PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Mengajarkan sesuatu kepada anak itu mudah

Dewasa ini banyak iklan di televisi yang mempertunjukkan seorang bayi yang telah mampu membuat gerakan-gerakan yang seharusnya hanya bisa dilakukan oleh anak yang usianya sudah di atasnya, yakni anak-anak balita. Iklan yang menayangkan betapa bayi pintar itu mudah dibentuk adalah cukup menyesatkan, karena perlu disadari bahwa tidak semua bayi dilahirkan ke dunia ini dengan kemampuan yang sama/ seragam. Masing-masing memiliki kemampuan lebih atau kurang dibanding bayi lainnya, sehingga bukan dengan menggunakan produk yang diiklankan, lantas bayi kita juga bisa seperti itu.

Memang bayi cemerlang adalah dambaan tiap orang tua, namun bayi yang demikian tidak bisa dibentuk dalam waktu sekejap mata saat kita menginginkannya. Bayi pintar demikian orang menyebutnya, harus melalui proses yang disebut interaksi dengan orang tuanya. Bayi demikian haruslah sering diajak berbicara oleh kedua orang tuanya. Sapaan dan belaian kasih sayang orang tua akan membuat ia menjadi periang, karena walaupun ia belum bisa berucap kata, namun secara naluri manusia ia sudah bisa merasakan yang namanya kasih sayang. Kasih sayang inilah yang seharusnya diyakini bisa memicu ia menjadi bayi pintar dan sekaligus bayi cemerlang.

Adanya kecenderungan kita untuk mengabaikan sapaan dan belaian kita pada bayi kita yang mungil, menyebabkan ia menjadi bayi yang pendiam, karena ia jarang berinteraksi dengan kita sebagai orang tuanya. Kurangnya perhatian dari kita sebagai orang tuanya, akan menyebabkan ia akan tumbuh menjadi anak bandel dikemudian hari, apalagi sebagai orang tuanya kita jarang menegurnya atau menasehatinya secara langsung saat ia melakukan sesuatu yang nakal atau bandel di depan orang-orang sekitarnya. Kita tentu tidak mau anak kita dicap sebagai anak bandel. Cap anak bandel itu tidak hanya melukai perasaan kita sebagai orang tuanya, namun cap tersebut akan terbawa olehnya saat ia dewasa kelak, sehingga ia akan tumbuh menjadi pribadi pembangkang, mau menangnya sendiri.

Kita perlu menyadari bahwa mendidik anak sedari kecil adalah tanggung jawab utama kita sebagai orang tuanya. Bukan hanya kebutuhan material yang diperlukan oleh anak kita, namun kebutuhan akan kasih sayang dan perhatian itulah hal yang seharusnya diperoleh anak kita, sehingga saat ia dewasa kelak akan muncul sifat-sifat yang baik dari dirinya berkat kecukupan kasih sayang dan perhatian kita sebagai orang tuanya.

1 Comment to “Mengajarkan sesuatu kepada anak itu mudah”

  1. aril mengatakan:

    trick2 nya bagaimana ya …

Leave a Reply