PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Hitung Gerakan Janin, yuk!

menghitung gerakan janinIbu, berapa usia kandungan Ibu saat ini? Apakah Ibu sudah merasa ada gerakan-gerakan kecil dalam perut Ibu? Jika Ibu dapat merasakan janin bergerak, baik gerakan halus dan kuat, artinya calon bayi Ibu baik-baik saja. Bila Ibu merasa janin tidak aktif seperti biasanya, kemungkinan besar ia sedang tidur atau malas bergerak. Namun jika janin diam untuk waktu yang cukup lama, hal ini harus menjadi perhatian Ibu.

Seperti dilansir dalam firstcandle.org, para dokter menyarankan Ibu untuk menghitung dan mencatat gerakan janin setiap hari sejak minggu ke 28. Waktu terbaik untuk mengamati gerakan janin adalah pada malam hari saat Ibu berbaring santai atau setelah ibu makan makanan ringan. Dengan rutin menghitung gerakan janin, akan terlihat pola normal gerakan janin Ibu.
Penelitian menunjukkan bahwa pola gerakan janin yang menurun secara drastis dapat menjadi sinyal awal adanya masalah pada janin.

Untuk menghitung gerakan janin, pilih waktu dimana janin biasanya sangat aktif. Hitung setiap gerakan yang Ibu rasakan sebanyak satu hitungan, gerakan yang halus ataupun kuat. Hitung waktu yang Ibu perlukan untuk mendapatkan 10 hitungan, sebagian besar Ibu hamil mencatat 10 hitungan terjadi dalam waktu 30 menit, namun juga dapat terjadi dalam dua jam.
Ulangi pengamatan mulai dari minggu ke 28 hingga minggu ke 40. Dalam satu atau dua minggu, jumlah waktu yang dIbutuhkan untuk 10 hitungan bervariasi, namun sebagian besar akan berada pada waktu yang sama.
Lalu bagaimana jika terjadi perubahan pola pada gerakan bayi Ibu? Bawalah hasil pengamatan Ibu pada dokter, dan minta saran pada dokter Ibu. Namun, sebaiknya Ibu segera menghubungi dokter jika terjadi hal-hal berikut :

- Jika gerakan janin semakin berkurang setiap hari atau bahkan tidak bergerak pada suatu hari tertentu.
- Jika dalam periode normal saat janin Ibu aktif namun Ibu tidak merasakan 10 gerakan, ulangi pengamatan setelah satu atau dua jam. Dan apabila dalam pengamatan ulang, Ibu kembali tidak mendapatkan gerakan apapun selama dua jam, Ibu dapat menghubungi dokter.

Selamat memulai pengamatan pada janin Ibu, dan pastikan janin tidak sedang tertidur ketika Ibu mulai menghitung.

2 Comments to “Hitung Gerakan Janin, yuk!”

  1. dede bayi mengatakan:

    Thanks, sangat informatif sekali,, artikel yang sangat bermanfaat jadi tau deh cara merawat bayi agar cerdas. dengan mengetahui pergerakan bayi setiap hari, maka kita yakin akan mendpatkan bayi yang sehat,, amin..

  2. diana mengatakan:

    lagi hamil niii,jadi pngen tw bnyk kn bgus tuuh pengthn ky gni

Leave a Reply