PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Minuman Bayi

Tak kalah pentingnya, minuman untuk bayi juga harus diperhatikan. Selain untuk penambah cairan tubuh bayi dan menghindarkan dehidrasi, pada bayi minuman juga sebagai sumber nutrisi. Bayi dapat diberi minuman berupa susu, sari buah dan juga air.

Pemberian minuman untuk bayi berbeda-beda tergantung dari usia bayi tersebut.Susu adalah sumber nutrisi penting yang diberikan sejak bayi baru dilahirkan. Susu yang pertama diberikan kepada bayi adalah Asi dan selanjutnya dapat diselingi dengan susu kaleng.

Bagi bayi berumur 0-3 bulan, susu adalah makanan utamanya, dan semakin bertambah usia bayi, selanjutnya susu merupakan komplimen makanan. Susu mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk perkembangan otak, tubuh, sistem kekebalan tubuh dan juga tulang.

Bahan-bahan yang terkandung dalam susu membuat bayi dapat berkembang dengan lebih cepat. Saat ini terdapat banyak sekali kemasan susu di pasaran dengan harga dan komposisi yang bervariasi, dan produsen telah melengkapi susu dengan nutrisi yang sangat lengkap, seperti protein, karbohidrat, laktosa, vitamin, mineral, kalsium dan lain sebagainya.

Semakin mahal harga susu, semakin banyak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya yang penting untuk perkembangan tubuh.

Produsen susu menambah berbagai nutrisi ke dalam produk susu yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi, juga terhadap performa fisik dan daya ingat. Hindari penambahan gula kedalam susu karena beberapa produsen susu telah menambahkan gula ke dalam produknya.

Selain susu, buah-buahan juga memiliki berbagai nutrisi yang penting dan alami. Berbagai vitamin dapat anda temukan seperti vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh bayi, vitamin A untuk mata, D untuk kesehatan tulang dan sebagainya.

Anda dapat memberikan jus, atau sari buah kepada bayi anda dan jangan lagi ditambahkan gula. Namun harus diingat bahwa pemberian sari buah disesuaikan dengan umur bayi. Alangkah baiknya jika anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter anak sebelum memberikan buah hati anda sari-sari alami dari buah-buahan.

Yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah pemberian air untuk bayi anda. Walaupun susu dan sari buah telah mengandung air, tapi air putih tetaplah yang terbaik untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna yang tidak terserap oleh tubuh bayi dan dibuang melalui kencing serta keringat.

Pastikan bahwa yang diminum adalah air yang tidak panas dan tidak dingin, sehingga tidak mempengaruhi sistem pencernaannya. Apabila bayi sudah cukup umur anda juga dapat memperkenalkannya dengan jenis minuman lain tapi tetap hindarilah memberikan minuman bersoda karena selain dapat menyebabkan gigi bayi rusak, juga dapat menyebabkan anak anda ketagihan.

7 Comments to “Minuman Bayi”

  1. nurie mengatakan:

    wah, seneng juga tau lebih banyak info. tapi sebenarnya aq mo tau lebih banyak lagi. Misalnya pada usia berapa bayi dibolehkan minum air putih? n untuk pemberian sari buah apakah pada usia 6 bln sdh dibolehkan? :!:

    • yuli mengatakan:

      setau saya dari bayi lahir jg udah boleh bu d ksh air putih setelah minum asi gunanya utk membersihkan sisa2 susu d mulutnya..tp jgn terlalu banyak

      • Adi mengatakan:

        Ma’af B’Yuli, tapi aku lebih yakin kalu BAYI dibawah 6 bulan itu JGN dulu dikasih “AIR PUTIH”, karena sangat BERBAHAYA kecuali Saran DR.itu jg hanya sedikit dr sendok teh.

  2. lia mengatakan:

    makasiya dah kasi tau kita yang terbaik untuk sikecil:razz:

  3. Dee mengatakan:

    makasih infonya. ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang my baby

  4. nini mengatakan:

    artikel ini sungguh menyesatkan. susu yg wajib untuk anak adalah ASI sampai usia 2 tahun. formula bukanlah makanan yg tepat untuk bayi. sungguh kasian nasib bayi yg diberi formula padahal ASI ibunya sebenarnya cukup. sadarlah wahai bunda…anda sudah menyesatkan bunda2 yg lain. bayi usia 0-6 bulan hanya butuh ASI, dilanjut plus makanan pendamping sejak usia 6 bulan.

Leave a Reply