PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
JAUNDICE ATAU SAKIT KUNING PADA BAYI

Ketika lahir, buah hati kita baru memiliki banyak zat kimia dalam darahnya, antara lain bilirubin, karena hati dari buah hati kita memerlukan waktu sedikitnya tiga hari untuk menguraikan zat ini, sehingga buah hati kita terkena penyakit jaundice atau sakit kuning, dengan gejala sakit kuning ini adalah kulit bayi akan terlihat berwarna hijau-kekuningan atau bagian putih dari mata bayi akan terlihat kuning selain itu salah satu tanda penyakit hati adalah warna tinja bayi yang pucat dan bukannya kuning tua.

Hampir semua bayi baru lahir akan kuning di hari ke-3. Itu sebabnya, seluruh bayi perlu diperiksa kadar bilirubin dalam darah pada hari itu. Normalnya, kadar bilirubin adalah 0-1 mcg. Namun, sampai hari ke-7, kadarnya bisa saja naik sampai 12 mcg, jika jumlah bilirubin meningkat terlalu tinggi bayi mungkin mengantuk.

Tingkat bilirubin yang sangat tinggi dapat mengakibatkan masalah pendengaran dan kerusakan otak. Dirumah sakit, diperhatikan agar tingkat bilirubin tidak terlalu tinggi. Penyakit kuning juga mungkin disebabkan oleh penyakit hati. Oleh karena ini, penting agar Anda menghubungi dokter anak.

Dalam pengobatan sakit kuning tidak ada sesuatu yang luar biasa, karena biasanya penyakit kuning akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apapun, adapun obat sakit kuning adalah dengan memberikan ASI eksklusif kepada buah hati anda, karena ASI eksklusif mengandung banyak zatĀ  alami yang bisa melindungi buah hati anda dari penyakit, namun apabila sakit kuning yang di derita buah hati anda terlihat cukup parah mungkin ada baiknya anda menggunakan terapi pengobatan dengan cahaya, karena menurut penelitian cahaya dapat memecahkan bilirubin dalam kulit dan menjadikan penyakit kuning semakin pudar.

Perawatan cahaya ini mungkin mengakibatkan bayi membuang tinja yang cair atau bisa juga dengan menjalani transfusi darah khusus di mana darah bayi diganti (ditukar) dengan darah yang bersih untuk membuang bilirubin dari tubuh.

Leave a Reply