PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Mengajarkan Balita Bicara

Kemampuan mengucapkan kata-kata adalah salah satu perkembangan balita yang sangat saya tunggu. Agak harap-harap cemas juga, bisa cepatkah Abin mulai menirukan kata? Bukan ngoceh bayi atau mengucap mama-papa, tapi kata keseharian seperti orang dewasa. Dan sekarang, Abin di usianya 19 bulan sudah bisa berkomentar, “emm.. ennaak!” Tapi bagaimana prosesnya? ebook bahasa isyarat bayi

Pakai 2 Cara
Saya mengamati setiap perkembangan Abin terutama kemampuan bicaranya. Saya menggunakan 2 cara untuk mengajarinya mengucapkan kata-kata:
1. Cara khusus (langsung)contohnya,mempercepat anak bicara saya mengajarkan kata ‘Bebek’ sambil menunjuk gambar bebek atau memegang boneka bebek. Berulang dengan kontak mata.

2. Sambil Bicara (tidak langsung)
misalnya, menawarkan pilihan atau diajak bicara seperti, “Abin mau kue? Mau?” atau “Yuk, kita mandi yuk!” Dan kata-kata itu sering digunakan setiap moment yang sama.

3. Dengan lagu
Nyanyikan lagu-lagu yang disukainya, misalnya saat mandi atau mau makan. Selain bisa buat relaks, juga ada unsur mengenalkan kata-kata. Abin suka sekali lagu ’satu-satu sayang ibu’ atau lagu ‘ela-elo’, sambil dipenggal pada kata tertentu, biar dia yang melanjutkan. contohnya, “ela-elo yang botak itu…” Abin menjawab, “dudull..” (gundul).mempercepat anak bicara ebook bahasa isyarat bayi

Mana yang Efektif?
Dan ternyata, cara kedua lebih banyak menghasilkan dibanding cara lainnya. Mungkin karena sering didengar dan tak ada indikasi ‘waktu belajar’. Karena kadang anak-anak akan malas menerima informasi kalau settingnya sudah ‘waktu belajar’. Tapi dengan cara tersamar atau tidak langsung, mereka justru cepat menyerap informasi.

Kata yang bisa diucapkan atau ditirukan dengan cara kedua, tidak langsung pada saat pertama dia dengar. Suatu kali Abin menghampiri meja makan terus mengucap, “mau.. mau” (suara ‘m’ hampir tak jelas). Langsung saya mengerti maksudnya Abin ingin kue, mempercepat anak bicara dan saya respon, “Abin mau kue?” Dia jawab, “kue..” Duh! seneng banget dengernya :D

Kata pertama yang bisa Abin tirukan adalah kata ‘ini’ dan ‘jatuh’. Mungkin dia sering mendengar kata ‘ini’ dari mbak dan kakaknya kalau bermain bareng saat memberi mainan ke Abin sambil bilang, “Abin, ini”. Kata ‘jatuh’ sering saya ucapkan kalau Abin sudah mulai naik-naik meja-kursi atau kalau ada barang yang dia jatuhkan, “ah, jatuh deh”. Lucunya, Abin mengucapkan kata ‘jatuh’ dengan imbuhan ‘a’ di depannya, jadi “a.. jatuh,” sambil menunjuk barang yang jatuh. hehe..

Tips Mengajari balita Bicara
Hanya satu tips-nya untuk mengajari balita bicara, “Ajak bicara sesering mungkin dan dalam kegiatan apapun”. Ga mungkin balita bisa bicara dengan sendirinya. Otaknya seperti spon kering, informasi yang dia terima seperti air. Maka spon menyerap air sebanyak mungkin. Tapi satu hal yang penting, karena sedang masa ‘haus air’ ini, sebisa mungkin jangan diperdengarkan kata-kata yang tidak pantas untuk seusianya. Maklum, kadang kita lupa kalau punya anak balita, jadi bicara suka melantur. Hebatnya, balita justru cepat sekali meniru kata-kata yang agak ‘nyeleneh’, hehe.. ebook bahasa isyarat bayi

Tahapan bicara sesuai usia
Ini berdasarkan pengalaman Abin ya..

12 – 14 bulan: sudah bisa berkomunikasi dengan mengerti beberapa kata atau perintah, tapi belum bisa mengucapkan kata sesuai keinginannya.
contohnya, “ambil bolanya, Bin.” maka Abin ngambil bola, tapi nggak bisa mengucap ‘bola’, paling hanya suara, “uh.. uh” sambil menunjuk ‘bola’.

15 – 17 bulan: bisa menirukan kata secara spontan, tapi kadang tidak bisa diulang saat diminta. bisa juga mengucapkan kata, tapi belum bisa ebook bahasa isyarat bayi menempatkan kata itu sesuai maksudnya.
contohnya, disuruh mengucap “anak-anak”, Abin berucap, “anak-anak” (jelas). Besoknya diminta lagi, nggak bisa. Atau kata ‘num’ untuk ‘minum’, tapi dipakai untuk beberapa maksud. Mau kue ‘num’, mau makan ‘num’, mau gendong ‘num’.

18 – 19 bulan: lidahnya sudah lancar menirukan banyak kata dan sesuai dengan fungsinya. setiap hari pasti ada saja beberapa kata baru dan setiap ebook bahasa isyarat bayi kata yang bisa balita ucapkan sesuai dengan fungsinya, beri dia penghargaan. bisa dengan pujian, tepuk tangan atau cium dan peluk. Biar dia semangat untuk bicara. Jangan sampai diejek, ditertawakan karena memang suaranya yang lucu atau sampai diabaikan. Nanti dia ilfil, malah nggak mau ngomong. Kan repot :P

Semoga tulisan berbagi pengalaman ini bermanfaat ya, bu.. ebook bahasa isyarat bayi
Tetap semangat! :D

5 Comments to “Mengajarkan Balita Bicara”

  1. kasih naning mengatakan:

    ankq ckrg brumur 20bln.susah bgt mengucapkan kta,tp ia dah mengerti klu da orang brbicra,misal;qsuruh ambel bola,tp tdk bs blng ‘bola’..,tp bs nunjuk klu da gambar buah pisang,anggur,dll..hewan jg pintar ankq..cm pengucapan katanya,kok sulit bgt..klu kta maem bs,panggel ayah jd ‘ah’,mama jd ‘a ah’..bgmn yach sharusnya aq..apa hrus dbri suplemen,ato bgmn..

  2. anik mengatakan:

    terimakasih infonya……

  3. bunda putri mengatakan:

    putri saya17 bulan sudah byk kosa kata

  4. mommy Nadine mengatakan:

    Memang benar bayi sedini Mungkin harus di dengarkan berbagai kosa kata. Mungkin saat itu mereka belum bisa langsung mengatakan.tapi kata kata itu sudah di simpan di otaknya. Ketika lidahnya sudah fasih melafalkan kata, pasti kata kata yang sudah tersimpan di otaknya keluar.karena saya sering bawel, Nadine alhamdulilah 15 bulan sudah bisa bicara 2 kata, seperti : “mau kue”, “maem roti”, ” tayang mami”

  5. desi mengatakan:

    terima kasih infonya. jadi lebih semangat lagi deh tuk ngobrol dg zafir meski kadang tidak respon alias dicuekin, he3. and sangat menyadari zafir butuh saya, so lebih lama lagi bercerita dengan zafir anaku tercinta. dan ayah juga harus lebih sering ajak zafir ngobrol ya cintaku

Leave a Reply