PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Penyakit kulit Bayi

kulit_bayi_lembut1.    Definisi
Penyakit kulit adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan jaringan penutup permukaan tubuh, seperti kulit yang sering terjadi dan bersifat relatif ringan. Meskipun bersifat relatif ringan, apabila tidak ditangani secara serius, maka hal tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatan bayi dan anak.

2.    Epidemiologi
Penyakit kulit terdapat di seluruh dunia dan dapat menyerang baik laki-laki dan perempuan. Pada beberapa penyakit kulit seperti staphylococcal scalded skin syndrome, laki-laki lebih banyak terserang daripada wanita.

3.    Penyebab
Penyebab penyakit kulit, yaitu bakteri (kuman gram positif staphyllococcus, streptococcus β hemolyticus grup A), virus (Varicella Zoster Virus (VZV)), jamur (dematormikosis, kandidosis) dan infestasi oleh parasit.

Selain itu gangguan hormonal, gangguan pigmentasi, kelainan yang didasari alergi-imunologi dan tumor kulit, serta kelainan sistemik yang disertai gejala kulit dapat menyebabkan terjadinya penyakit kulit tersebut. Penyebabnya bisa juga karena higiene kulit bayi kurang terawat.

4.    Patofisiologi
Higiene yang kurang dan menurunnya daya tahan tubuh menyebabkan bakteri, virus, jamur dan parasit mudah masuk ke dalam tubuh. Pada penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sedangkan pada penyakit kulit akibat infestasi parasit seperti sarcoptes scabiei yang hidup dirambut dan bertelur disana.

Siklus hidupnya melalui stadium telur, larva, nimfa dan dewasa. Kelainan kulit yang timbul akibat dari garukan gatal akibat sensitisasai terhadap sekret dan ekskret sarcoptes kurang lebih sebulan setelah infestasi. Pada saat itu kelainan kulit menyerupai dermatitis dengan ditemukannya papul, vesikel, urtika, dll. Gerukan dapat menimbulkan erosi, ekskoriasi, krusta dan infeksi sekunder.

121 Comments to “Penyakit kulit Bayi”

  1. Dimas Bayu FB mengatakan:

    saya punya bayi usia 2 bulan, kenapa sering keluar bisul kemerahan disekitar kepalanya ya?? kira makanan apa yang harus dihindari oleh ibunya?
    mohon penjelasannya ya..
    trims..

  2. [...] juga sering terkena gatal-gatal dan biang keringat. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena kita tinggal di negara yang beriklim tropis. Namun bila hal [...]

  3. yunie mengatakan:

    anak saya sekarang berusia 9 bulan, sebelumnya saya menemukan bintik2 merah2 di kulit kepala dan sekitar telinga sebelah kanan,tetapi dalam waktu 2 hari bintik merah itu berybah jd kaya melepuh dan berair. saya langsung membawa ke dokter untuk check lebih lanjut, dokter bilang bukan herpes.cuma karena kena kuman,saya sudah menjaga kebersihan anak saya baik dari lemari baju, cara cuci baju,kulit si kecil….kira2 ada ibu2 yg pernah mengalami kejadian seperti saya…mohon pencerahan…note: anak saya tetap beraktivitas seperti biasa, tidak demam ataupun menjadi lemas..

    • yuni haq mengatakan:

      masalah yg anak ibu alami sama seperti masalah pada anak saya. kata dokter sih itu biang keringat. tapi sampe sekarang anak saya belum sembuh juga. anak ibu sekarang udah sembuh blm? dan apa obatnya bu?..

      • erick mengatakan:

        asalamualaikum… anak saya umur 6 blan kyak nya sama dngan anak nya ibu, awal mula cm bintik2 merah, tpi lama2 melebar. dah k dokter kata dokter sich jamur kulit,dah di kasih salep tp msh ja ttp gk ilang2. rencana nya mau sy bwa k dokter kulit kasihan si baby gk prnh tdr tenang.

    • nhany mengatakan:

      iya bu anak sayapun merasakan sedemikian yg anak ibu rasakan bahkan anak saya berumur 7bln tp penyakitnya blm juga sembuh padahal sakitnya itu di bawa sejak umur 2 bln lo bu, saya bahkan sdh lelah obat apalagi yg hrs dia minum agar sembuh, sy sering bawa anak sy ke dokter tp dokternya bilang alergi, cuman yang sy herankan kok alergi anak sy ngaak pulih2, bahkan sy sdh hentikan asi pada anak sy, karna dokternya bilang asi sy ngga cocok untuk anak sy,. mohon responya

  4. buk tuti mengatakan:

    ada bercak agak keputihan pada kulit bayi, bercak itu seperti kulit kering bersisik. Itu kenapa ya? Trus cara mengobati nya gimana ya? Mohon bantuannya!

    • nisa mengatakan:

      dulu bayi saya juga gitu bu. sama dokter dikasih salep protopic. emang sih obat keras saja pake seminggu saja. oles tipis. alhamdulilah berangsur menghilang

  5. Dani mengatakan:

    bayi saya berumur 3 bulan, ada bintik-bintik putih pada kulitnya
    Kenapa y???
    mohon bantuannya?

    • kiky mengatakan:

      anak saya skrg berumur 4 bln. kulit di sekitar matanya juga tampak lebih putih dibandingkan dengan kulit sekitarnya. saya amati sdh sekitar 1 bulan tidak juga menghilang, malah nambah ke bagian yg lain juga. itu kira2 karena apa y? gmn dg kondisi anak anda skrg?

      • Juli mengatakan:

        Anak saya 16bulan juga sama seperti itu ada bercak putih di wajah nya belum hilang bahkan sepertinya semakin banyak, serta di keningnya timbul bintik2, mohon bantuannya yaa. Thx

  6. elda mengatakan:

    anak saya umur 16 bulan ada bintik-bintik pada wajahnya. …….?

  7. shinta mengatakan mengatakan:

    anak saya umur 14 bulan ada bisul-bisul n bintik merah bagian leher,jidat n punggungnya
    kenapa yah…?
    mohon solusinya ibu.thanx

  8. maria mengatakan:

    anak saya baru berumur 1,5 bulan. Beberapa waktu yang lalu dikulitnya muncul bintik2 merah yang semakin lama makin banyak dan keseluruh tubuh. Kemudian lama kelamaan kulitnya berair.Setelah kering dan mengelupas kulitnya masih ada bintik2 merah.Kenapa ya? Mohon bantuannya

  9. retno mengatakan:

    bayi saya 2 bln , mukanya merah2 bercak2, pantatanya juga, susunya ASI,apa iti alergi ASI ya…trimakasih

  10. ra shanda mengatakan:

    bayi ku berumur 5 bulan ada garisan or seakan2 akar di pipinya.kenapa tu n bagaimana mengatasi n menghilangkanya?

  11. rinna mengatakan:

    anak saya berusia 9bulan skrg..,sering di badan nya ada bintik bintik merah seperti keringatbuntet..,
    terutama dibagian lengan tangan dan kaki serta punggung..bagamana cara menghilangkan nya..,meski kadang bintik2 itu hilang sendiri..mohon bantuan thax

  12. anita mengatakan:

    anak saya berusia 6 bulan,,di bagian sekitar leher terdapat luka kemerahan melenting&melepuh seperti cacar,,saya sudah periksa k dokter dan hasilnya bukan cacar tetapi penyakit PEMPHIGUS,,mohon penjelasan&solusi lebih lanjut,,terima kasih..

  13. ultra mengatakan:

    saya mempunyai bayi yg berumur 1.5tahun.sejak berumur 1bulan bayi saya telah mengalami infeksi,yg disebabkan oleh kutu scabies (begitu kata spesialis kulit yg pernah menangani bayi saya.
    pertanyaan saya:setelah diobati swmbuh,tapi kenapa penyakit nya datang lagi?,sembuh,dan datang lagi,begitu trus menerus hingga saat ini.mohon petunjuk nya apa yg harus saya lakukan agar bayi saya sembih total.

    • admin mengatakan:

      penyakit kulit memang memerlukan penanganan khusus bu.. pengobatannya tidak dapat dihentikan pada saat penyakit sembuh, biasanya dokter kulit memberikan pengobatan extra seperti kontrol rutin untuk 2 bulan kedepan setelah scabies hilang

  14. Devi Darmayanti mengatakan:

    anak saya mulai umur 2 bulan terdapat ruam merah pada pipi tapi lama kelamaan ruam merah menjalar pada tangan dan kaki. sudah dikasih salep dari dokter kulit, ruam merahnya ilang tapi dapat beberapa hari lagi muncul lagi sekarang berumur 1 tahun dan ruam merahnya bertambah banyak. hal itu disebabkan kaena apa?? karena susu dah di ganti dan ngga pernak makan lauk pauk. minta saran dan obat yang cocok. trimakasih

  15. mama qory mengatakan:

    Malam, anak saya 7 bulan. Beberapa hari lalu muncul bintik -bintik merah kemudian seperti melebar dan luka mendalam kemudian kering seperti bekas bisul. Tapi beberapa selang hari menyebar ke tangan, muka, Dan sekarang my baby jadi agak sulit makan dan agak rewel.Mohon penjelasan dan solusinya. Karena saya juga jadi khawatir dengan BBny. Terima kasih

  16. marwan mengatakan:

    Selamat pg dok,mohon bg infonya,anak sy berusia 7 hari,tiba tiba muncul bercak berisi air,itu knp ya dok

  17. iena mengatakan:

    bayi saya sejak 1 bulan yg lalu bahagian dada dgn blakangnye tumbuh bintik2 merah kecil seakan ruam…bila disapu bedak ia akan seakan bersisik…lame2 bintik2 tu akan meninggalkan bekas putih seakan panau…kenapa ye…semakin diubati semakin menjadi…skrg sudah seluruh bdnnye…kcuali muke, kali n kepala…

    • admin mengatakan:

      sudah periksa ke dokter bu..? penyakit kulit memang memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses penyembuhannya.
      Pengobatannya juga perlu diteruskan sampai beberapa minggu kedepan meskipun penyakit kulit terlihat mulai sembuh, namun dokter biasanya memberantas sampai ke akarnya.

  18. Dilla mengatakan:

    anak saya perempuan usia 2 tahun 11 bulan ada bercak bercak putih kecil pada dua kakinya, dan pipinya solusinya kira kira dikasi salep apa ya yang cocok untuk anak usia dia?

    Terima kasih atas informasi obatnya
    salam
    dilla

    • admin mengatakan:

      sudah coba menggunakan sabun mandi antiseptik bu..? misalnya sabun ijo yang ada di pasaran.. ada baiknya gunakan itu dulu untuk 2 minggu kedepan, dan lihat perkembangannya

  19. umu faza mengatakan:

    anak saya umur 11 bln,terkena cacar air. 3 minggu alhamdulillah sembuh.
    tapi selang 1 bulan ada satu titik merah, kulit bersisik, yang makin melebar. Kenapa dan apa obatnya ya dok?
    trimakasih…

  20. devy mayzainiah mengatakan:

    anak saya berumur 17 bulan.disekujur tubuhnya ada bercak merah dan selalu digaruk karena gatal.tolong saya minta solusinya ya..?

  21. ardhan mengatakan:

    bayi saya usia 8 bulan ,kenabintik merah pada kaki dan sekujur tubuh,mandi sdh dengan lactasit bayi,sdh dikasih bedak tapi tetap ada.gimana solusinya

  22. rani dipayana mengatakan:

    anak sy br 40 hr,laki2..2mgg stlh lahir dtelapak tanganny ada beruntusan ky cacar. tp g panas, n cm d telapak tangan kiri aj.dah k puskes tp g sembuh, kt dokter puskes, ga apa2.tp sy khawatir..kira knp ya?

  23. MIRA mengatakan:

    Anak saya umur 7 bulan, di sekitar badan sampe punggungnya ada bintik merah penuh, lama kelamaan berubah jadi warna hitam tapi seperti kulit terbakar, mohon penjelasannya dan solusinya

  24. lilis mengatakan:

    anak saya berumur 10 bulan kurang,,,hampir d seluruh tubuh ny terdapat bintik merah yang kaya ny kalau d lihat sangat gatal…sudah 1bln lebih,,awal nya dia d opnam gara2 muntah2 dan dehidrasi sedang,dia d rawat selama 4 hari,,pas mw pulang ada banyak bintik merah dan kata dokter itu hanya biang keringat,,sempet gada bbrapa hari,tp timbul lg lebih banyak lagi dr bln agustus akhir sampai sekarang masaih ada,,gimana ya dan itu kenapa penyebab ny apa,,obat nya apa????

  25. martin Budi mengatakan:

    Pakar bayi yg sy hormati, kenapa ya anak sy setelah mainan air di kolam ikan timbul bintik merah. Awalnya di tangan, badan (sedikit), kaki mulai banyak.. Padahal setelah makn air, sy bilas tangannya.. Sy sdh kasih detol ke dlm air mandi, memakaikan sabun Asepso, bedak.. Semua sudah sy coba, tetapi bintik” merah tsb msh muncul.. tolong apa ya obatmya supaya anak sy sembuh dr gatal” itu.. Terima kasih sblmnya… God Bless U

  26. ervinda mengatakan:

    Anak saya umur tujuh bulan…di badannya tumbuh bintik2 nerah kayak keringat buntet gitu tp gak hilang2….apa anak saya itu ada alergi ya…..

  27. diah mengatakan:

    Mohon petunjuknya untuk pakar bayi,,bayi saya umur 2 bulan di deket puser terdapat merah dan sedikit timbul seperti strawbery itu penyebabnya apa dan harus bagaimana serta ga lama kemudian setelah saya periksa lagi ternyata pas di puser jg ada warna merah sedikit timbul,apakah obatnya dan harus bagaimana?mohon bantuannya terima kasih sebelumnya,,

  28. mita mengatakan:

    anak saya , usia 2 tahun , muncul bintik kecil dikulitnya , dan lama kelamaan menjadi merah , dan melebar dan kera, setlhh 2 hari menjadi mengitam , mitip digigit serangga berbisa , tp bukan
    pls info obat nya kira kira apa ya

  29. tanti mengatakan:

    saya mempunyai bayi umur 11 bulan,kulit anak saya pertamanya kaya bisul kecil berisi air,lama kelamaan makin membesar dan pinggirannya terus bertambah besar,bagaimana cara mengatasinya

  30. tulus - mainan mengatakan:

    Di sekitar lipatan tangan dan leher anak saya muncul benjolan kecil yang berisi air yang tidak lama juga pecah gak sampe sehari, sudah pergi ke dokter diberikan salep tapi gak kunjung. Kira kira kenapa yaa..

  31. nur mengatakan:

    sy risau anak sy umur 5 bln ada benjolan kemudian tak lama pecah,pada mulanya dibawah ketiak sekarang sudah merebak di dada, belakang badan,depan, sudah masuk 4 minggu berlarutan.Dokto kata penyakit kulit dia bagi ubat sapu still macam tu gak,dah berubat cara kampung pun still cam tu kenapa ya…

  32. RAYSA mengatakan:

    saya mau nanya anak saya berumur 12bln di punggungnya keluar bintik2 mrah kayak cacar tapi itu cuman di daerah punggung aja. itu di sebab kan apa ya…
    mohon bantuannya….

  33. HAER mengatakan:

    bayi sy bru 5 bln,puunggung y sring mrah2,sprti biang kringat gtu,apa obat y?coz sy dah bw k dkter ttp jg ssah hilang y

  34. yanri muslih mengatakan:

    kenapa bayi saya kulitnya bintik2 merah di tangan dan di seluruh tubuhnya

  35. yanri muslih mengatakan:

    bayi saya berumur 2 minggu,kenapa bayi saya kulitnya bintik2 merah di tangan dan di seluruh tubuhnya?mohan bantuanya.

  36. dede mengatakan:

    anak saya umur 7 bln. Awalx jga muncul bintik2 merah di kepala n dada. Lama kelamaan membesar,berair seperti melepuh n pecahnya meninggalkn bekas. Dibwa k d0kter tp sma aja. Kr2 it skt ap ya?

  37. IRIN mengatakan:

    pantat ank saya 1bln lecet krn iritasi hingga tiap x uang air dy menangis krn perih.apa obatnya ya?

  38. risnu mengatakan:

    bayi saya usia 4 bulan 2 minggu pada kulit pipinya terdapat bercak2 putih seperti panu mula2 tidak begitu jelas dan sedikit
    tapi lama2 jd lebih banyak dan lebih jelas bercaknya apa itu berbahaya atau bisa hilang dengan sendirinya
    atau perlu diobati?

  39. kiky mengatakan:

    anak saya skrg berumur 4 bln. kulit di sekitar matanya tampak lebih putih dibandingkan dengan kulit di wajahnya. Jadi seperti ada panu kalo org dewasa. saya amati sdh sekitar 1 bulan tidak juga menghilang, malah nambah ke bagian yg lain juga. itu kira2 karena apa y? mohon solusinya

  40. haffia mengatakan:

    anak saya berumur 2 tahun, kulit di sekitar matanya, kening, tampak lebih putih dibandingkan dengan kulit di wajahnya bahkan sekarang mulai menyebar k hidung. Jadi seperti ada panu kalo org dewasa. saya amati sdh sekitar 3 bulan lbh tidak juga menghilang, malah nambah ke bagian yg lain juga. itu kira2 karena apa y? mohon solusinya

  41. rif'ah mengatakan:

    anak saya umur 2 bulan, sering timbul bintik2 berair disekitar kaki dan tangan. kira2 knapa sprti itu n apa solusix,,, trimakasih

  42. dwie mengatakan:

    anak sy umur 2 tahun. dipunggung terdapat noda putih seperti panu sebesar seruas ibu jari. putih2 itu ad sejak anak sy msh bayi,awalnya sy pikir itu tanda lahir tp semakin dy besar semakin besar jg,lama2 sy risih dan takut kalo itu jamur.gimana ya solusinya.

  43. dwie mengatakan:

    thanx sebelumnya dan mohon bantuannya

  44. Nayla mengatakan:

    Sekedar anfo aja ya bunda..anak sya usia 3 bulan di belakang telinganya merah2,smpe timbul bintik putih sperti nanah,karena posisi di belakang telinga jd keringatan dan berair sudah sya bwa ke bidan tidak sembuh,sya ksh minyak kelapa jg ga smbuh smua sudah sya cb,dan akhirnya sya beli obat di warung super tetra yang harganya 1500 per kapsul sya cmpur dngan minyak kelapa alkhamdulilah lngsung kering dan smbuh jd kdang kita mlh menyepelekan hal kecil sperti obat yg gak harus selalu mahal,krn kalo gak di minumkan ke bayi kita jd masih aman,semoga bermanfaat infonya ya bun

  45. moms nara mengatakan:

    Anak saya 7 bln, bnyk bintik2 kcil d tangannya lama2 jd kayak bentol2 merah gtu, gmn ya nyembuhinny, mhon bntuannx. Trimakasih

  46. maria trisia mengatakan:

    anak saya berusia 16 bln,dibagian tangan dan kaki terdapat merah2 seperti digigit semut dan anak saya tidak henti2nya menggaruk dibagian yang merah tersebut,saya takut anak saya terkena elergi atau jamur mohon bantuannya gimana cara menyembuhkannya ,trim’s

  47. Queensha mengatakan:

    Anak saya usia 3 bulan mengalami keringat ditelapak kaki dan tangan.apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.mohon bantuannya Terima kasih

  48. RENI mengatakan:

    anak saya berusia 6 bln…. sejak umur 2bln terdapat bercak putih-putih seperti panu tetapi tidak kasar….. seperti kulit biasa hanya saja bulat2 putih sebesar koin seratus rupiah.. di daerah bagian paha dan tanggan…. di bagian badan kulitnya mengering dan mengelupas…. dan bergantiah di tiap2 bagian….

  49. Juli mengatakan:

    Pakar bayi yang terhormat tolong bantuannya anak saya 16bulan di wajah nya timbul bercak putih seperti panu dan di keningnya terdapat bintik2 kecil, mohon info dan pencerahannya yaa. Thx a lot

  50. syakira mengatakan:

    saya mau bertanya bertanya mewakili kaka perempuan saya..
    kaka perempuan saya mempunyai anak usianya 8 bulan, pertama dia deman dan kemudian datang bintik-bintik merah,2 hari kemudian bintik merah itu berubah menjadi kulit yang seperti dibakar,,,nah itu penyakit apa yahhh???????
    terima kasih

Leave a Reply