PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
DONGENG UNTUK ANAK SEBELUM TIDUR

Banyak cara yang bisa menumbuhkan rasa kebersamaan didalam keluarga khususnya dalam hubungan anak dengan orang tuanya dan juga, salah kalau orang berpikir bahwa kegiatan- kegiatan tersebut sangat mahal dan banyak menyita waktu, karena ada beberapa kegiatan yang tentunya bisa menumbuhkan rasa kebersamaan ditengah keluarga namun tidak perlu mengorbankan banyak waktu dan uang, diantara banyaknya kegiatan-kegiatan itu diantaranya adalah mendongeng atau membacakan cerita anak kepada buah hati kita sebelum tidur.

Walau pun terkesan sepele momen kebersamaan inilah yang paling ditunggu dan dikenang anak dari orangtuanya dan juga untuk hal mendidik anak mendongeng sangat tepat dan tentunya menyenangkan untuk dilakukan bersama.

Kalau di luar negeri membacakan dongeng merupakan salah satu kewajiban orang tua yang ingin memiliki anak-anak yang pandai dan kaya akan imajinasi, karena menurut penelitian dengan mendongengkan cerita terhadap anak sebelum tidur dapat menciptakan imajinasi tentang karakter, lingkungan, maupun tentang orang lain di dalam diri anak-anak. Anak-anak yang suka mendengarkan dongeng biasanya kaya akan imajinasi.

Mereka juga akan memiliki visi dan sudut pandang yang lebih baik dalam menilai orang lain ataupun situasi yang terjadi di sekelilingnya dengan kata lain cara seperti ini merupakan bentuk lain dari cara menyayangi anak.

Orangtua juga dapat memanfaatkan media dongeng dalam memberi nasehat ataupun perintah pada anaknya. Namun, suatu dongeng tidak mutlak harus ada kandungan nasehatnya, bersifat menghibur saja juga tidak masalah, karena anak-anak pada dasarnya memiliki daya nalar tersendiri. Dengan kata lain, dongeng tidak harus selalu membawa pesan moral seperti tentang kebaikan atau keburukan.

Akan lebih baik lagi kalau ayah dan ibu bersama-sama mendampingi anaknya, sehingga si anak bisa merasakan kehangatan kasih sayang kedua orang tuanya, selain itu kedua orangtua juga ikut serta bersama-sama untuk merawat anak.

Leave a Reply