PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Menyusui bayi kembar

Air susu ibu atau ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Dimana air susu ibu mengandung hormon koleksitokinin yang membuat bayi mudah tidur dan air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolactin dan oxytocin setelah kelahiran bayi. Apalagi setelah melahirkan air susu ibu yang pertama keluar mengandung kolestrum fungsinya untuk kekebalan tubuh, di dalam Air susu ibu terdapat nutrisi-nutrisi untuk pertumbuhan bayi sehat. Air susu ibu ini sangat dibutuhkan oleh bayi karena khasiatnya mempengaruhi pada perkembangan tubuhnya, tidak itu saja bayi yang mengkonsumsi air susu ibu akan membantu dalam perkembangan otaknya.

Jadi makanan yang paling cocok untuk bayi yaitu air susu ibu. Tidak ada makanan yang terbaik untuk bayi selain air susu ibu yang protein yang mudah diserap tubuh dan garam mineral yang baik untuk imunitas, ASI juga terdiri dari banyak vitamin, susu formula pun tidak dapat menandinginya. Berikan ASI eksklusif selama 4 bulan.
Melahirkan bayi kembar, sangat ditakuti oleh para ibu karena merepotkan dalam merawat dan memberikan air susu ibu atau ASI. Wajar seorang ibu mengkhawatikan dalam memberikan air susu ibu, yang ada dalam pikiran mereka takut tidak terpenuhi gizinya karena ASI-nya sedikit, padahal pemikiran mereka sangat salah sekali, tidak ada bayi yang kurang gizi karena ASI-nya sedikit, mereka beranggapan setiap ASI yang keluar dibatasi.

Menyusui bayi kembar memerlukan perlakuan yang ekstra, produksi ASI untuk menyusui bayi kembar semakin banyak dibandingkan ASI yang menyusui satu bayi bukanya berkurang, dengan catatan ibu yang menyusuinya harus mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan supaya ASI yang diproduksi banyak dan harus sering makan. Kadang ibu yang mempunyai anak kembar sulit untuk menyusui bayi kembarnya, disini saya akan memberikan tips menyusui bayi kembar diantaranya:

  1. Waktu menyusui bayi kembar yang harus dilakukan pertama kali bayi lahir simpan di perut ibu atau dada ibunya sebelah kiri dan kanan dengan bantuan orang lain, keadaan ibu berbaring telentang lurus, sampai bayi tersebut menemukan puting susu ibunya supaya ada kontak batin antara ibu dan anak.
  2. Posisi bayi harus saling bertolak arah jangan berhadapan, seperti kedua tangan ibu memeluk masing-masing satu kepala bayi, posisi kaki bayi keluar .
  3. Untuk memudahkan menyusui bayi kembar Simpan bayi ditempat yang datar yang memiliki ketinggian kurang lebih sepinggang ibu.
  4. Meletakkan bantal di atas pangkuan ibu.
  5. Ada dua posisi, yaitu posisi dibawah ketiak dan posisi mengayun
  6. Menyusui bayi kembar harus bersamaan, jangan bergantian
  7. Dalam menyusui harus giliran jangan diberi susu itu-itu saja, gantian posisi.
  8. Untuk bantuan beri susu penambah seperti susu tepung.

Bagi ibu yang mempunyai bayi kembar, Mungkin itu tips menyusui bayi kembar yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

Leave a Reply