PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Mempersiapkan Kamar untuk Bayi Baru

Persiapan kamar tidur untuk si buah hati yang akan lahir merupakan hal yang menjadi salah satu perhatian utama dari para orangtua khususnya pasangan yang baru saja menikah dan akan menanti kelahiran bayi pertama mereka. Namun perlu diketahui, mempersiapkan kamar tidur anak apalagi untuk seorang bayi bukanlah hal yang mudah.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti kenyamanan, kebersihan, keamanan selain juga masalah design kamar tidur dan interiornya.

Hal pertama yaitu kenyamanan dan keamanan. Lokasi tempat tidur bayi sangat berpengaruh dalam hal ini. Bayi akan menangis apabila ia merasa tidak nyaman. Jadi aturlah kamar bayi agar jauh dari kebisingan sehingga ia bisa tidur dengan nyenyak. Jika rumah dekat dengan jalan raya, maka pilihkan kamar yang letaknya tidak mengarah langsung pada pintu atau jendela luar rumah.

Pastikan juga kamar si kecil berdekatan dengan kamar  orangtuanya agar mudah menjangkau jika terjadi sesuatu.  Untuk tempat tidurnya, berilah bamper atau pagar yang kokoh. Jangan terlalu tinggi agar nantinya tidak sampai jatuh jika bayi sudah mampu berdiri.

Tempat tidur adalah faktor terpenting yang dapat membuat anak merasa nyaman dalam beristirahat. Pilihkan jenis tempat tidur yang memiliki pelindung disamping kanan dan kirinya karena ini akan membuat bayi anda lebih terjaga keselamatannya.

Berikutnya adalah kebersihan. Kamar bayi harus selalu dijaga kebersihannya agar bayi tidak gampang sakit. Buatkan ventilasi yang tepat agar sirkulasi udara lancar, jadi bayi tidak sampai kepanasan. Selain itu perhatikan penerangan dalam ruangan, pastikan kamar bayi memperoleh sinar matahari langsung. Selain membuat ruang lebih terang, sinar matahari mengandung unsur yang dapat memperkuat tulang. Untuk menghindari cahaya berlebih, bisa dipasangkan tirai pada jendela kamar tidurnya.

Yang terakhir adalah design kamar tidur anak. Design atau interior kamar anak adalah hal yang juga sangat penting karena akan mempengaruhi kepribadian anak nantinya. Tentukan tema kamar bayi, tentunya dengan motif yang berbau anak-anak seperti misalnya tokoh kartun, binatang, yang penting disesuaikan juga dengan jenis kelaminnya. Tema kamar juga harus ceria, pilihlah warna-warna cerah atau corak sederhana dengan warna-warna sejuk seperti pink, biru muda dan krem. Dengan beberapa tips tadi, apakah anda sudah siap menyambut kelahiran anak anda?

Leave a Reply