia seperti demam, nyeri, lesu,dan lainnya). Pada kulit penderita terlihat lepuh dan gelembung yang berisi cairan. Penyakit ini mudah menular pada anak lain atau dirinya sendiri.

Impetigo ada 2, yaitu :

  1. Impetigo krustosa/kontagiosa (istilah awamnya, cacar madu) merupakan kelainan yang terjadi di sekitar lubang hidung dan mulut. Ciri-cirinya, yaitu kemerahan kulit dan lepuh yang cepat memecah sehingga meninggalkan keropeng tebal warna kuning serupa madu. Bila keropeng dilepaskan, terlihat luka lecet di bawahnya.
  2. Impetigo bulosa/vesiko bulosa (cacar monyet atau cacar api) yang sering terjadi di ketiak, dada, dan punggung. Ciri-cirinya yaitu kemerahan di kulit dan gelembung-gelembung (seperti kulit yang tersundut rokok hingga dikenal dengan cacar api), berisi nanah yang mudah pecah. Cacar api sangat mudah menular dan berpindah dari satu bagian kulit ke bagian lain. Jika terjadi pada bayi baru lahir, infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Kelainan ini dapat disertai demam dan menimbulkan infeksi serius.

Folikulitis, Infeksi ini mengenai folikel rambut. Ciri-cirinya berupa bintil padat atau bintil bernanah yang kemerahan dengan rambut di tengahnya. Biasanya sering ditemukan pada tungkai bawah.

Furunkel atau Bisul, Adalah radang pada folikel yang meluas ke jaringan di sekitar folikel rambut. Ciri-cirinya, yaitu di kulit akan terlihat benjolan kemerahan dengan mata di bagian tengah yang dapat melunak menjadi abses. Kelainan terutama terjadi di daerah yang sering mengalami gesekan dan banyak berkeringat seperti ketiak, bokong, leher, dada, dan paha. Biasanya terdapat keluhan rasa nyeri, apalagi bila kelainan terjadi di dasar yang keras misalnya di hidung atau liang telinga luar.

Abses Multipel Kelenjar Keringat, Merupakan infeksi di kelenjar keringat. Faktor predisposisinya yaitu daya tahan tubuh yang menurun dan banyak berkeringat. Kelainan ditandai benjolan seperti kubah di daerah yang banyak berkeringat seperti dada, punggung atas, kepala bagian belakang, bokong, dan lainnya.

Erisipelas dan Selulitis, Erispelas adalah infeksi pada kulit yang umumnya didahului oleh luka atau trauma, baik nyata maupun mikroskopis. Pada bayi umumnya terjadi di pusar. Ciri-cirinya, yaitu di kulit terlihat kemerahan berbatas tegas, disertai gejala berupa demam dan kelesuan. Sementara selulitis merupakan kelanjutan erisipelas. Bedanya, pada selulitis, radang meluas sampai ke jaringan di bawah kulit.

Staphylococcal scalded skin syndrome, Merupakan infeksi kulit oleh staphylococcus aureus galur tertentu dengan ciri yang khas berupa epidermolisis. Pada umumnya terdapat demam tinggi disertai infeksi di saluran napas bagian atas. Kelainan kulit awalnya berupa eritema yang timbul mendadak pada muka, leher ketiak telapak tangan dan kaki serta lipat paha, kemudian menyeluruh dalam waktu 24-48 jam.

17 Comments to “Penyakit Kulit Menular”

  1. diana mengatakan:

    hai.. anak saya tumbuh banyak bisul dikepala.. apa yang harus saya buat… asyik nangis jer… ubat dah bagi… ubatnya.. ponstan..beanzyme..antibiotik& multivitamin…
    umur 1tahun 7 bulan.. tak boleh inject ke?????????

  2. lia mengatakan:

    saya lia mempunyai anak berusia 5 bulan.
    yang saya mau tanyakan adalah
    1. obat, salep atau anti biotik apa yang ampuh untuk penyakit cacar api
    2. apa di bolehkan mandi dengan mengunakan PK / di lap
    3. apa di perbolehkan mengunakan bedak salysil.
    4. bagai mana cara menangganinya mengingat tumbuhnya cacar api hampir diseluruh tubuhnya

    atas jawabanya saya ucapkan terima kasih

    – jawab –
    1. untuk obat salep harus sesuai dengan resep dokter si anak perlu diperiksa terlebih dahulu apakah ada alergi terhadap jenis-jenis obat tertentu..apalagi usianya baru 5 bulan

    2. sebaiknya di lap saja

    3. bedak antiseptik diperbolehkan

    4. saran – jangan banyak kena angin

  3. atika mengatakan:

    hai sy tika,ank saya umur 2th mengalami gelembung2 cair bening di daerah kelaminnya..gimana kira2 perawatannya..thk

  4. wahyu mengatakan:

    anak saya umur 5 tahun kata dokter menderita impetigo, sudah dikasih obat fussycom. tetapi sekarang masih bertambah bulanya dan meluas. pengobatannya apa yang efektif. TK

  5. Fitriyatun nurjannah mengatakan:

    bayi saya berumur 3bln.kulit leher bayi saya terdapat bintil2 aga besar berwarna merah,sudah diberi antibiotik n salep dari dokter.dokter bilang karena bakteri n jamur. Sempat sembuh tp timbul kembali ditempat yg sama.gimana ya harusnya agar bisa benar2sembuh?thanx

  6. mama haykal mengatakan:

    anak saya umur 11 bln mengalami kulit yg merah2 di dahi,leher sampai dada.kemudian merah2nya melepuh berisi cairan kekuningan,kemudian pecah,trus pindah ke tempat yg lain.sudah sy periksakan ke dsa nya,tp tdk jg sembuh.2 hr ini,air mandinya sy tambah pk,trus sabunnya pakai lactacid baby.tp kok msh tumbuh lg.apa yg hrs sy lakukan lg???semua cr sdh sy cb.kshn anakku,cos di wajah byk bekas lukanya….

  7. dian mengatakan:

    anak saya umur 10 bln sudah 3hr kulitnya bergelembung2 seperti cacar air di daerah leher yang dilipatan leher melepuhnya semakin lama semakin melebar. sudah saya bawa ke dokter kata dokter infeksi kulit, lalu saya di kasih salep tapi masih belum sembuh???

  8. rizki mengatakan:

    NUNGGU BALASANNYA NIH PAKAR BAYI TOLONG JGN LAMA2

    anak saya umur 2 minggu mengalami kulit yg merah2 di dahi,leher sampai dada.kemudian merah2nya melepuh berisi cairan kekuningan,kemudian pecah,trus pindah ke tempat yg lain.sudah sy periksakan ke dsa nya,tp tdk jg sembuh.2 hr ini,air mandinya sy tambah pk,trus sabunnya pakai lactacid baby.tp kok msh tumbuh lg.apa yg hrs sy lakukan lg???semua cr sdh sy cb.kshn anakku,cos di wajah byk bekas lukanya

    • admin mengatakan:

      apakah anak anda habis diberikan imunisasi..? kemungkinan ada efek samping dari pemberian imunisasi tersebut pada bayi anda, bila tidak sebaiknya periksakan ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih serius..

  9. Eko mengatakan:

    Ass
    sya bru pnya baby. Skrg usiany 5 bln. Sjak usia 4 bln baby sya pny biang kringt d punggungny tp lma2 biangny jd bntol air. Bgtu mletus muncul lg dan muncul lg. Udh prnh sya bw k bidan dksh obt n dsruh ksh bedk calisil tp g mempan, akhrny sya gnti pake bdak formula khuss byi yg biang kringt itupn jg g mempan. Trkdang baby sya rewel krn bntol air dpnggungny itu.
    Ada yg blng dsruh ksh salep betanon-N tp sya tkut krn slep itu untk org dewasa. Mngkn ada tips untk mnymbuhkn kulit baby sya? Trimksh

  10. tri noviarti,s.pd mengatakan:

    Assalamualaikum, mohon bantuannya. anak saya laiki2 baru berusia 5 bulan sedang mengalami impetigo krustosa atau cacar madu( dikulinya timbul gelembung berisi cairan ) dan kulitnya kemerahan. Bagaimana ya cara mengatasinya, apa yang perlu saya lakukan. Namun anak saya tidak mengalami demam.

  11. bunda Afrin mengatakan:

    Assalamualaykum, mohon bantuannya, anak saya baru berusia 5 bulan, sekitar dua minggu yang lalu tiba-tiba saya merasakan ada benjolan di paha atas anak saya. Kalau malam hari benjolannya lunak, tapi kalau pagi hari mengeras,seperti bisul tapi tidak ada mata,tidak kemerahan,dan anak saya tidak demam,dan rewel.saya ingat sebelum timbul benjolan,paha atas anak saya sempat terbentur tempat tidur tapi tidak terlalu keras.apa yang harus saya lakukan?apa itu gejala infeksi?

  12. Faizah mengatakan:

    Mau tnya, sya punya ponakan 11 blan. Bru2 ini di kplanya da bisul nanah, trus sya jga bru taw klo tlinganya tu gak sama..Yang kanan biasa, tpi yng kiri sperti bengkak, empuk kalo di pegang sakit. Dia jga sedang sakit gatal2..Tu ciri2 penyakit apa ya?
    Gimana cra ngobatinya?
    Makasih.

  13. Tigor Tobing mengatakan:

    Salam, mohon bantuannya…. Anak saya punya kasus unik. Kulitnya kalo diberi plester (merek apa saja) selalu menjadi seperti melepuh berisi air…. Apakah dia alergi? Setiap dia luka dan kita beri plester lukanya sembuh tapi tempat plester menempel malah jadi seperti melepuh…

  14. rika amalia mengatakan:

    saya rika,
    anak sy bru usia 10bln dia mempunyai penyakit kulit:
    1.seperti cacar air bergelembung tapi pernah ditusuk sama dokter ga da apa2.
    2. makin bnyak ke seluruh tubuhnya
    3.tapi tidak ada efek apa2

    yang herannya sudah berobat ko masih biar sudah pake salep segala mcm

    mohon bantuannya

  15. arbaiyah mengatakan:

    anak saya usia 4 bulan,mau nanyak kulit anak saya ada kayak panu gtu,apa kira2 obatnya y…

Leave a Reply