PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Bayi Cacat

Kehamilan merupakan proses alami bagi wanita. Dan semua wanita pasti mengharapkan bayi dalam rahimnya terlahir dengan sempurna. Tetapi karena beberapa sebab wanita dapat mengalami gangguan kehamilan yang menyebabkan bayi lahir dengan cacat bawaan.

Alkohol dan rokok.

Dua barang ini sejak lama telah terbukti secara medis menimbulkan banyak gangguan kehamilan bahkan menyebabkan bayi cacat bawaan. Alkohol bersifat teratogen atau mampu menimbulkan gangguan pada perkembangan embrio janin sehingga bayi lahir dengan fisik yang tidak sempurna. Janin yang terpapar alkohol beresiko mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), yaitu sindrom yang menyebabkan kelainan pada fisik dan otak bayi.

Di Amerika alkohol merupakan penyebab utama bayi lahir cacat dari ibu usia 18-44 tahun yang mengkonsumsi alkohol. Alkohol yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan masuk ke dalam tubuh janin melalui plasenta, yang kemudian merusak perkembangan janin terutama organ otak, pada kondisi yang parah bahkan dapat menyebabkan kegagalan janin. Jenis cacat akibat FAS dapat beraneka ragam, beberapa di antaranya yaitu ukuran kepala bayi kecil, gangguan pendengaran, kerusakan organ hati, gangguan penglihatan, dan cacat fisik.

Gejala ini dapat terus berkembang hingga bayi besar dengan bentuk terlambat berbicara, hiperaktif, dan IQ rendah. Tak berbeda jauh dengan alkohol, rokok juga memiliki kemampuan merusak perkembangan janin. Wanita hamil yang merokok berarti juga memberikan racun berbahaya bagi janin. Rokok dapat menurunkan pasokan oksigen bagi janin, sehingga mengganggu perkembangan otak serta fisik bayi dan beresiko besar pada kelahiran bayi cacat seperti bibir sumbing dan cacat jantung. Jurnal sains yang diterbitkan oleh American Cleft Palate-Craniofacial Association menyebutkan bahwa merokok terkait dengan cacat bibir umbing atau cacat rongga mulut pada bayi yang lahir dari ibu perokok.

Obat-obatan.
Penggunaan beberapa jenis obat pada saat kehamilan dapat menyebabkan kelahiran bayi cacat. Misalnya pada ibu hamil yang mengkonsumsi obat hipertensi jenis captopril. Captopril merupakan inhibitor enzim yang bekerja untuk mengontrol tekanan darah. Tetapi obat ini memiliki resiko negatif bagi janin, karena bersifat teratogen (merusak perkembangan janin). Pada tahun 1984 National Institute of Health merekomendasikan larangan penggunaan obat ini pada masa kehamilan, karena melalui penelitian obat ini terbukti dapat menyebabkan penurunan aliran darah dan oksigen ke janin. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya banyak penelitian membuktikan bahwa paparan captopril menyebabkan kelahiran bayi cacat seperti cacat jantung, bibir sumbing, anggota badan tidak lengkap, polydactyly (jari ganda), hipospadia (kelainan alat vital), spina bifida (kelainan tulang belakang) dan keterlambatan fungsi paru-paru.

Paparan bahan kimia.
Beberapa bahan kimia dapat menyebabkan bayi cacat, merkuri atau raksa contohnya. Merkuri yang digunakan oleh ibu hamil dapat masuk dan mengendap di tubuh janin. Riset menunjukkan bahwa merkuri dapat menyebabkan bayi cacat sejak dalam kandungan maupun pasca persalinan dalam bentuk keterbelakangan mental, bisu, buta, dan kejang.

Malnutrisi.
Malnutrisi atau gizi buruk banyak menyebabkan gangguan kehamilan dan kelahiran bayi cacat terutama di beberapa negara miskin. Kekurangan vitamin A, B, K, kalsium, yodium, magnesium, asam folat, tiamin, dan riboflavin terbukti menimbulkan cacat pada bayi. Kekurangan jenis tiap nutrisi memberikan efek cacat yang berbeda-beda, tetapi secara umum malnutrisi menyebabkan bayi cacat jantung, kaki pincang, bibir sumbuing, hidrisefalus, kerdil, buta, cuping telinga melengkung, dan keterbelakangan mental. Bahkan malnutrisi juga dapat menyebabkan kegagalan janin, hal ini sangat banyak terjadi pada wilayah-wilayah yang mengalami krisis ekonomi dan pangan.

Genetik.
Dalam beberapa kondisi genetik juga menjadi faktor penyebab bayi cacat dan kegagalan janin, yaitu kelainan gen tunggal, kelainan kromosom, dan multifaktorial. Kelainan gen tunggal merupakan cacat yang diwariskan dari orang tua ke bayi, disebabkan oleh kerusakan enzim yang berfungsi memecah asam amino fenilalanin. Bentuk cacat ini dapat berupa kerusakan syaraf pusat yang menyebabkan kematian. Kelainan kromosom dapat menyebabkan cacat pada bayi dengan bentuk beragam salah satunya keterbelakangan mental. Dan multifaktorial dapat disebabkan karena mutasi DNA dan paparan zat berbahaya pada janin, contohnya kelainan tulang belakang dan kurangnya volume otak bayi.

23 Comments to “Hal-Hal Yang Bisa Menyebabkan Bayi Cacat”

  1. elda mengatakan:

    alhamdulillah sy dibrkan anak yang sangat sempurna. Amin

  2. retno mengatakan:

    Alhamdulillah, biarpun anak saya dua-duanya perempuan, tapi Tuhan menganugerahi kmi bayi yg sehat dan sempurna…

  3. safarudin mengatakan:

    semoga anak saya yang akan segara lahir diberikan kesehatan tanpa kurang satu apapun
    dan terimakasih untuk informasinya..

  4. dedy mengatakan:

    kenapa di pipi anak timbul bercak merah sebesar koin 25 rupiah pak/buk,mohon infonya,,makasih

    • depri mengatakan:

      Menurut saya dikarenakan infeksi kulit melalui kuman yang datang melalui tetesan/percikan ASI Sang Bunda,sebaiknya setelah menyusui ada baiknya daerah sekitar bibir anak dilap dengan kain lembut yang diberi sedikit air. Semoga bermanfaat..

  5. depri mengatakan:

    Bagi anda sekalian dalam proses kehamilan semoga dikaruniai anak yang sehat dari Allah SWT..
    Dan bagi anda yang sedang diberi cobaan melalui anak yang kurang sehat semoga mendapat limpahan rahmat dan kegembiraan yang tak terkata dari titipan anda tersebut. Amieen ya Rabb. Dan syukur alhamdulillah,kami baru dititipkan anak yang sehat.

    • jody mengatakan:

      gmna ketika waktu hamil 2 bulan,minum jamu wayang atau obat yang buat datang bulan,,,apa kah bisa cacat bayi nya??
      gmna solusi nya?
      trmkash…

  6. ika mengatakan:

    saya bersyukur bayi saya dalam keadaan sehat,tapi ada kekurangan pada bayi saya,,telinganya tidak terbentuk sempurna,,dan tidak ada lubang di kedua telinganya..padahal saya setiap bulan selalu usg dan ke dokter..dan ini adalah anak pertama saya..semoga ada jawaban yang bisa membantu untuk mencari jalan keluarnya..trima kasih

    • nida mengatakan:

      mbak bisa minta no hp nya nggak?untuk sharing……
      anak saya jg bentuk telinganya kurang sempurna dan tidak ada lubang telinganya.
      ini no hp saya 085696439478

  7. nuni mengatakan:

    aku sering bget sakit kpala slama hamil,trus aku minum obat”an warung sperti misagrip,dan bodrek,kira” klo aku sering minum”an obat seperti itu dapat berdampak vatal ga yhh terhadap janin saya???????

    • aisyah mengatakan:

      klo setau sya tiap mau konsumsi obat bg ibu hamil harus selalu tnya dahulu pada bidan / dokter. dikhawatirkan obat warung seperti itu tidak bagus bagi janin..

  8. kiky mengatakan:

    Yth Bpk Depri, mohon masukannya, saya positif hamil usia 4 minggu, tapi saya agak khawatir karena sebelum tau saya sedang hamil saya sering mengkonsumsi obat dokter, karena sering sakit batuk yang disertai sesak, kira2 obat2 itu akan berpotensi menyebabkan kecacatan pada janin ga y? terimakasih.

  9. aisyah mengatakan:

    ya Alloh semoga janin saya sehat hingga sy melahirkan nanti..aamiiiin
    terima kasih bnyk atas infonya.

  10. Bu eni mengatakan:

    Thanx bt Informasiy
    mdah2n anak saya yg akan lahIR bln 8 Ne..
    Sht2 dan tak kurang suatU apapuN.
    Amin

  11. yuni mengatakan:

    terimakasih banget atas artikelnya….jadi saya tau mana makanan yg saya harus jauhi pada saat hamil

  12. danis mengatakan:

    Alhamdulillah anak saya dua-dua sehat sehat semua. semoga menjadi anak yang sholeh dan sholehkah Amin

  13. april mengatakan:

    ya allah smga ank yg ad d’dlm kndungn aqu bsa sehat dn sempurna…aammiieenn

  14. Elvira mengatakan:

    Thanx Lord anak saya sehat dan tak kurang apa2.

  15. Vera mengatakan:

    saya sedang hamil 1 minggu, tapi karena pekerjaan saya seorang guru, saya bawa buku pelajaran, soal anak-anak yang lumayan berat,,,!!!Yang saya mau tanya, apa klo bawa sesuatu yang berat itu nantinya akan beresiko untuk perkembangan bayi saya??Terimakasih

  16. yeni mengatakan:

    semoga anak saya yang akan lahir bulan depan. lahir dengan sehat dan tak kurang 1 apa pun… amiiinnn….
    terima kasih info nya….

  17. Lia pietersz mengatakan:

    usia kehamilan saya sudah 7 bulan. tp saya selalu takut dgn perkembangan bayi saya. soalnya semenjak awal kehamilan, saya tdk pernah mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. apa itu berbahaya bagi janin saya?

  18. nani rohani mengatakan:

    Kehamilan saya bru masuki bulan ke dua muda2han tdak trjadi apa2 dngan bayi sya
    Sya lbih bnyak pngetahuan dngan baca brbgai cra mengatasi agar bayi bsa tumbuh shat dan normal
    Trimakasih

  19. amanda mengatakan:

    Mudahan tak terjadi apa hal pada bayi yg sy kandung, karena minggu pertama sy tak tau sy hamil sy makan obat diet, minum alcohol dan rokok. Sy ingin tanya apa akan terjadi dng bayi dlm kandungan sy,???

Leave a Reply