PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Melahirkan Dalam Air, Untung-Ruginya

Sesuai dengan namanya, melahirkan dalam air atau dalam bahasa Inggrisnya disebut water birth merupakan proses persalinan yang dilakukan di dalam air. Metode ini telah menjadi alternatif baru untuk melahirkan sang bayi selain persalinan normal dan operasi cesar. Metode ini cukup populer dan sudah banyak ibu-ibu yang memilih water birth.

Proses persalinan water birth dilakukan di sebuah kolam plastik berisi air hangat yang telah disterilkan terlebih dahulu. Suhu air disesuaikan mendekati suhu perut ibu agar bayi tidak kaget saat keluar. Proses persalinan water birth membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 jam , jauh lebih cepat dibandingkan proses persalinan normal. Dalam proses melahirkan dalam air, ibu akan lebih fleksibel dalam bergerak dan saat berkontraksi. Dengan posisi yang enak dan nyaman, proses persalinan akan lebih mudah dilakukan.

Melahirkan dalam air pun memiliki untung-ruginya. Untung-ruginya antara lain proses persalinan lebih tidak terasa sakit, malahan air hangat bisa membuat ibu merasa lebih rileks dan tenang, namun jika tidak diawasi oleh tenaga medis yang ahli, bayi bisa saja kesulitan bernapas karena tali pusatnya mengalami pengkerutan akibat terlalu lama berada di dalam air bahkan paru-paru bayi bisa kemasukan air. Perlu diketahui, bahwa selama tali pusatnya belum dipotong, bayi bernapas melalui tali pusat. Keuntungan yang lain bagi bayi yang lahir melalui water birth ini adalah bisa merasa lebih nyaman saat berada di air karena kondisinya tidak beda jauh dengan sewaktu di rahim ibu. Air juga memiliki kandungan oksigen yang lebih banyak sehingga baik bagi organ pernapasan bayi.

Melahirkan dalam air atau water birth ini tidak bisa dilakukan oleh semua ibu. Ibu yang memiliki penyakit tertentu, mengandung bayi dengan posisi tidak normal/sungsang ataupun yang mengandung bayi kembar memiliki resiko tersendiri jika memilih metode water birth ini. Pada dasarnya, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter dalam memilih proses persalinan yang tepat dan sesuai dengan kondisi ibu dan janin.

1 Comment to “Melahirkan Dalam Air, Untung-Ruginya”

  1. john mengatakan:

    Kami tenaga medis bermaksud untuk Training waterbirth. Kira kira dimana adanya? Terimakasih.

Leave a Reply