PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Mencegah Anak Ngompol

Mengompol adalah hal yang lumrah terjadi pada anak-anak. Namun jika hal ini berkelanjutan, akan sangat merepotkan nantinya karena hal ini sangat berkaitan erat dengan kebersihan. Semasa bayi manusia pipis lebih dari 20 kali sehari karena belum mampu mengendalikan kantung kemihnya.. Namun jika sudah menginjak usia sekolah, tentunya kemampuan untuk mengendalikan kantung kemih itu sudah ada dan berkembang baik.

Banyak faktor yang menyebabkan kenapa anak bisa ngompol. Jika hal ini terjadi sejak lahir, kemungkinan terjadi infeksi pada saluran kencingnya yang disebabkan oleh rusaknya dinding buli-buli sehingga obat-obatan tidak bekerja dengan baik. Penyebab lainnya adalah faktor genetic atau keturunan. Jika orang tuanya mengalami infeksi saluran kencing, bisa jadi anaknya juga demikian. Selain dua faktor tersebut, masih ada beberapa sebab mengapa anak sering ngompol.

Antara lain, hambatan sosial atau psikologis selama masa perkembangan yaitu antara umur 2-4 tahun, dan juga kurangnya perhatian orang tua akan bagaimana mendidik anak dan mengajar anak cara menggunakan toilet sejak kecil.

Lalu bagaimana mengatasi ngompol pada anak? Sebaiknya dalam hal ini anda mengajarkan anak kebiasaan-kebiasaan yang baik sejak dini. Pada usia 5 bulan, biasakanlah anak agar pipis di kamar mandi dan ajak dia berkomunikasi selama pipis. Jangan terlalu bergantung pada pemakaian pampers, karena hal ini bisa membuat anak malas dan tidak mengendalikan kantung kemihnya. Pampers memang praktis, tapi hanya pada saat di perjalanan agar tidak repot. Jika sudah bisa berbicara, ajarkan dan ingatkan anak untuk pipis sebelum tidur.

Terkadang meski sudah pipis sebelum tidur anak bisa juga ngompol. Untuk mengatasinya maka 2 – 3 jam setelah anak tidur, cobalah dibangunkan untuk pipis lagi. Biasanya anak malas untuk bangun dan jika demikian orangtualah yang harus bersabar untuk mengangkatnya dan diingatkan untuk pipis.

Namun jika anak masih tetap mengompol, berikanlah pujian atas usahanya jika berhasil tidak mengompol. Kurangi minum air di malam hari, dan jika perlu sediakan pispot di dekat tempat tidurnya. Lakukan dan biasakanlah hal-hal di atas, karena akan mendidik anak untuk mengembangkan kebiasaan baik dan disiplin.

2 Comments to “Mencegah Anak Ngompol”

  1. DARMADI mengatakan:

    Emang bener…thanks aretikelnya……

  2. yan putra mengatakan:

    ok sangat berguna

Leave a Reply