PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Penyakit kulit Bayi

kulit_bayi_lembut1.    Definisi
Penyakit kulit adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan jaringan penutup permukaan tubuh, seperti kulit yang sering terjadi dan bersifat relatif ringan. Meskipun bersifat relatif ringan, apabila tidak ditangani secara serius, maka hal tersebut dapat memperburuk kondisi kesehatan bayi dan anak.

2.    Epidemiologi
Penyakit kulit terdapat di seluruh dunia dan dapat menyerang baik laki-laki dan perempuan. Pada beberapa penyakit kulit seperti staphylococcal scalded skin syndrome, laki-laki lebih banyak terserang daripada wanita.

3.    Penyebab
Penyebab penyakit kulit, yaitu bakteri (kuman gram positif staphyllococcus, streptococcus β hemolyticus grup A), virus (Varicella Zoster Virus (VZV)), jamur (dematormikosis, kandidosis) dan infestasi oleh parasit.

Selain itu gangguan hormonal, gangguan pigmentasi, kelainan yang didasari alergi-imunologi dan tumor kulit, serta kelainan sistemik yang disertai gejala kulit dapat menyebabkan terjadinya penyakit kulit tersebut. Penyebabnya bisa juga karena higiene kulit bayi kurang terawat.

4.    Patofisiologi
Higiene yang kurang dan menurunnya daya tahan tubuh menyebabkan bakteri, virus, jamur dan parasit mudah masuk ke dalam tubuh. Pada penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Sedangkan pada penyakit kulit akibat infestasi parasit seperti sarcoptes scabiei yang hidup dirambut dan bertelur disana.

Siklus hidupnya melalui stadium telur, larva, nimfa dan dewasa. Kelainan kulit yang timbul akibat dari garukan gatal akibat sensitisasai terhadap sekret dan ekskret sarcoptes kurang lebih sebulan setelah infestasi. Pada saat itu kelainan kulit menyerupai dermatitis dengan ditemukannya papul, vesikel, urtika, dll. Gerukan dapat menimbulkan erosi, ekskoriasi, krusta dan infeksi sekunder.

121 Comments to “Penyakit kulit Bayi”

  1. Christina mengatakan:

    kapan bayi dapat melihat

  2. epha mengatakan:

    putri saya umurnya 3 bulan tapi kilit mukanya tidak hilang dengan ruam muka… bahkan sejak lahir lagi kulit mukanya merah2, tapi doktor tak bilang apa2. apa yang harus saya lakukan?

  3. Lyan mengatakan:

    hiiKS!
    KaCiaN bGd dAGh!
    tHu bEBy
    mUSti NgeRASAin
    LiVE wItHouT pEmBunGkuS
    SkiN geToH….
    :sad:

  4. Anita mengatakan:

    Bayi saya skrg usianya 1 thn, tp kondisi badannya ringkih dan mudah sakit, setiap bulannya pasti sakit dan kadang sampai 2x ke dokter. Gimana ya supaya daya tahan tubuhnya kuat dan ndak mudah sakit, padahal kebersihan dan makanannya sangat dijaga sekali.

  5. Anita mengatakan:

    Rambut anak saya lebat dan hitam, tp dia selalu merasa kulit kepalanya itu gatal sehingga selalu menggaruk terus, dan biang keringat kok ndk pernah hilang dr badannya, sehingga badannya terus merah, kadang matanya sampai sembab karena merahnya sampai dibawah mata. sebenarnya itu biang keringat atau apa ya?

  6. devy pohan mengatakan:

    anak saya umur 1,5 bulan…. sudah 2 minggu ini di kulit mukanya banyak ruam merah yg tdk hilang2 … di badannya jg sekarang ada bintik2 … sehingga badannya merah … itu kenapa yach?????

  7. yuli yozhi mengatakan:

    to mba devy pohan.
    bayi saya sdh berumur 4,5bln. dulu wkt seusia anak mba, dia juga banyak ruam merahnya, tapi stlh 3bln, ruam merahnya hilang sendiri tanpa diobati. skrg kulitnya sdh bersih spt wkt lahir.

  8. lia mengatakan:

    :roll: hai mba…saya punya bayi 2 bln stgh kulit muka nya dan siku nya juga dengkul nya kasar kenapa ya tapi nga merah :oops:

  9. lia mengatakan:

    :roll: hai mba…saya punya bayi 2 bln stgh kulit muka nya dan siku nya juga dengkul nya kasar kenapa ya tapi nga merah :oops: :mrgreen:

  10. rudi mengatakan:

    :wink: hai.. saya punya bayi perempuan
    didekat kelaminnya ada bintik – bintik merah, kalau sudah sembuh ntar balik lagi, anak saya tiap harinya selalu pakai pampers, apau itu penyebabnya?????
    terima kasih

  11. iis wulansari mengatakan:

    :???: anaku umurnya 4bln dan di jidatnya ada bintik putih yang semakin lama semakin membesar, itu apa ya?

  12. heni lestari mengatakan:

    :?: anakku berusia 12 \bln,wktu usia 10bln disunat krn ada kesulitan pd wktu pipis.ada benjolan ditempat jahitannya setelah 2 ln kemudian.kadang ia wktu digendong merasa tdk nyaman,sakit atau apa.warnanya agak merah.waktu saya tanyakan 1 bln stlah disunat dokter bedahnya bilang tdk apa2. knapa ya????

  13. epha_14 mengatakan:

    saya nak bagi tahu cara yang paling berkesan untuk merawat kulit bayi yang ada ruam susu, kulit badan bayi tidak licin & gatal2…. :lol: :lol:
    caranya gunakan sabun mandi BABY SEBAMAD, & Cream sapu “ECO” yang boleh di beli di klinik. saya dah buat pada anak saya, sgt berkesan.. setelah 7 bulan saya mencari penawar utk kulit anak saya baru kini dapat memulihkan kembali kulitnya…. yang halus & licin seperti kulit bayi… HE..HE… TQ “BABY SEBAMAD & ECO”

  14. epha_14 mengatakan:

    nak tau cara ubat ruam susu & kulit baby gata2… :lol: guna sabun soap baby sebamad dan cream ECO yg boleh di beli di klinik…. selama 7 bulan i cari ubat utk my baby.. sian dia kene ruam susu sejak lahir muka dia merah2… & akhirnya i jumpa ubat utk baby i,… hasinya kulit baby akan sihat, putih, lembut & licin,….
    sekarang baby i dah x gatal2 &b ruam lagi… TQ Sebamad & Cream ECO.

  15. lina mengatakan:

    :lol: hi mba, gini lo mba anak aq itu ko muka dan tubuh bagian belakang nya ko kasar bangat,mungkin gatal jga ya mba, makanya di suruh garuk terus,gimana ya mna cara mengatasinya,soalnya kasian wajahnya kasar sekali,tlg ya mba

  16. Kis nanda mengatakan:

    Dok? Gn anak ak umur 2th di kena gatal2 di badanya udah di obati pk salep at bedak gatel ko ga sembuh2 jgya,tp malah makil banyak.tolong kasih tau solusinya dan ap obatnya makasih.

  17. [...] juga sering terkena gatal-gatal dan biang keringat. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena kita tinggal di negara yang beriklim tropis. Namun bila hal [...]

  18. azki83_plne@yahoo.com mengatakan:

    saya punya bayi dengan umur 2 bulan, bayi saya terkena bintik-bintik merah dikulit, apaitu kena jamur atau tidak, yang saya takutkan kena kanker kulit

  19. farhatun qushwa mengatakan:

    hi…anakku dah 2 mingguan ni gatel mulu. terutama dilipatan siku, leher, kaki dan punggung yang kasar seperti mw ganti kulit. yang paling kasian di sekitar matanya kasar bgt dan jadi putih gitu, kaya panu. kata dokter alergi…tapi ga mastiin kenapa. jd bingung nih?

  20. Dian mengatakan:

    saya punya anak usia 11 bln..sejak usia 6 bln sampai sekarang pada kulitnya (hampir seluruh badan )keluar biang keringat..harusnya d obatin pake apa yaa…!!!???

    – jawab –
    mandikan pake pk, dan coba gunakan bedak antiseptik

  21. Bambang Mulyono mengatakan:

    Dok, saya mau nanya..Kulit Bayi saya di Bagian Punggung ada Bintik-bintik Putih kecil semacam Panu Kecil dan tidak timbul..sudah saya periksakan ke RSAL dan di periksa Lab. hasilnya negatif fetiligo dan di sekitar Pusar juga Putih namun agak Lebar dan hasilnya juga negatif Fetiligo.
    terimakasih, Mohon Jawaban.

  22. dian mengatakan:

    anak saya umur 4 bln,kadang saya memakaikan pampers kalo dirumah.apakah ada efek khusus akibat seringnya memakai pampers terhadap bentuk kaki pada saat dia berjalan nanti?

    – jawab –
    Pertanyaan yang bagus bu Dian,
    saya coba jawab yach.. ukuran pempers telah disesuaikan dengan usia balita, memang klo kita melihat jalannya agak lucu, namun itu bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan, klo memang ibu masih khawatir, penggunaan pempers bisa saja dibatasi bila hendak bepergian saja, dan bila dirumah bisa menggunakan popok bayi, itu justru lebih baik, khususnya dari segi anggaran belanja :) maklum uang belanja kan kita yang ngatur ya bu..
    semoga berkenan

  23. Komenk mengatakan:

    oiiii…

    dokter sudah gila yachhh…

    anak saya yg umur 8bln kata`a d suruh pake bedak PK ehh malah tambah banyakkk…

    parah loe

    • Untuk kirim email Klik nama saya mengatakan:

      wuaa..Kang komeng piisssss aja atuh, kok marah2. Blm nyoba maenin mesin pencarinya Mbah Google?Tinggal ketik aja kata kuncinya. Gausa pake REG spasi kok. Piisss..atuh Kang?

  24. ari wahju mengatakan:

    trus cara ngobatinnya gimana dok ?? trims

  25. [...] juga sering terkena gatal-gatal dan biang keringat. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena kita tinggal di negara yang beriklim tropis. Namun bila hal [...]

  26. susy mengatakan:

    anak saya baru berumur 4 bulan sekarang ada bercak2 putih dialis, pipi bawah dan punggung sebelah ketiak, kata dokter anak tidak apa2, tapi aya khawatir kalo2 tidak hilang, apakah itu termasuk penyakit kulit atau apa. mohon penjelasannya. treima kasih

    • Nanny mengatakan:

      memang ada sebagian bercak yang akan menghilang pada saat usia bayi menginjak 9 bulan hingga 1 tahun
      seperti misalnya warna kuli pantat yang hijau kebiruan
      kehawatiran anda beralasan bu..

  27. Nanik mengatakan:

    Dok, Anak saya 2,5 th pada kulit tangan dan kaki yg tidak tertutup pakaian suka timbul bercak putih2, bercak itu muncul biasanya setelah ada gigitan nyamuk, luka dan digaruk, luka mengering(bintik hitam), mengelupas dan timbul bercak putih tersebut,semakin lama semakin banyak, sudah saya bawa ke dokter anak dan dikasih cream (seperti cream pelembab) oh ya kondisi kulit anak saya kering, tapi pada wajah dan badannya tidak ada bercak2 itu, apa itu termasuk penyakit kulit? mohon penjelasannya. terima kasih sebelumnya

  28. aka mengatakan:

    dok,anak saya berumur 10 bulan.dipunggung belakangnya baru-baru ini muncul warna kemerahan seperti kepanasan.tapi,gak hilang.kenapa ya dok?apa karena iritasi dari sabun?

  29. margareth carolina mengatakan:

    saya punya seorang putra,sekarang berumur 3 thn,sejak lahir di pipi sebelah kiri kulitnya berwarna putih sampai sekarang ini,apakah ini penyakit?bisakah di obati karena saya takut nanti kalau sudah besar dia minder,makasih.

  30. Liechen mengatakan:

    Dok, mau tanya anak saya berumur 5 thn. di siku pahanya sering gatal dan sering di garut sampe merah dan berdarah,celana dalam sering ganti,juga sering mandi kalau keringatan. kalau digigit nyamuk juga pasti digarut sampe berdarah dan banyak hitam2 dikakinya.kenapa ya dok?terima kasih sebelumnya.

  31. anang mengatakan:

    pengalaman saya, kadang ruam atau merah-merah di sekujur tubuh anak (terutama bayi) sembuh dengan menghangatkan si anak di bawah matahari pagi (jangan kelamaan juga) secara rutin.

  32. anang mengatakan:

    hal yang sama juga kalo timbul ruam di sekitar pinggang anak akibat pemakaian popok sintetis. kata orang tua sih….. :) tapi pernah tak coba ke anak saya dan anak mertua saya jitu juga!!

  33. Andri mengatakan:

    Saya ingin menanyakan tentang kulit bayi yang ada bercak putihnya di lipatan selangkangang bayi….
    TOlong dong kalau ad ayang tau di reply ke email
    ARC_SONY(at)yahoo.com

    balas

  34. nina mengatakan:

    anak saya badanny bintil2 putih..tp tidak brair..tdny sedikit tp skrng jd banyak..kt dokter ada yg bilang alergi,virus sudah dkasih salep tetep aja bgitu?knpya dok..

  35. anwar mengatakan:

    Doc, bayi saya berumur 3 minggu , di mukanya
    ada macam ruam dan bintik merah macam ada jerawat kecil . sekian terima kasih

  36. nurcahya mengatakan:

    anak saya mengalami bisul2 di kepalanya dan seluruh badannya speperti nanah,bagaimana cara mengatasinya doc.

  37. Jerry mengatakan:

    Dok,sy jerry,di kulit sy terdapat bintik2 putih kayak panu,tapi ini sudah menyebar sampai ke lengan saya dan bagian belakang saya,sy mau tanya ini penyakit apa?dan bgmn cara mengobatinya dok?

  38. rinda mengatakan:

    halo…saya mau tanya..anak saya (6bln)ada bentol2 sperti cacar, melepuh trus pecah dan jadi luka, kata dokter bukan cacar krn ga da demam…kira2 anak saya sakit apa ya dan gmn mengobatinya?

  39. ina mengatakan:

    halo,….. tntg infestasi parasit ya dok, penyakit ini bs di ktkn gudik ya, mo tnya apakh penykt ini dpt mempengaruhi brt bdn atau kesehtn tbh si anak , dan apakh solusi utk mengatasinya? di tggu jwbnny, trim’s

  40. ina mengatakan:

    dear, pakar bayi, sy mau tnya bgmn solusi utk mengatasi penykt kulit infestasi parasit seperti gudik, apakh bs membhykn keshtan anak dan berpengarh pd kshtn tbh lainnya, di ttgu jwbnny, trims

  41. herlina mengatakan:

    Anak saya umurnya jalan 10 bulan, dikulit bagian leher, pundak dan dada, timbul bintik2 merah berisi air. saya sudah konsultasikan pada dokter anak & kulit katanya disebabkan oleh kuman dan kulit yang lembab, saya sudah olesi salep kulit elocon & garamicyn pada kulitnya, bahkan setiap mandi saya campur dengan antiseptik, semuanya itu atas anjuran dokter, tapi masalahnya adalah penyakitnya itu mati satu tumbuh seribu, yang ingin saya tanyakan adalah apakah pengobatannya ada yang harus dilakukan dari dalam? seperi minum syrup atau anti biotik?

  42. [...] juga sering terkena gatal-gatal dan biang keringat. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena kita tinggal di negara yang beriklim tropis. Namun bila hal [...]

  43. supriyono mengatakan:

    dok mau tanya? anak saya laki2 , usianya 15 bulan pada bagian sekitar lengan , badan dan sekitar leher ada bentol2 merah ( ada nanahnya ) sdh ke dokter anak , katanya alergi protein sdh di stop asupan makanan dan susu yang berbau protein tetapi bentol2nya masih tetap ada , apa yang harus kami lakukan , terimakasih atas jawabannya

  44. [...] juga sering terkena gatal-gatal dan biang keringat. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena kita tinggal di negara yang beriklim tropis. Namun bila hal [...]

  45. obed manru mengatakan:

    bayi kami umur 5 bulan dan pada saat minum susu dan sesudahnya pasti bagian kepala berkeringat saja, apakah dampaknya ada atau hanya krn sirkulasi anak sedang berkembang yaaa? minta saran yg mengetahuinya…..

    • admin mengatakan:

      Hello Obed maru, hal tersebut biasa karena bayi sedang dalam masa pertumbuhan, namun tetap perlu diwaspadai apakah suhu tubuh bayi setelah 2 jam kemudian apakah meningkat atau tidak, bila terjadi peningkatan waspadai tanggal kadaluarsa susu anda

  46. Restie mengatakan:

    Anak saya berumur 7 bulan, lehernya penuh dengan bintik merah, pertama hanya 2 biji sekarang udah menyebar keseluruh leher. udah kedokter kulit 2 hr yg lalu tp belum juga berhenti.
    minta sarannya dok?

    • admin mengatakan:

      penyakit kulit memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk kembali normal, dengan tindakan yang tepat penyakit kulit dapat sembuh total. Obat yang diberikan dalam bentuk salep maupun kapsul tetap harus dilanjutkan mesikipun tanda-tanda penyakit kuling mulai menghilang, ini bertujuan agar pengobatan berlangsung dengan sempurna.

  47. arifatur mengatakan:

    hallo,..
    Ada yang saya mau tanyakan, putra saya mengalami penyakit kulit pada bagian leher.. Gejalanya seperti luka bakar, sejak usia 3bln sampai sekarang anak saya berusia 7bln sering kambuh. Yang masih saya bingung putra saya terkena penyakit kulit jenis apa? Apa obat yang membuat biar penyakitnya tidak kambuh lagi?

    • admin mengatakan:

      Hallo arifatur.. menimbang penjelasan yang anda berikan ada baiknya segera diperiksakan kedokter kulit, karena akan dilakukan sampling terhadap penyakit kulit yang diderita oleh putra anda

  48. Mia mengatakan:

    hello, anak saya umur 3minggu, kulit mukanya byk bintik merah n pupnya juga hijau, kata dokternya, bayi saya ada alergi, apa benar begitu, krn saya tidak ada alergi? Dia kasih salep namanya Elidel tapi bintik pada muka bayi saya kok makin byk ya.
    Mohon dibantu, terimakasih

  49. agus setia mengatakan:

    hello, mo nanya ni anak saya umur 3.5 bulan seminggu yg lalu baru sembuh dari penyakit bisul yg ada di kepala anak saya,setelah sembuh beberapa hari kemudian timbul bintik2 kecil kemerahan lebih dari satu di antara bekas bisul tsb yg berisi cairan apakah itu biasa pada bayi.sebelum kedokter tindakan apa yg harus saya lakukan.untuk mengobati nya .thx

  50. umi hanif mengatakan:

    bayi saya baru berusia 3 bulan dan memang sehari-hari dia selalu memakai pampers,dan sebelum memakai pampers itu selalu saya berikan lotion untuk mencegah iritasi untuk bayi dari salah satu produk bayi,tapi ternyata warna kemerahan pada bagian luar dekat kelaminnya sampai kearah bagian belakang bokongnya semakin melebar,bagaimana cara penggunaan pampers yang baik untuk menghindari terjadinya iritasi kulit karena kalaupun seandainya tidak memakai pampers dia tidurnya tidak nyaman dan sering terbangun.Mohon penjelasan dan solusi untuk mengobati iritasi pada kulitnya akibat pemakaian pampers

    • ummu huraira mengatakan:

      Umi sudah coba pakai minyak zaitun perasan pertama?Coba deh browsing di Internet. Selain mengikuti Sunnah Rosul juga Alami lho. Jazakillah khoir..

Leave a Reply