PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Inveksi Kulit akibat Virus

Infeksi Virus
Penyakit kulit yang termasuk infeksi virus yaitu:

  1. Cacar Air
    Disebabkan Varicella Zoster Virus (VZV). Cacar air berbeda dengan cacar atau infeksi kulit yang disebabkan virus variola. Cacar air ditularkan melalui udara atau berpindahnya isi cairan. Jika masih stadium lenting-lenting isi air, harus dijaga agar lenting-lenting itu tidak pecah. Karena, bila tidak pecah dan diberi obat yang baik, maka akan direabsorbsi oleh tubuh hingga tidak meninggalkan bekas.

    Bayi/anak yang pernah terinfeksi VZV akan mengalami kekebalan tetapi kekebalan ini sifatnya hanya sebagian. Jadi, suatu saat bayi/anak dapat terinfeksi VZV lagi. Pada infeksi pertama, VZV menyebar melalui aliran darah dan saat penyembuhan virus akan berdiam di simpul saraf.

    Jika suatu saat bayi/anak tersebut berkontak lagi dengan VZV dan kebetulan kondisi tubuhnya sedang menurun, dapat terjadi infeksi Herpes Zoster (cacar ular). Pada keadaan ini, terjadi reaktivasi VZV dan virus akan keluar dari tempat persembunyian, lalu menyebar mengikuti persarafan kulit yang terkena.

  2. Moluskum Kontagiosum (MK)
    Penyakit kulit ini cirinya mirip kutil, namun pada Moluskum Kontagiosum permukaan kulit terasa halus, berbeda dengan kutil yang kasar. Isinya seperti jerawat batu tapi lebih gendut, dengan bagian tengah berbentuk agak cekung.

    Biasanya Moluskum Kontagiosum sulit diketahui awam, bahkan dokter umum pun kadang salah menganalisa. Moluskum Kontagiosum sangat infeksius, jika ada satu, lalu si kecil garuk-garuk, akan menyebar ke mana-mana.

    Cara mencegahnya cukup dengan menjaga higiene kulit dan mencegah kontak dengan penderita.

4 Comments to “Inveksi Kulit akibat Virus”

  1. ema mengatakan:

    Saya punya anak umur 6 bulan . anak saya itu dipinggir mata kanan dan kirinya ada bercak putih (awalnya merah) yg agak melebar +/- 2-4 cm. Kalau kata dokter anak dan dokter kulit katanya alergi air mata terus kata dokter kulit katanya gak apa2 nanti juga hilang. Tp saya rasanya kok merasa terganggu melihatnya, karna sudah 2 bulan gak hilang2. Mohon bantuan pakar , ada cara yang jitu utk menghilangkan bercak itu dgn mudah…??? Thanks ya.

  2. Rani Setiawati mengatakan:

    Maaf Ibu Ema… Sepertinya problem kita sama. Anak saya juga sedang beranjak 6 bulan dan dipinggir mata kiri bagian dalam dekat hidung ada bercak putih seperti bekas cacar (beberapa hari sebelumnya berwarna merah). Maaf Ibu Ema apakah sudah dapat informasi mengenai ini dan sudah mengetahui tindakan yang harus dilakukan? Saya mohon kiranya Ibu Ema bisa berbagi informasi dengan saya. Karena saya sudah coba menanyakan kepada dokter spesialis anak saya tapi jawabannya kurang bisa saya terima.

    Terima kasih,

    Rani Setiawati
    081319777973 / 33829416
    ranisetiawati#rocketmail.com

  3. dwi supriyadi mengatakan:

    aanak saya usia 10bln,sdh dua bln terkena moluskum dan perkembangan kutilnya sangat cpt byk…saya mau tanya dr mana virus tsb datang dan apa obatnya

  4. sawitri mengatakan:

    anak saya 5 th, terkena moluskum,kata dokter krn virus. pengobatannya harus dikeluarkan isi dari kutil kecil tsb, lalu di oleskan salap sagestam. apakah ada cara pengobatan yg lain? karena agak sulit untuk memecahkan dan mengeluarkan isinya. harap dibalas dengan segera,krn saya sangat membutuhkan informasi ini, terima kasih

Leave a Reply