PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Manfaat dan Efek Samping Pijat Bayi

cara pijat bayiPijat bayi merupakan teknik perawatan tradisonal yang berkembang secara turun menurun. Menurut penelitian medis, perawatan pijat bayi memiliki banyak manfaat, baik dari segi kesehatan bayi maupun dari segi psikologis bayi. Manfaat pijat bayi dari segi kesehatan diantaranya:

  • Menstimulasi saraf otak. Hal ini baik untuk perkembangan otak bayi.
  • Melatih respon saraf pada tubuh bayi, yang dapat memacu perkembangan reflek tubuh bayi.
  • Membantu dan menstimulasi sistem pencernaan pada perut bayi, karena pijat bayi dapat meningkatkan kerja peristalsis usus.
  • Melancarkan sistem peredaran darah bayi.
  • Meningkatkan berat badan bayi.
  • Melancarkan pernafasan bayi, karena dapat membantu suplai oksigen pada tubuh bayi.
  • Membantu perkembangan susunan otot bayi.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Sedangkan manfaat pijat bayi dari segi psikologis bayi diantaranya:

  • Apabila pijat bayi tersebut dilakukan oleh orang tua bayi, maka hal tersebut akan menambah kedekatan antara bayi dan orang tua. Karena bahasa sentuhan cinta sangat mempengaruhi perasaan bayi.
  • Mengembangkan terjalinnya komunikasi bayi. Karena dapat merangsang kontak mata, ekspresi wajah, dan ekspresi tubuh bayi.
  • Memberikan rasa nyaman pada bayi.
  • Membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah rewel.
  • Agar dapat memperoleh manfaat pijat bayi yang maksimal, kita harus melakukan cara pijat bayi yang sesuai dengan ketentuan pemijatan

Oleh karena itu, belajar cara pijat bayi yang benar dan baik, sangat diperlukan oleh orang tua dan praktisi pijat. Cara pijat bayi yang sesuai dengan ketentuan medis dapat memberikan efek positif dan manfaat bagi bayi.

Di samping itu, cara pijat bayi yang sesuai ketentuan medis dapat mengurangi adanya resiko pijat bayi. Karena beberapa kenyataan di lapangan didapatkan bahwsanya banyak terjadi praktek pijat bayi yang memberikan efek samping dan efek negatif pada bayi. Hal tersebut dapat terjadi apabila pemijatan dilakukan dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan ketentuan medis.

Efek samping dari kesalahan pemijatan diantaranya adalah pembengkakan, terdapatnya lebam, adanya rasa sakit pada bayi sehingga bayi menjadi rewel, pergeseran urat, cidera, bahkan bisa menyebabkan kematian pada bayi. Oleh karena itu, banyak orang tua yang enggan melakukan pijat bayi, mereka takut akan terjadi resiko pijat payi pada buah hatinya.

Resiko pijat bayi tersebut biasanya disebabkan oleh kelalaian praktisi pijat dalam memijat, salah pijat, dan kurangnya pengetahuan pemijat. Untuk memperkecil resiko pijat bayi, hendaklah para orang tua jeli dalam memilih praktisi pijat untuk bayinya.

3 Comments to “Manfaat dan Efek Samping Pijat Bayi”

  1. ida herlina mengatakan:

    kirimkan qt cara memijat bayi menggunakan gambar atau langkah-langkahnya?

  2. adel mengatakan:

    Saya sih bawa anak saya spa dan berenang di mom n jo yang ada di dharmawangsa, fx, MOI klp gading, BSD, mediterania tj duren dan surabaya. Anaak2 kan butuh banyak diberi sentuhan dan aktifitas yang merangsang sarafnya, makanya massage dan renang adalah pilihan yg tepat buat saya. kenapa mom n jo? Disana bersih dan nyaman. Airnya diganti terus setiap anak selalu dapat air baru dan bebas kaporit. jangan lupa massage nya juga mom, penting banget bikin bayi lahap makan dan bobonya nyenyak :)Oya saya pernah bikin acara ultah buat ponakan saya juga di Kid’s Spa party mom n jo. seru deh mom, ponakan saya (cewek) disana semua teman2nya dipakein kimono pink trus maskeran coklat, diajarin macem2, meni+pedi, berendam coklat dan banyak lagi.
    ini nomor tlp nya 08-999-000-006

    Oya, kalo di bandung yang saya tau ada juga namanya bubble n me coba search aja di google alamatnya saya gak tau

    Mudah2an berguna yaa…

  3. fadhilllah mengatakan:

    anak saya itu terlalu aktif, setelah mandi aku mau gosokin minyak telon ajj kejar-kejaran sama anak saya (ali). bagaimana cara memijat anak yang aktif, jadi binggung mau memijatnnya?
    mohon bantuannya

Leave a Reply