PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Infeksi Parasit Pada Kulit

Infestasi Parasit
Pada infestasi biasanya penyebab penyakit tidak masuk ke dalam aliran darah tapi hanya ke dalam lapisan kulit. Di antara berbagai infestasi parasit kulit yang mungkin dijumpai pada bayi adalah skabies atau gudik, yaitu penyakit kulit yang disebabkan infestasi dan reaksi sensitisasi terhadap tungau sarcoptes scabiei varian hominis. Betina yang hamil bersarang dalam lapisan tanduk dari epidermis.

Di sini ia bertelur beberapa butir setiap hari yang menetas mengeluarkan banyak pinjal muda yang makan dalam orifisium dari glandula skretoris. Sarang tampak sebagai garis putih dengan tepi yang tidak teratur, pada akhir sarang ini terdapat tempat pinjal. Ciri-cirinya, yaitu gatal di waktu malam.

Gudik biasanya menyerang orang yang hidup di lingkungan padat dan bersesakan, misalnya asrama atau panti. Kelainan ini terjadi pada kulit dengan lapisan tanduk yang tipis dan relatif lembab seperti di sela-sela jari, lipat ketiak, puting susu, pusar, perut bawah, kemaluan.

Umumnya pipi, leher dan kepala bebas lesi ( bebas dari kelainan ) kecuali bayi yang masih menyusu ASI. Karena, ketika menyusu, pipi bayi terkena payudara penderita. Terlebih lagi, karena daya tahan bayi masih lemah hingga gudik ini bisa meluas ke mana-mana termasuk leher dan kepalanya.

10 Comments to “Infeksi Parasit Pada Kulit”

  1. lita nurhayati mengatakan:

    :razz: mau dong artikel tenteng meningocel atau emphalocel

  2. [...] jangan dibiarkan terlalu lama. Selain dapat menyebabkan gatal, popok basah juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit [...]

  3. lelykhairani mengatakan:

    gmn cara mengobati skabies ini?

  4. andjar mengatakan:

    anak saya 1 th,saat ini kulitnya seperti biduran tapi areanya sempit. Badan tdk panas.Jenis makanan jg tidak beda seperti biasanya. Da pa ya Dok…..trus harus bagaimana ????

  5. ina mengatakan:

    dear, pakar bayi, halo…. Sy mau tnya apakah penykit gundik ini bs membahayakan si anak dan apakh bs berpengruh pd brt bdn atau kesehatn lain nya trus bgmn solusi utk mengatasi nya, di ttgu jwbanny, trim’s.

  6. itok santoso mengatakan:

    thanks infonya,sangat bermanfaat buat saya yang sedang menungu kehadiran anak

  7. Lina mengatakan:

    bayi sy laki2 umur 8 bln,pd daerah kemaluannya ada bercak2 merah dan sering pakai diapers.apa obatnya?apa tdk berbahaya klau sering memakai diapers?

  8. [...] jangan dibiarkan terlalu lama. Selain dapat menyebabkan gatal, popok basah juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit [...]

  9. [...] jangan dibiarkan terlalu lama. Selain dapat menyebabkan gatal, popok basah juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit [...]

  10. [...] jangan dibiarkan terlalu lama. Selain dapat menyebabkan gatal, popok basah juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit [...]

Leave a Reply