PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Kegemaran bayi

Seperti yang kita tahu, bayi juga memiliki kegemaran tertentu, seperti menghisap jempol, menggigit dan memakan mainannya. Kadangkala hal ini disebabkan karena giginya akan tumbuh atau karena rangsangan lainnya dari dalam tubuh bayi.

bayi menghisap jempol

Ibu harus mengawasi bayi mereka supaya tidak melakukan kegemaran bayi tersebut. Selain karena tidak higienis, hal tersebut dapat mempengaruhi struktur gigi dan jempol bayi. Jempol bayi akan muncul seperti kutil dan juga struktur gigi tidak akan rapi. Walaupun tidak mungkin bagi ibu untuk selalu mengawasi bayinya, hal tersebut dapat diakali.

Ibu dapat memberi bayi kue padat yang memang dirancang sebagai mainan sekaligus makanan bayi. Bentuknya mudah dipegang dan teksturnya padat namun dapat hancur bila terkena air liur bayi. Kue padat tersebut memiliki bermacam-macam rasa yang pasti akan disukai bayi.

Pemberian kue padat ini dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Bayi dapat terus menggigitnya dan kue tersebut dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi sekaligus higienis dan menyehatkan.

Ibu juga dapat memberikan dot tanpa tabung untuk dihisap bayi supaya bayi tidak menghisap jempolnya sendiri. Namun pemberian dot ini juga tidak boleh terlalu lama dan ibu harus sering-sering mengganti dot tersebut dan jangan tunggu hingga rusak. Hal ini untuk menjaga kehigienisan dot dan menghindari masuknya kuman-kuman berbahaya ke tubuh bayi.

Bayi juga gemar menggerak-gerakkan anggota tubuhnya terutama jika dia melihat hal-hal yang membuatnya gembira seperti mainan atau jika digoda. Bayi yang aktif menandakan bahwa perkembangan motorik serta otaknya sangat bagus.

Dukung perkembangan bayi anda dengan memberi mainan yang tepat, dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan asupan gizi dan kebersihan tubuhnya.

6 Comments to “Kegemaran bayi”

  1. desak mengatakan:

    :lol:
    nice artikel…
    thanks dah kasi masukan yg bermanfaat bgt bagi saya n bayi

  2. ida mengatakan:

    bagus dan terima kasih. bayiku dah satu tahun tapi kadang masih menghisap jempol. memang harus diingatkan. sekarang sudah tidak lagi

  3. Vanya nurShaumy mengatakan:

    Jadi pinter bgt dech klo dah baca artikel ini….goodjob…

  4. yuli mengatakan:

    menurut psikologi perkembangan anak : anak dibawah 1 thn adalah masa anak mengeksplorasi segala sesuatu lewat mulut…mrk cenderung utk menggigit, menghisap,dll. biarkan mereka mengeksplor sambil kita menjelaskan bahwa ada yg bs d makan dan ada yg tidak. jika kita lsg bilang tidak boleh tanpa penjelasan berarti kita tlah mematikan 1 sel otak yg sedang berkembang..dan itu akan sulit lg utk berkembangnya…

  5. cha cha mengatakan:

    my sweet baby … hmmm ,, ^_^

  6. yosephine mengatakan:

    slain d ganti,akan lebih baik pula jika dot d rendam air panas sblm d gunakan dan setelah d gunakan.

Leave a Reply