PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Manfaat Beras Merah untuk Bayi

beras merahKesehatan bayi sangat ditunjang dari makanan yang menjadi asupan bagi bayi. Oleh karena itu, setiap ibu hendaklah memperhatikan makanan yang menjadi sumber nutrisi bayi. Salah satu makanan yang baik untuk bayi adalah beras merah. Karena beras merah memiliki kandungan beragam zat penting untuk nutrisi bayi yang baik untuk dijadikan asupan penunjang kesehatan bayi.

Beberapa manfaat beras merah diantaranya:

  • Kandungan vitamin B1, B6 dan B12 yang cukup tinggi, sangat cocok untuk proses perkembangan tubuh bayi. Karena vitamin tersebut memacu pembentukan energi di dalam sel tubuh bayi.
  • Kulit ari pada beras merah mengandung zat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi.
  • Beras merah mengandung mineral cukup tinggi yang dapat bermanfaat sebagai asupan kebutuhan nutrisi bayi yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan rambut, gigi, otot dan tulang pada bayi.
  • Beras merah memiliki serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk pencernaan bayi.
  • Mengandung zat besi cukup tinggi, yang dapat memenuhi asupan zat besi yang dibutuhkan bayi.
  • Kandungan zat tiamin pada beras merah yang tinggi sangat baik untuk perkembangan jaringan saraf dan jantung bayi.
  • Zat fosfor yang terdapat pada beras merah bermanfaat pada perkembangan sistem rangka bayi.

Kesehatan bayi sangat ditunjang dari pola tidur bayi. Bayi dengan pola tidur teratur, memiliki badan yang lebih sehat. Dengan mengonsumsi beras merah, maka bayi akan memiliki pola tidur yang teratur. Hal tersebut dikarenakan zat tepung yang terdapat pada beras merah dapat meningkatkan serotonin dalam jaringan otak bayi, dimana serotonin memiliki peran dalam pengaturan tingkat kantuk, sehingga pola tidur bayi bisa lebih teratur. Selain itu kadar gula dalam beras merah lebih stabil sehingga bayi tidak mudah lapar. Hal ini sangat berpengaruh pada tidur malam bayi, dengan stabilnya kadar gula dalam tubuh bayi, maka bayi akan terbebas dari terbangun di tengah malam karena lapar.

Sebagai ibu yang cerdas dan peduli akan kesehatan bayi dan asupan nutrisi bayi, pasti akan jeli dalam memilih makanan yang sehat bagi buah hatinya. Oleh karena itu, mengonsumsi beras merah sejak bayi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan bayi.

12 Comments to “Manfaat Beras Merah untuk Bayi”

  1. erikasihombing mengatakan:

    anak saya umur 8 bulan Dok tpi rambutnya msh dikt tumbuh, itu disebabkan oleh apa ya Dok….dan langkh apa yg hrs saya buat agar rambutnya tumbuh banyak,,,,,? trimakasih

  2. erikasihombing mengatakan:

    anak saya umur 8 bulan Dok tpi rambutnya msh dikt tumbuh, itu disebabkan oleh apa ya Dokā€¦.dan langkh apa yg hrs saya buat agar rambutnya tumbuh banyak,,,,,? trimakasih

  3. alif nur kholif mengatakan:

    bagian man cara menyiasati bayi yang susah maknan sehat seperti beras merah???
    padhal asupan vitaminnya lebih banyak??

  4. MIA ATIKA mengatakan:

    saya mempunyai anak angkat sekarang berumur 3 bulan 7 hari.anak saya tidak menyusu badan sebab susu saya tidak boleh keluarkan air susu meskipun saya sudah meminum obat keluarkan susu.adakah salah kalo saya menggunakan campuran minuman susu dengan nestum beras merah?

  5. eddy vandesar mengatakan:

    mana tanda n gejala nya

  6. tasi mengatakan:

    Aku hampir tiap hari sarapan beras merah bubuk dicampur dengan susu kambing bubuk. Makjossss….!

  7. darma mengatakan:

    anak aku da umur 9 bulan dok…tp kok badannya tambah kecil aja…kurus banget,,pdhal dia da brapa bulan ini komsumsi bubur beras merah…rambutnya jg msh sngat sedikit…knp yach dok???

    • andri irawan mengatakan:

      itu di sebabkan karna terkena penyakit sawan bangkai, sama kaya anak saya v sudah di obatin sama ahlinya alhamdullilah sekarang dah sembuh dah sehat kembali

  8. tika mengatakan:

    saya ibu dari fatha alfaritzi,
    anak saya mkn beras merah dari umur 3 bulan.
    tapi kenapa umur 7 bulan pup keras y dok????
    itu dsebabkan apa???

    • isty sbw mengatakan:

      Anak saya 4 bulan, saya kasih bubur beras merah capur pisang, tapi pupnya jadi kaya orang dewasa.gimana membuat bubur beras merah yg bener.terimakasih dij
      awab ya

  9. devi yulianti mengatakan:

    Dok anak saya umur 6 bulan 11 hari beratnya 92 kg tp d ksih mkannya ko susah ya..

  10. key pink fatharku mengatakan:

    Anaku baru hari ini ku beri bubur beras merah tp dia suka..

Leave a Reply