PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Manfaat Kencur untuk Bayi

kencur untuk bayiKencur atau kaempferia galanga merupakan ramuan tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi. Pemanfaatan kencur untuk bayi telah dilakukan secara turun temurun. Selain itu, pemanfaatan kencur untuk bayi telah mendapat pengakuan dari para ahli medis dan ahli farmakologi.

Manfaat kencur sangat beragam tergantung dari penggunaan kencur itu sendiri, sedangkan penggunaan kencur sebagai ramuan tradisional ada dua jenis yaitu dengan cara diminum atau dioleskan. Manfaat kencur dengan penggunaan secara dioleskan diantaranya adalah:

  • Kencur mengandung minyak atsiri yang sangat baik untuk bayi, karena minyak atsiri mempunyai efek analgesik yang dapat menghangatkan tubuh bayi. Penggunaan kencur untuk bayi agar dapat menghangatkan bayi adalah dengan cara menumbuk lembut kencur, kemudian peraslah hasil tumbukan tersebut. Oleskan hasil perasan kencur pada seluruh bagian tubuh bayi, niscaya bayi akan terasa hangat sehingga nyenyak tidurnya.
  • Parutan kencur dapar menghilangkan pegal-pegal, keseleo dan rasa nyeri (karena kencur bersifat analgesik) pada tubuh bayi, sehingga bayi akan lebih tenang dan tidak rewel.
  • Dapat mencegah masuk angin apabila dioleskan pada perut bayi.

Sedangkan manfaat kencur jika diminum oleh bayi atau anak diantaranya adalah:

Ramuan tradisonal kencur mengandung mineral yang baik untuk perkembangan motorik bayi.

  • Ekstrak methanol yang terdapat pada kencur dapat menjadi imunitas alami bayi. Karena ekstrak methanol dapat menghalangi pertumbuhan virus dan bakteri dalam tubuh.
  • Jamu beras kencur dapat meningkatkan nafsu makan.
  • Minum perasan kencur secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
  • Perasan kencur dapat digunakan sebagai ramuan tradisional yang mampu mengobati berbagai penyakit yang menimpa bayi seperti radang lambung, radang telinga, influenza, gangguan pernafasan, diare, muntah-muntah, keracunan akibat makanan dan batuk berdahak.

Penggunaan kencur untuk bayi dengan cara diminum mungkin merupakan hal yang sulit dilakukan, karena bayi tentu akan menolak untuk meminum kencur. Penolakan bayi untuk meminum kencur biasanya dikarenakan bau dan rasa kencur yang sangat menyengat. Oleh karena itu campurlah perasan kencur dengan gula atau madu untuk mengurangi rasa kencur yang menyengat, sedangkan untuk mengurangi bau kencur yang menyengat ibu dapat menambahkan daun pandan atau vanili pada perasan kencur.

 

5 Comments to “Manfaat Kencur untuk Bayi”

  1. fitri mengatakan:

    dosis pemberian kencur kepada balita ?????

    • ahmad mengatakan:

      semua ramuan jamu usahakan dari sedikit dulu l/k 1/2 rusa kelingking,dan yang sedikit insyAllah bermanfaat,sedang mulai banyak perut kaget(bisa bermasalah),kaya orang ber amal mulai yang mudah2, kalau dimulai banyak(umpama baca ini itu sekian banyak ga lama pasti bosan)

  2. maria reni mengatakan:

    perasan kencur boleh diberikan pada bayi usia berapa ya?? Apakah aman bagi pencernaan bayi????

  3. Fardhan mengatakan:

    Info obat tradisional buat bayi yang lain dtunggu!

  4. vie mengatakan:

    Saya sudah mencobanya dan memang bermanfaat :)

Leave a Reply