PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Ciri-Ciri Bayi Cacingan

ciri bayi cacinganCacingan merupakan penyakit yang sering menimpa bayi dan balita. Cacingan terjadi karena terinfeksinya tubuh bayi oleh cacing parasit, cacing parasit tersebut diantaranya adalah cacing kremi, cacing pita, cacing gelang dan cacing tambang. Cacing pada bayi masuk ke dalam tubuh bayi melalui makanan ataupun pori-pori tubuh bayi. Lingkungan yang tidak higienis dan kurangnya memperhatikan kebersihan menjadi faktor terbesar terjangkitnya cacingan pada bayi.

Gejala dan ciri bayi cacingan sebenarnya sangatlah jelas, hal tersebut dapat diketahui dari keadaan tubuh bayi yang tampak terlihat seperti bayi kurang gizi. Ciri bayi cacingan diantaranya:

  • Bayi akan tampak lesu, lemah, lemas dan terlihat pucat. Hal tersebut dikarenakan cacing pada bayi yang bersifat parasit menghisap darah yang ada pada pembuluh darah bayi.
  • Bayi rewel dan sering terlihat tidak nyaman. Kemungkinan besar penyebab ketidaknyamanan bayi adalah dubur bayi yang gatal. Dubur yang gatal merupakan salah satu gejala cacingan.
  • Ciri bayi cacingan yang sangat khas adalah perut buncit tetapi badannya kurus. Hal tersebut sering menjadikan bayi terlihat seperti bayi kurang gizi.
  • Batuk berkepanjangan. Hal ini dapat terjadi apabila cacing pada bayi telah menginfeksi paru-paru bayi, sehingga mengganggu sistem pernafasan bayi.
  • Gangguan lambung, seperti diare, perut kembung dan susah buang air besar. Hal tersebut terjadi karena cacing pada bayi telah mengganggu metabolisme pencernaan bayi.

Apabila ibu melihat pada buah hatinya ada gejala atau ciri bayi cacingan seperti ulasan di atas, maka sebaiknya ibu segera periksakan bayi ke dokter anak. Agar bayi dapat tertangani dengan baik oleh medis. Penanganan yang sering dilakukan dokter untuk mengatasi cacingan adalah dengan pemberian obat sirup anak anti cacingan. Janganlah ibu menyepelekan cacingan karena infeksi cacing pada bayi yang dibiarkan akan terus meluas pada tubuh bayi, hal tersebut dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Pencegahan cacingan dapat dilakukan dengan cara membiasakan diri dengan pola hidup sehat, menjaga kebersihan tubuh, dan menjaga sanitasi lingkungan. Selain itu asupan nutrisi untuk bayi juga perlu diperhatikan seorang ibu, karena bayi kurang gizi sangat rentan terkena cacingan.

 

4 Comments to “Ciri-Ciri Bayi Cacingan”

  1. masyita nurfadilah mengatakan:

    apa mungkin anak saya cacingan?
    sekarang usianya 8 bulan’perutnya selalu kembung dan perkembangan tubuhnyapun tidak terlalu ada perubahan,,sekarang BBnya hanya 7kg lebih..
    obat cacingan pada bayi apa yah????

    mohon bantuannya…

  2. linut mengatakan:

    selamat siang???sy mau tanya.sy menpunyai anak laki-laki yg berumur 13 bln.pada saat usia 9bln anak sy pernah msk RS karena diare,dan sampai skrng BBnya tetap dan tdk bs gemuk(7.5kg).sy takut,apakah anak sy termasuk golongan gizi buruk??dan mohon bantuan solusi yg terbaik buat sy.
    terimakasih

  3. bunda kenzie mengatakan:

    anak saya laki2 sekrg berumur 7bln.berat bdn 7.8 kg pd usia 4 bln bbnya 6.8kg.usia 5 bln bb nya turun 3 ons. dan 2 bulan terakhir ini bobotnya naik 5 ons perbulanya. tapi kondisi anaknya nampak lemas dan kurang ceria, dan mata yang sebelah kiri sering keluar belek nya, sdgkan kalau diberi mpasi susah untuk menelan dan kadang muntah, serta pada waktu tidur malam sering gelisah, yang ingin saya tanyakan apakah kondisi seperti ini normal atau ada masalah pada anak saya. mohon tanggapanya.,

  4. wawan mengatakan:

    sy punya anak umur 28bln susah makan skli sehingga brt badan cuman 11kg, apakah ank sy termasuk gejala cacingan..?

Leave a Reply