PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Cara menyusui bayi

Sebagai penunjang pembentukan jaringan-jaringan pada tubuhnya, susu wajib diberikan kepada bayi dan tidak ada batasan tertentu untuk bayi berhenti meminumnya. Susu dapat menjadikan bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas, aktif dan tangkas.

Memberi susu kepada bayi ada aturannya. Bila terlalu sedikit, perkembangan tubuh bayi bisa jadi tidak sesehat atau sebugar bayi yang meminum susu dan bayi juga dapat menjadi ringkih. Sebaliknya, bayi yang kelebihan susu juga dapat tumbuh terlalu besar dan terlalu gemuk.

Susu bagi bayi dibawah umur 3 bulan adalah makanannya yang utama, dan air susu ibu adalah nutrisi yang penting. Susui bayi saat air susu keluar untuk pertama kalinya dan setelah itu penyusuan bayi diatur pada waktu-waktu tertentu.

cara menyusui bayi

Waktu menyusui yang paling tepat adalah saat bayi selesai dimandikan. Dalam kondisi tersebut bayi merasa segar dan akan meminum susu lebih banyak. Susui bayi selama kurang lebih setengah jam dan hentikan setelah itu. Anda dapat menyusuinya lagi dengan memberi jarak minimal 1 jam sekali.Anda juga dapat menyelingi susu dengan makanan setelah bayi berumur lebih dari 3 bulan. Sesuaikan makanan dengan usia bayi. Bayi berusia 4 bulan dapat dibantu dengan susu siap saji yang sesuai dengan saran dokter. Pemberian susu kepada bayi akan semakin berkurang intensitasnya seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Kurangi juga dosis susu anak sedikit demi sedikit jika dia doyan minum susu, dan tambahkan porsi makanan untuk mengganti intensitasnya meminum susu.

Menyusui bayi tak hanya sekedar memberi makan atau menghentikan tangisnya. Ada konteks lain di balik itu. Pada saat menyusuinya, anda pasti akan mengelus dan membelainya dalam dekapan anda.

Belaian dan dekapan anda memberikan dampak psikologis yang baik untuk bayi anda. Dia akan merasakan kasih sayang anda yang tulus dan merasakan keamanan yang anda berikan. Buaian anda juga menghilangkan stres yang dirasakan si kecil. Siapa bilang bayi anda tidak merasakan stres?

Perhatikan pula kebersihan dan kehigienisan saat menyusui bayi. Bersihkan puting anda dan hindarkan dari bau-bauan yang tajam yang dapat membuat pusing bayi anda. Bila anda memberi susu siap saji, cuci dot bayi setiap kali anda selesai digunakan dengan air panas supaya kuman tidak berkembang biak dengan cepat.

dot untuk bayiGanti pula puting dot yang rusak sehingga tidak melukai mulut bayi anda. Jangan biarkan anak anda menggunakan dot. Ajari perlahan-lahan dan gantikan dot dengan gelas bercorong hingga pada akhirnya anak anda dapat minum dengan menggunakan gelas. Penggunaan dot yang terlalu lama dapat merusak struktur gigi dan menjadikan gigi anak anda tidak rata.

Jangan lupa pula untuk membasuh susu yang tercecer baik di kulit atau di baju. Karena susu yang tercecer di kulit dapat menjadi biang keringat dan membuat anak anda merasa tidak nyaman.

Baju yang basah karena susu juga dapat menjadi biang keringat dan bahkan dapat menyebabkan infeksi. Segera botol susu yang telah habis dengan dot tanpa tabung jika bayi anda tidak mau berhenti menghisap.

19 Comments to “Cara menyusui bayi”

  1. novie mengatakan:

    halo pakar bayi…
    setahu saya, dan menurut beberapa buku yang saya baca, pemberian makanan tambahan, untuk menyelingi susu?ASI minimal diberikan setelah anak berumur 4 bulan (anda menulis 3 bulan) bahkan kalau ibu menyusui ASI tanpa selingan susu formula (ASI ekslusive) makanan pendamping ASI diperkenalkan saat bayi berusia 6 bulan.
    Bagaimana menurut anda..? ada dasar yang kuat untuk menulis 3 bulan? buku atau referensi yang bisa saya baca…?

    trims

  2. susrie mengatakan:

    saya mo nanya nich….bayi saya skrg dah 3 bln 10 hr saya bingung mo saya kasih tambahan makanan bayiku yg pertama bagusnya di usia berapa ya? terus makanan apa yg bagusnya ya…….mohon sharingnya…….berhubung ini anak pertama saya jadi saya bingung. terimakasih sebelumnya.

  3. susan mengatakan:

    met pagi…saya bnyk membaca di majlah dan buku-buku kesehatan, pemberian MPASI sebaiknya setelah bayi berumur 6 bulan karna organ2 bayi belum sempurna, jika diberikan sebelum 6 bln bisa menyebabkan bayi sembelit, capat sakit, dll…disini anda tuliskan 3 bln, apakah sehat bagi bayi…
    tq

  4. sue mengatakan:

    saya kurang jelas apa yg dimaksudkan…..

    tapi sedikit sebanyak saya risau …adakah anak saya menhidap

    sakit campak.

    ada x ubat nak sembuhkan nya..

    semua ibu2 inginkan anak2 mereka sentiasa sihat.

  5. dewi mengatakan:

    hi,
    bayiku dah tiga bulan brarti siap diberikan MAPSI tapi masih ragu krn spengetahuan saya siap diberi makan manakala usia dah 6 bulan. bagaimana ini?
    thanks

  6. memon mengatakan:

    :shock: hi aku sebetulnya papa aku mo nanya bayiku umur 3 bulan belakangan ini sering muntah ….itu kenapa ya thanks

  7. papa levi mengatakan:

    hi all
    babyku si levi umur 1bulan, disekujur tubuhnya muncul bintik merah (kayak biyang keringat) udah 3hari ini ampe susah bobo, normal gak ya?
    trus tiap kali abis minum asi, di amasih akan rewel sampe muntah, setelah muntah ini baru tenang.. normal gak ya??
    thanks

  8. Ukhi mengatakan:

    Hi smua…
    Babyquw ud 6 bln. Tapi blm dpt imunisasi DPT lengkap.
    Br dpt imunisasi DPT 1.
    Gpp kah?
    Sy tkt,coz anaku telat imunisasinya.
    Tolong dong… Gmn neh.

  9. iema mengatakan:

    bayi saya baru umur 5 bulan dah start bagi makan tapi berat badan dia hanya naik sedikit wt 5.6 5 bulan adakah ia normal saya runcing…. bayi yg umur kurang dari anak saya lagi montel

  10. dahlia mengatakan:

    termakasih atas info nya yang sangat membantu

  11. liza mengatakan:

    bayi saya berumur 3 bln 19 hr.. masalah bayi saya ialah dia kerap minum susu dan tidak mengikut masa.. sentiasa ingin minum susu.. (tidak mengikut 1 jam sekali) adakah ini bahaya bg bayi saya? dan di mukanyer banyak ruam? adakan itu ruam susu? bagaimana nk mengubatinya?

  12. Rory tamba mengatakan:

    Anak saya berusia 5 bulan 4 hari dia mengalami keluhan bagian hidung tersumbat dan batuk tidak sembuh-sembuh hampir 1 bulan….?tp saat ini dia sdg mnglm mau tumbuh gigi
    Itu gejala apa ya dokter dan apa yang harus saya lakukan dan apa obat yang harus saya berikan..tolong balas nya dok

  13. Bunda Hilmi mengatakan:

    mau tanya nih, bayiku usia 9 bulan, ASIX dan skrg makan bubur instan sesuai tahapan usianya. makannya lumayan bila kondisinya sehat. tapi di siang hari dia jadi jarang mau nyusu kadang sampe 4 jam belum mau diteteki dan kalo agak dipaksa jadi rewel. akhirnya saya biarkan. apakah itu tidak mengganggu tumbuh kembangnya? kalo malem frekuensinya wajar, antara 1-2 jam. trimakasih atas jawabannya.

  14. Julie mengatakan:

    Hai..
    Aku mo tanya nich..
    So anakku skrnq udh 6 bln,sejak lahir dia tdk mau minum ASI jd klu skrnq ankku baru mau minum ASI,it bs tidak dan apakah ada efek sampinqnya..

  15. tetty mengatakan:

    anak saya sekarang berusia 5 bulan 3 minggu
    karena saya bekerja di kantor jadi
    pada siang hari dia minum susu formula 2 jam sekali dan waktu sore hingga esok paginya dia minum asi ?
    baikkah itu pada si kecil
    atau bagaiman yang harus saya lakukan

    • admin mengatakan:

      Hello Tety, apabila tidak ada gejala negatif pada bayi anda hal tersebut dapat Anda lakukan. Namun bila terjadi gejala negatif seperti mencret atau demam, sebaiknya hentikan penggunaan susu formula dan kembali ke ASI.

  16. klaudia mengatakan:

    bagaimana pun juga asi tetep yang terbaik’dan sebaiknya mpasi diberikan setelah bayi usia 6 bulan..jangan hanya menuruti kehendak kita aja…mentang2 baby’rewel dikira laper…padahal belum tentu

  17. anny mengatakan:

    Haloo pakar bayi

    Saya ibu baru nenyusui..asi saya ada tp tdk banyak
    Jd sy tmbh susu formula karna sy kawatir tidak kenyang..tp skr kalo saya kasih asi dia kurang suka meskipun sdah sy masukin dot..saya ingin skali menggunakan asi eksklusif tp sepertinya c baby sdah sulit d lpaskan dotnya bagaimana dong agar c baby bs lepas dr dot n susu formulanya dan lebih menyukai asi??tolong jawabannya..makasih

  18. Sandra mengatakan:

    That insight’s just what I’ve been lnookig for. Thanks!

Leave a Reply