PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Kesehatan bayi

Imunisasi

Banyak hal yang mempengaruhi kesehatan bayi. Selain konsumsi makanan dan minuman yang penuh nutrisi yang baik akan perkembangan gizi, istirahat, dan cukup mendapatkan kasih sayang, bayi juga membutuhkan imunisasi yang dapat melindungi bayi dari penyakit-penyakit berbahaya.

Imunisasi yang diberikan kepada bayi dapat membentuk sistem kekebalan tubuh yang dapat melindungi bayi hingga nanti tumbuh dewasa. Pemberian imunisasi biasa diadakan di Rumah Sakit bagian anak atau Posyandu yang diselenggarakan oleh kelompok ibu-ibu rumah tangga di puskesmas-puskesmas terdekat.

Seorang ibu harus memperhatikan jadwal-jadwal pemberian imunisasi dan pada umur berapa imunisasi tersebut diberikan pada bayi. Informasi mengenai imunisasi dapat diperoleh di Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat. Bayi yang baru lahir hingga berumur 1 minggu harus mendapatkan imunisasi BCG sesegera mungkin untuk menghindari tertularnya penyakit TBC.

kesehatan bayi harus dijaga agar bayi tetap sehatSedangkan bayi yang berumur 3 bulan memperoleh imunisasi polio 1, 2, dan 3 dan diberikan dengan jarak masing-masing 1 minggu. Imunisasi polio diberikan bersamaan dengan DPT yang dapat melindungi bayi dari penyakit Tetanus. Menginjak usia 9 bulan, bayi harus diimunisasi campak.

Imunisasi ini berguna sebagai pencegah bayi terkena penyakit cacar berulang, artinya deengan diimunisasi campak, seorang bayi hanya akan terkena penyakit cacar sekali seumur hidupnya. Saat bayi berumur 1 tahun, semua imunisasi tersebut diulang kembali sekali lagi dengan jarak pemberian sama persis seperti sebelumnya.

Pemberian imunisasi pada bayi juga harus didukung dengan peningkatan gizi makanan sehingga daya tahan dan sistim kekebalan tubuh bayi sangat kuat. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah timbulnya demam pada bayi yang baru saja diimunisasi.

Ibu tak perlu kuatir tentang hal ini, cukup berikan obat penurun panas sesuai dengan anjuran dokter atau kompres hingga demam bayi anda turun. Bila panas tidak turun dalam 3 hari, barulah bawa bayi anda ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Posyandu dan rumah sakit poli anak biasanya juga memberikan layanan pantauan kesehatan bayi anda saat mengadakan imunisasi. Pemantauan tersebut berdasarkan berat badan dan panjang bayi yang tertulis dalam grafik hijau di Kartu Menuju Sehat (KMS).

Anda dapat mendiskusikan masalah dan juga mendapatkan informasi serta solusi untuk mengatasi permasalahan yang timbul. Kartu Menuju Sehat ini digunakan untuk memantau bayi dari lahir hingga berumur 5 tahun.

Penyakit yang umum pada bayi dan penanganannya.
Sama seperti manusia dewasa, bayi juga bisa terkena sakit. Seorang ibu harus dapat mengenali ciri-ciri penyakit yang sering diderita bayi karena bayi tidak dapat memberitahu apa yang dirasakannya.

dokter bayiBiasanya bila merasakan sakit, bayi akan menangis lebih sering dan rewel serta tidak mau makan. Tak perlu panik, coba periksa dulu apakah bayi menderita penyakit ringan seperti di bawah ini.

Penyakit yang sering diderita oleh bayi adalah masuk angin. Hal ini bisa terjadi karena bayi terlalu lama diletakkan di lantai atau terlalu lama terkena angin di luar ruangan. Selain sering menangis, ciri-ciri yang gampang dikenali adalah perut yang kembung.

Berilah obat gosok seperti minyak telon supaya bayi merasa hangat dan angin di dalam tubuh bayi cepat keluar. Berikan pakaian yang hangat dan nyaman dan selimut yang tebalnya cukup supaya bayi tidak lagi masuk angin.

Bayi juga sering terkena gatal-gatal dan biang keringat. Hal ini sebenarnya sangat wajar karena kita tinggal di negara yang beriklim tropis. Namun bila hal itu terjadi terlalu sering, anda harus lebih memperhatikan kebersihan baik kulit ataupun baju bayi anda karena biang keringat muncul karena bayi sering dibiarkan dalam keadaan basah.

Kulit bayi yang terkena susu juga harus dilap sesegera mungkin. Untuk menghilangkan biang keringat yang muncul anda dapat menaburkan bedak gatal ke area biang keringat terus menerus hingga biang keringat tersebut hilang. Mandikan juga bayi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihannya, namun jangan terlalu sering karena bayi dapat terkena masuk angin.

Ganti juga popok yang basah dan jangan dibiarkan terlalu lama. Selain dapat menyebabkan gatal, popok basah juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit bayi.

Demam juga merupakan penyakit yang sering diderita oleh bayi. Banyak sekali penyebab demam dan ibu harus dapat mengenali karakteristik demam tertentu. Bayi yang menderita demam setelah diimunisasi cukup diberi obat penurun panas atau cukup dikompres.

Biasanya demam akan hilang setelah 1 atau 2 hari. Demam juga dapat muncul pada saat pergantian cuaca. Perubahan suhu yang terlalu mendadak menyebabkan tubuh bayi meresponnya dengan meningkatkan suhu tubuhnya. Demam ini suhunya biasanya tidak terlalu tinggi dan akan hilang dalam 1-2 hari bila ibu segera merespon demam pada bayi dengan tindakan yang tepat seperti menghangatkan bayi dan mengompresnya.

bayi yang sedang sakit dirawat oleh ayahnya

Cara mengompres bayi yang demam dapat dilakukan dengan meletakkan kain basah yang sudah direndam dengan air dingin pada kening bayi dan kain basah yang direndam air hangat pada kaki bayi. Demam juga dapat muncul bila bayi anda keracunan makanan.

Waspadai jika panas bayi tidak turun dalam 1-2 hari terutama bila bayi kejang-kejang. Segeralah bawa ke rumah sakit atau dokter anak terdekat untuk pertolongan medis terhadap bayi anda. Konsultasikan pula ke dokter bila bayi anda tidak mau makan. Jangan sampai terlambat mengenali ciri-ciri penyakit yang diderita oleh bayi.

84 Comments to “Kesehatan bayi”

  1. Anastasia mengatakan:

    hello, senang dech bisa tau lebih jauh tentang perkembangan kesehatan pan cara pencegahan penyakit padi bayi saya.. semoga pakarbayi lebih maju lagi..

  2. Anastasia mengatakan:

    lucunya.. andai semua orang tua memiliki kasih sayang seperti pada gambar diatas..suami saya terlalu sibuk bekerja, mungkin bisa kasih tips agar suami betah dirumah :)

    • hasan mengatakan:

      buat senyaman mungkin suami untuk di rumah:
      1. senyum dlam kondisi apapun (jangn tampakkan kesedihan/mangkel), cemburu boleh asal tdk brlbhn
      2. dandan sesuai selera suami bukn diri anda
      3. bermanja-manjalah dlm situasi yng memungkinkan
      4. terbuka trhadapnya, lht sikond
      5. service excellent (pelayanan prima)
      6. ucapkan maaf jk bersalah, berilah maaf jk psangan yg salah
      7. cari selalu solusi…bkn nambah masalh

  3. Yuni mengatakan:

    seneng bgt ya dapat bayak info tentang bayi dan segala permasalahanya. Sukses deh buat pakar bayi semoga bisa jadi ladang amal :lol:

  4. Yuni mengatakan:

    saya sgt senang lho liat gambar bayi didekap ayahnya seperti gambar di atas. Suami saya sdh meninggal, jd bayi saya tak pernah bisa seperti gambar itu. Minta tips supaya anak tak kehilangan figur ayah tanpa harus menikah lagi. trims…

  5. iin catur jean mengatakan:

    Bayi saya, 6 bulan, kenapa belum bisa tengkurap sendiri ya, harus dibantu. apakah ini pertanda ada keterlambatan pertumbuhan?

  6. Warengs mengatakan:

    Bayiku 7 bln, susah buang air, cpt masuk angin, berat 15kg.apa obatnya.

  7. rany mengatakan:

    seneng juga deh bisa nyelesain tugas dari buk yu2n yang super nyebelin tentang kesehatan bayi
    thanks yah…………………………………………………. :razz:

  8. bunda ariana mengatakan:

    Kalo masuk angin bisa hilang sendiri kan,g perlu di kasih obat selain minyak telon

  9. poenpoen mengatakan:

    Kalo anak panas dan mengeluh perutnya sakit apa ya termasuk masuk angin?

  10. masita mengatakan:

    :cry:

    hallo, tolong bantu,
    anak saya sudah 1 minggu terdapat bintik2 merak di bagian kulit kelamin sampi ke duburnya. saya sudah ke Dr. tapi obatnya tdk juga menunjukkan hasil yg memuaskan.
    pertanyaan:
    1. bagaimana cara / langkah2 mengatasi agar sembuh
    2. Obat apa yg bagus ya
    3. apakah benar memakai bedak dan salep pada bagian kelamin dapat menyebabkan kista pada anak kelak?

    terimakasih
    -Bunda mughni-
    tolong buat saya :smile:

    • yuni mengatakan:

      baby oil solusi sgala pnykit ringat kulit bayi

    • ma2h hania mengatakan:

      pakai minyak kelapa yang dibuat sendiri bu,oleskan minyak scr rutin tapi lap dulu kulitnya dengan air hangat. Alhamdulillah semua problem kulit gatal & kemerahan pada bayiku sembuh dengan minyak itu.

    • mama fatih n neva mengatakan:

      kalo pengalamanku, setiap abis mandi daerah yg kena ruam diolesin baby cream merk zwitsal.. (tutupnya warna ungu).. cepet banget hilangnya.. jgn lupa sering2 ngecek popok.. kalo basah, hrs segera ganti dan dibasuh daerah alat kelamin sampai pantatnya dengan air hangat.. semoga membantu

    • windhi mengatakan:

      anaku juga pernah mengalami sperti ini, hanya aku olesi minyak zaitun alhamdulillih gak sampek seminggu udah sembuh.minyak zaitun juga aman tanpa efek samping.

  11. Ddk mengatakan:

    Anak saya berumur 3,5 bulan, skrg dia batuk2, apa obatnya? Tlg dijawab. Thank’s

  12. Andhin mengatakan:

    Bagaimana menstimulasi anak usia 3 bulan agar bisa tengkurap

  13. Budi mengatakan:

    Anak saya malamnya hbs diimunisasi bcg&polio,paginya panas.Gm mengatasi panasnya?Obat apa yg co2k yg hrs diberikan spy panasnya turun?:neutral::?:

  14. [...]  Definisi Penyakit kulit adalah suatu penyakit yang berhubungan dengan jaringan penutup permukaan tubuh, seperti kulit yang [...]

  15. Agy mengatakan:

    anak saya skarang usia 5 bl kulitnya sensitif sering sekali biang keringat saya sudah mencoba pakai sabul lactacid baby,bedak salicyl

    • bunda jibril mengatakan:

      trima kasih atas informasi tentang bedak untuk biang keringat,kebetulan si tampan jibril jg mengalami hal yg sm

  16. MURNI mengatakan:

    anak saya berumur 4,5bln tapi berat badannya sekarang 5,1kg. saya merasa bingung,karena berat badannya masih kurang,dia sih sangat aktif. saya masih memberi ASI,selama kerja diberi susu formula merk BEBELAC,dan dia suka kok susu BEBELAC tsb. yang saya tanyakan :
    1. bagaimana cara menambah berat badannya?
    2. apa susu formula yang menambah berat badan?
    tolong dibalas,terima kasih atas infonya.

    • ma2 aurel mengatakan:

      klo aurel se minum susu fisian flag ( susu bendera )umur 0-6 bulan pake yang tahap 1 trus ni aurel 7 bln pake yang tahap 2….aurel sehat bgt umur 7 bln berat badane 9 kg.

    • yuni mengatakan:

      gpp.. emang biasanya klo ASI bayi cenderung kecil daripada bayi susu formula..mungkin jg ada genetik dari ayah dan bundanya jg..selagi aktif,g masalah tuch..itu mnunjukkan otaknya berkembang..

  17. Ika mengatakan:

    Bayi sya usia 8bln. Dan sudah 2x kena STEP.Yang mau sy tanyakan. Bgaimana agar step tdk terjadi lagi. TQ

    • rini mengatakan:

      saya jg prnah ngalami anak step saat usia 10bln mbak tp cuma 1x. trs sjk itu sy di kasih obat penurun panas yg di masuk kan dr dubur sm dokter, di suruh stoch
      k di rumah. jd kalau ank demam ny agak tinggi sy lgsg ksh itu sebelum di bawa k dokter,
      selain itu jg sejak ngalami step, anisa sy ksh obat herbal, bs utk daya thn tubuh. skrg umur anisa 21bln jarang sakit.

  18. linda mengatakan:

    anak saya sekarang berat badan nya 11kg,padahal anak saya baru berumur 4bln 20hr.yang ingin sy tanyakan apakah kesehatan nya tdk terganggu?anak saya cuma di beri asi saja.untuk tambahan saya beri roti milna setiap sore.apakah yang harus saya lakukan,trimakasih.tolong di balas.

  19. wellbaby.blogspot.com mengatakan:

    Artikelnya cukup bagus, tolong dong diulas masalah sembelit bagi anak balita.
    trims.

  20. ismail mengatakan:

    bayi kondisi sakit dapat diimunisasi HB Uniject, apa efek sampingan bayi sakit diimunisasi HB uniject

  21. weni widiani mengatakan:

    klo bayi saya yang baru berumur 2 bulan batuk,,, obat nya apa yupz?

    terima kasih

  22. kopian mengatakan:

    bayi umur 3 bulan tapi dia suda minta daging sapi kalau g’ makan sapi dia nangis terus. jd gmn dok ?

  23. Tri Endaryati mengatakan:

    babbyku umur 5 bln 20 hr,sering bgt ngeluarin air liur,apalagi kalo pegang benda pasti langsung dimasukin mulut so air liurnya tmbh bnyk.apakah itu tanda gigi mau tumbuh atau ada sebab lain yang merangsang produksi liur berlebihan ya? tlg jwb.TQ

  24. ayu mengatakan:

    bayi saya 3 bulan..waktu lahir pantatnya duluan. gk lama kemudian karna proses melahirkannya dipaksakan untuk normal alias tidak cesar ada benjolan dalehernya yang disebut tortikolis…katanya gara2 pas keluarnya dipaksain.apa iya gitu ya????gk bahaya kan???bisa sembuh dan ilang???kasih aku informasi dong kalo taw..

  25. Didik mengatakan:

    bayi muntah setelah diberi susu formula, sudah dibawa ke dokter dan diberi anti mual+ obat pengusir angin,tapi masih tetap muntah tiap minum, apa sebabnya & bagaimana penangananya?

  26. enday mengatakan:

    Tolong dooong … anakku umur 9 bulan, setiap hari pasti muntah dan kalau lagi bab dibarengi dengan mual dan kadang muntah.. itu disesbabkan apa yaa..? itu terjadi dari usaia 4 bulan sampai sekarang.
    dan di badannya timbul bintik merah terkadang timbul dan berpindah pindah dikepala dan dibadan terkadang hilang dengan sendirinya apa penyebabnya.?

  27. ani mengatakan:

    kenapa yah bayi saya demam panasnya ga turun-turun selama 1 minggu,padahal umurnya msh 2 minggu…saya udh brobat di ksh obat turun panas tp tetep ga turun..tolong dong kasih tau kenapa ya?/

  28. giann mengatakan:

    apakah nama jenis penyakit yang menyerang pada usus bayi ? apakah harus selalu operasi ? apakah bisa dikatakan cacat bawaan lahir atau karena makanan yang diserap si bayi dari si ibu selama baru menyusui ?

  29. itok santoso mengatakan:

    artikel yang sangat bermanfaat,thanks

  30. larassaty mengatakan:

    anak ku bernama chandra malam td kira2 jam 2 ga seperti biasanya dia bangun n trus nangis muntah,tapi engga pup,tolong dong aku mau sarannya,,

  31. yayah mengatakan:

    thaxs atas artikelnya sob

  32. Jihan Dzahabiyyah mengatakan:

    oooo。。。 ternyata bayi membutuhkan banyak perawatan ya。。。

  33. fitri mengatakan:

    thanks artikelnya bagus bgt n sangat membantu terlebih lg sekarang cuaca lg tdk bagus..n baby sy kadang suka demam…

  34. suyitno kangiden mengatakan:

    Bagaimana merawat/mengeluarkan lendir karena flu pada bayi usia 2 bulan ?

  35. Yono mengatakan:

    saya punya bayi umur 1 bln tapi beberapa hari ini kalau habis menyusui sering seperti orang kesedakaan jadi kadang-kadang sampai keluar lagi susunya, tolong bagaimana cara mengatasinya ? terimakasih

  36. ee-van mengatakan:

    Dok…anak sy umurnya 5 bln. wkt imunisasi dokter memriksa testisny hnya 1…
    kmudian qta dsuruh konsul ke spesialis bedah anak…
    apakah ank sy sakit…??
    n berbahaya ga…??
    tlg jwban scepatnya…
    thanx b4

  37. almira naila mengatakan:

    Tlong infonya baby saya naila umur 5bulan udah 2hari nie demam trus tangan nya sering dimasukkan kemulutnya, udh saya consultasi ama dokter dan dikasih omat infuenza baby tapi condisinya masih belum sehat.. Apa pengararuh mau tumbuh giginya ya.. Mohon infonya thanks

    • Bunda zahra mengatakan:

      Hai,bunda naila,ga ap kok anak anda masukkan tangan k mulut,krna dgn mulut byi bunda sdang melatih syaraf oromotorna,mngkin krna gusina itu gatel.anak sy jg sprti itu kok.malah anak sy bru usia 7bln,gigina mau 6,jd jgn khawatir y bu.

  38. ibu putra mengatakan:

    anak saya baru 2 bln brtnya skrg 6kg,waktu lahir brtnya 3,9 apakah itu normal?SJK UMUR 1 bln dia sprt org kelaparan dan suka masukan tangannya ke mulut trs ibu sya menyarankan untk ngasih pisang ambon yg mau sya tyakan apakah ada pengaruhnya untk kesehatan anak sya?

  39. tedi mengatakan:

    salam kenal, seneng deh akhirnya bisa menemukan blog ini! punten mo nanya nih! anak saya usianya baru 2th. kalo tidur suka ngorok kayak lg pilek padahal kalo siang sehat-sehat aj. pertanyaan saya berbahaya tidak ya? penyebabnya apa? trus gimana cara mengatasinya? makasih

    • winda mengatakan:

      Tidak berbahaya koq. Raushan dulu juga begitu. Tidak diberi apa-apa, hanya rutin minum ASI, lama kelamaan hilang sendiri :)

  40. Ahmad mengatakan:

    Anak saya usia 40 hari nafasnya grak grok. saya konsultasi ke dokter ada yg mengatakan kemungkinan pada saat lahir dokternya kurang bersih menyedot air ketuban yg terhirup. ada yg mengatakan normal karena memang rongga hidung yang belum terbentuk sempurna. tapi apakah ada kemungkinan anak saya mengalami polip?ada yg bisa memberikan pandangan?

    • admin mengatakan:

      saya juga mengalami hal yang sama bu.. dan telah dikonsultasikan ke dokter juga dikatakan normal. Dan memang hingga sekarang usia bayi saya 5 bulan suara “grok-grok” berangsur hilang, yang penting utamakan minum ASI kata dokter, kalau minum susu formula katanya suaranya bisa tambah keras

      • Andreas mengatakan:

        ternyata banyak yang mengalami mslh yang sama, anak saya umur 4 bulan jg nafasnya grak grok, dokter jg mengatakan hal yg sama, tapi sbg orang tua saya msh saja kuatir soalnya anak saya yg pertama tdk spt itu

  41. Sophiea mengatakan:

    Bundanya minum madu.kmrn bayiQ jg btuk.brdahak.aq rajin minum madu,alhamduliILLAH bayiQ smbuh.Dahaknya keluar lwat fses/pup nya..

  42. winda mengatakan:

    Thanks infonya…
    Tadi pagi baby Raushan juga baru saja diimunisasi DPT 1. Sampai rumah agak demam, tapi cepat hilang setelah diberi obat penurun panas ‘paracetamol’. Malam ini badan Raushan seperti biasa lagi, tidak demam sama sekali. Semoga besok keadaan Raushan lebih fit lagi :)

  43. kurnia mengatakan:

    tolong donk… ank

  44. kurnia mengatakan:

    tolong donk…ankqu bru brumur 1bulan 19hr. udah seminggu ini ankqu tidak BAB. padahal aku udah coba mkn buah2an sperti jeruk dan pepaya. anakqu ASI.aku juga udah bawa ke dokter, tapi gak ada hasilnya. anakqu blm BAB juga. Anakqu msi bsa buang angin dan tidak muntah. tlong donk solusinya. di tunggu secepatnya. tq

    • aie mengatakan:

      pengalamanku sih.. anakku pun sempat seperti itu, ketika nanya k bidan; selama masih ASI, masih aman. n itu tuh dalam rangka penggemukkan badan anak.

  45. deyan mengatakan:

    anak saya kebiasaan memakai AC, apakah AC tidak berpengaruh buruk bg kshatan bayi saya ? Pada suhu berapa sebaiknya dalam penggunaan AC pada bayi ? Tq

  46. Mamah angello mengatakan:

    Saalaam
    Anak kuu 7 bulan … brusan di suntik DPT tapi koq bagian yang disuntik jadi bengkak iiaah ??????
    Mohon jawaban nya.

  47. robby mengatakan:

    dah, dikompres & diberi obat penurun panas, panas turun sebentar dan naik lg, apa tindakan selanjutnya dan apakah tidak berbahaya?
    thanks

  48. gio mengatakan:

    alhamdulillah dapt info bermanfaat

  49. meilin mengatakan:

    tolong ya .. sya khawatir dngn penyakit apa yg diderita kopanakan saya usia 1 tahun. demam slama 2 mnggu d RS. apakah tidak bahaya?
    badan panas, kurang aktif,blm tumbuh gigi.

  50. meilin mengatakan:

    mohon dibalas yaaaa,terimakasih.

Leave a Reply