PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Gejala Dan Tindakan Pengobatan

Gejala-gejala Klinis
Adapun manifestasi klinisnya yaitu :

  1. Lepuh
  2. Gelembung yang berisi cairan
  3. Kemerahan  pada kulit
  4. Luka lecet
  5. Bintil padat atau bintil bernanah yang kemerahan dengan rambut di tengahnya.
  6. Rasa nyeri sendi
  7. Mengigil
  8. Sakit kepala
  9. Muntah
  10. Demam
  11. Kelesuan
  12. Gatal
  13. Rasa terbakar

Pemeriksaan Fisik

  1. Pada inspeksi terlihat kemerahan pada kulit, gelembung berisi air, luka lecet, lepuh dan bintil bernanah yang kemerahan dengan rambut di tengahnya.
  2. Pada palpasi ditemukan beberapa penderita suhu tubuhnya meningkat, terasa nyeri saat di tekan pada daerah yang terkena infeksi dan teraba infiltrat di sub kutan.

Pemeriksaan Diagnostik

  1. Pemeriksaan darah tepi.
  2. Dermatografisme putih. Penggoresan pada kulit normal akan menimbulkan tiga respon, yakni berturut-turut akan terlihat garis merah ditempat penggoresan selama 15 detik, warna merah disekitarnya selama beberapa detik, dan edema timbul setelah beberapa menit. Penggoresan pada pasien yang atopik akan bereaksi berlainan. Garis merah tidak disusul warna kemerahan, tetapi kepucatan selama 2 detik sampai 5 menit, sedangkan edema tidak timbul.
  3. Percobaan histamin. Jika histamin fosfat disuntikkan pada lesi, eritema akan berkurang dibandingkan orang lain sebagai kontrol. Kalau obat tersebut disuntikkan parentral, tampak eritema yang bertambah pada kulit yang normal.
  4. Kultur dan tes resistensi dilakukan pada kasus-kasus kronis dan sukar sembuh. Hasil tes resistensi hanya bersifat menyokong, in vito tidak selalu sesuai dengan in vitro.
  5. Pemeriksaan langsung. Kerokan kulit atau usapan mukokutan diperiksa dengan pewarna gram, terlihat gambar gram positif, sel ragi, blastospora atau hifa semu.
  6. Biopsi eksisional dan diperiksa dengan pewarnaan HE.

Penatalaksanaan

Pada penatalaksaan umum faktor higiene bayi dan lingkungan harus diperhatikan.

  1. Menghindari faktor pencetus/ predisposisi
  2. Diberikan kompres terbuka.
  3. Sistemik
  4. Penisilin G prokain dan semisintetiknya
    • Penisilin G prokain 1,2 juta unit per hari i.m. dosis anak 10.000 unit/kgBB/hari.
    • Ampisilin 4 x 500 mg, 1 jam sebelum makan. Dosis anak 50-100 mg/kgBB/hari dibagi dalam 3 dosis.
    • Amoksisilin 4 x 500 mg, dapat diberikan setelah makan. Dosis anak 25-50 mg/kgBB/hari dibagi dalam 3 dosis.
    • Golongan β-laktam, contohnya oksasilin, kloksasilin, dikloksasilin, flukoksasilin. Dosis kloksasilin 3 x 250 mg per hari sebelum makan. Dosis flukloksasilin untuk anak-anak adalah 6,25-12,5 mg/kgBB/hari dibagi dalam 4 dosis.
  5. Linkomisin dan klindamisin. Dosis linkomisin 3 x 500 mg sehari. Klindamisin 4 x 150 mg sehari per oral karena diabsorpsi lebih baik. Dosis linkomisin untuk anak-anak adalah 30-60mg/kgBB/hari dibagi dalam 3-4 dosis, sedangkan klindamisin 8-16 mg/kgBB/hari atau sampai 20 mg/kgBB/hari pada infeksi berat, dibagi dalam 3-4 dosis
  6. Eritromisin 4 x 500 mg sehari per oral. Efektivitasnya kurang dibandingkan linkomisin/klindamisin. Eritromisin cepat menyebabkan resistensi dan sering menimbulkan gangguan pada traktus gastrointestinal, antara lain sering memberikan rasa tidak enak di lambung. Dosis anak 30-50mg/kgBB/hari dibagi dalam 4 dosis.
  7. Sefalosforin misalnya sefadroksil 2 x 500 mg sehari per oral. Dosis untuk anak 25-50 mg/kgBB/hari dibagi dalam 2 dosis.
  8. Tablet nistatin untuk menghilangkan infeksi fokal dalam saluran cerna, obat ini tidak diserap oleh usus.
  9. Antihistamin sebagai kompetitif histamin. Dapat digunakan golongan sedasi (klasik) maupun nonsedasi (AH baru).

Topikal

  1. Bentuk salep atau krim kombinasi basitrasin dan neomisin, kortikosteroid.
  2. Solusio mupirosin 5 %
  3. Garam fusidat 2 %
  4. Pada lesi yang eksudatif atau penuh krusta perlu diberikan kompres terbuka, contohnya larutan permanganas kalikulus 1/5000, larutan rivanol 1 % dan yodium povidon 7,5 % yang dilarutkan 10 kali. Yang terakhir ini lebih efektif, hanya pada sebagian kecil mengalami sensitisasi karena yodium. Rivanol mempunyai kekurangan karena mengiritasi kulit.
  5. Larutan ungu gentian ½-1% untuk selaput lendir, 1-2% untuk kulit, dioleskan sehari 2 kali selama 3 hari.Nistatin berupa krim, salep dan emulsi.Amfoterisin B
  6. Grup azol antara lain :
    • Mikanazol 2% berupa krim atau bedak.
    • Klotrimazol 1% berupa bedak, larutan dan krim.
    • Tiokonazol, bufanazol, isikonazol.
    • Siklopirokzolamin 1 % larutan, krim.
    • Antimikotik lain yang berspektrum luas.
  7. Belerang endap (sulfur presipitatum) 4-20% dalam bentuk salep atau krim. Pada bayi sulfur presipitatum 5% dalam minyak sangat aman dan efektif. Kekurangannya adalah pemakaian tidak boleh kurang dari 3 hari karena tidak efektif terhadap stadium telur, berbau, mengotori pakaian dan dapat menimbulkan iritasi.Emulsi benzil-benzoat 20-25% efektif terhadap semua stadium, diberikan setiap malam selama 3 kali. Obat ini sulit diperoleh, sering menimbulkan iritasi dan kadang-kadang makin gatal setelah dipakai.
  8. Krotamiton 10% dalam krim atau losio mempunyai efek sebagai antiskabies dan antigatal. Harus dijauhkan dari mata, mulut dan uretra. Krim (eurax) hanya efektif pada 50-60% pasien. Digunakan selama 2 malam berturut-turut dan dibersihkan selama 24 jam pemakaian terakhir.
  9. Krim permetin 5% merupakan obat yang paling efektif dan aman karena sangat mematikan untuk parasi S. Scabiei dan memiliki toksisitas rendah pada manusia.

Pencegahan

Cara mencegah penyakit kulit ini yaitu cukup dengan menjaga higiene kulit misalnya memandikan secara teratur, yaitu dua kali sehari, rajin mengganti popok, memilih bahan pakaian yang lembut seperti bahan katun yang gampang menyerap keringat, mencegah kontak dengan penderita serta menjaga udara kamar agar tetap sejuk dan nyaman.

Ruangan dengan ventilasi udara cukup sangat dianjurkan, terutama di kota-kota besar yang panas dan pengap. Usahakan kamar balita diberi jendela lebar sehingga pertukaran udara dari luar ke dalam ruangan lancar.

14 Comments to “Gejala Dan Tindakan Pengobatan”

  1. jullay mengatakan:

    mau tanya..

    anak saya baru berusia 6,5 bulan. ada kendala pada soal makan, pada awalnya anak saya diberi makan sereal dan biskuit dari salah satu produk toko sejak sekitar umur 4 bulanan. namun akhir akhir ini anak saya sering mual-mual dan bahkan muntah setelah habis makan sereal atau biskuit yang biasa di konsumsinya. terus lagi nafsu makannya mulai menurun, yang biasanya habis sesuai takaran yang dianjurkan produk yang dimaksud, namun sekarang malah cuma bisa setengahnya saja itu pun untung jika tidak sampai muntah/keluar kembali. pertanyaanya adalah:
    1. Apakah Anak saya masih normal?
    2. Apakah penyebab mual atau muntah yang anak saya alami?
    3. apakah yang harus saya lakukan sebagai orang tua untuk mengatasi persoalan tersebut?

    demikian yang ingin saya tanyakan, mohon balasannya secepat mungkin. dan terimakasih sebesar-besarnya.

    jullay

  2. yulina mengatakan:

    terima kasih atas infonya pakar bayi.com, ini menjadi penambahan pengetahuan saya atas tindakan pertolongan segera.

  3. Rennie mengatakan:

    Selamat siang Team Pakar bayi,

    Anak saya berusia 4 bulan, beberapa hari saya perhatikan telapak tangan dan kaki anak saya suka berkeringat dan basah jika dia terlalu aktif.
    Jika di ruangan AC, telapak tangan dan kakinya dingin sekali.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah ada masalah pada kesehatan anak saya ?
    Mohon penjelasannya

    Terima kasih
    Salam
    Rennie

  4. Nethy mengatakan:

    anak saya berusia 8 bln ,ada benjolan d bawah telinga besar kira1 biji bakso kecil kemerahan dan mungkin bernanah karna blm pecah berbahayakah itu

  5. adi mengatakan:

    selamat malam team pakar bayi.com anak sayaberusia 1 bulan. dia batuk berdahak, layak nya seperti orang dewasa. solusi nya apa. terimaksih

  6. Tari mengatakan:

    Anak saya 7 bulan, sudah 2 bulan ini dibagian wajahnya timbul 3 bintil sepertinya berisi air. sudah saya periksakan kedokter, kemudian dirujuk kedokter spesialis kulit.Kami periksakan kemudian dr kulit karena kena virus (maaf saya lupa namany), sama dr. bintil tadi dikeruk, tapi kok sekarang masih ada bintilnya. trus dikasih salep Fucidin, tapi kok belum sembuh-sembuhnya,apa yang harus saya lakukan. Sekian trimakasih

  7. yuni mengatakan:

    Saya punya bayi usia 5 bulan laki2.sejak umur 3 bulan bayi saya buang air besarnya warnanya hijau.
    apakah bahaya bagi pencernaanya ??
    mohon bantuan dan pengobatannya

    yuni

  8. lisa mengatakan:

    Selamat siang Team Pakar bayi,

    Anak saya berusia 7 bulan, sudah 1 bulan ini dia BAB ada lendirnya, sudah dibawa ke dokter katanya tidak apa2, tp koq masih begitu ya sikecilnya, jadi khawatir deh…
    Apakah ada solusi untuk anak saya…
    Terima kasih ….

  9. NATALIA mengatakan:

    Anak saya perempuan berumur 7 bulan tanggal 16 Juni ini masuk 8bln, setiap kali habis BAB dia selalu menangis, padahal BAB nya tidak keras, dan saya cek anusnya tidak masalah, cuma kalau habis BAB selalu nangis terus agak mengerang, maaf seperti kalau kita org dewasa BAB keras, sperti itulah, sampai bersuara seperti menggigil.
    Padahal makanannya saya buatkan beras merah, kadang campur wortel/kentang/brokoli/bayam/ikan/kaldu ayam/kuning telur
    trus buahnya jeruk, pepaya,pisang
    yang saya tanyakan apakah kira2 itu ada hubungan dengan makanan yang saya kasih.
    Terimakasih

  10. tati mengatakan:

    anak saya berumur 15 bl pada tgl 09 des 2010 besok. ditangan anak saya minggu lalu uncul tanda kemerahan seperti bekas gigitan nyamuk. saya pikir sesuatu yg biasa, ternyata setelah tanda itu kering didaerah yg sama dan sekitarnya muncul lg, kali ini ada bintik kecil seperti nanah ditengahnya. anakku terkena penyakit apa dan obat serta cara penyembuhannya gimana ya? tq before.

    • admin mengatakan:

      ada banyak sekali jenis penyakit khususnya kulit yang dapat terjadi pada anak-anak, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter bu.. apalagi bila disertai dengan gejala demam dan sikecil mulai sering menangis. Untuk tindakan pencegahan saya menyarankan sebaiknya mencuci baju bayi dengan larutan anti kuman seperti yang banyak dijual dipasaran, dan gunakan talek untuk mengurangi kadar keringatnya

  11. mia tobing mengatakan:

    putra saya baru berumur 1 bln,anak saya luka lecet di leher dan selangkangan nya? Obat apa yg harus saya berikan? Apa penyebab lecet tersebut?

  12. rima mengatakan:

    putra saya berumur 1 tahun 2 bulan
    setiap BAB selalu menangis padahal kotorannya tidak keras/normal
    terimakasih

Leave a Reply