PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Cara Menangani Bayi Rewel

Sebagian besar dari masyarakat hanya memiliki sedikit pengalaman dalam berinteraksi dengan bayi, hingga pada akhirnya mereka memiliki bayi mereka sendiri. Oleh karena itu, ketika si buah hati bersikap rewel, terkadang menyebabkan kita sedikit frustrasi karena kita tidak dapat menanganinya. Satu hal lain lagi yang perlu diketahui adalah, sudah sifat alamiah bahwa bayi itu menangis. Maka terkadang kita telah melakukan semua strategi yang ada untuk menenangkannya, namun tidak satupun dari strategi tersebut berhasil. Jika hal tersebut terjadi Anda dapat menggunakan strategi lain seperti yang akan disebutkan pada artikel ini, atau anda dapat mempelajari cara mendidik bayi dengan program bayi cemerlang. Bayi menghabiskan 9 bulan lamanya di dalam kandungan ibu sebelum akhirnya ia dilahirkan. Baginya kondisi kandungan ibu tersebut memiliki mobilitas yang tinggi bahkan ketika tidur. Ketika ia dilahirkan, kondisi lingkungan bayi sangat berbeda dengan sewaktu ia masih di dalam kandungan. Ia akan lebih sering menghabiskan waktunya di tempat yang statis, jarang bergerak seperti tempat tidurnya. Maka itu, ketika Anda menghadapi situasi dimana buah hati Anda sedang rewel, ingatlah hal ini dan lakukanlah beberapa gerakan yang dapat menenangkannya. Disamping itu yang Anda dapat lakukan adalah membendungnya dengan erat. Balutkan selimut yang lembut untuk menghangatkannya. Hal ini juga merupakan penerapan dari kondisi lingkungan bayi sebelum ia dilahirkan. Dimana di dalam rahim, posisi bayi dalam keadaan yang erat dan pas, sehingga ia tidak banyak bergerak. Lingkungan yang seperti itulah yang menurutnya nyaman dan menenangkan. Hal lain yang terjadi ketika sang bayi masih berada di dalam kandungan adalah ia terbiasa untuk mendengarkan bunyi-bunyian seperti degup jantung sang ibu, bunyi aliran darah, dan sebagainya. Maka itu ketika ia bersikap rewel Anda dapat mengalihkannya dengan bunyi atau suara-suara. Untuk beberapa bayi, situasi yang tenang sangat tidak nyaman baginya dan justru memacu dirinya menjadi temperamen dengan bersikap rewel. Ketika Anda melakukan cara-cara di atas, sebaiknya Anda juga berada dalam suasana hati yang tenang. Sebab suasana hati Anda, tanpa Anda sadari dapat mempengaruhi aktivitas yang Anda lakukan terhadap si buah hati. Akibatnya mungkin cara-cara tersebut akan tidak ampuh untuk menenangkan buah hati Anda. Oleh karenanya, ketika Anda berada dalam kondisi yang kurang fit, tidak ada salahnya jika Anda meminta bantuan terhadap orang terdekat seperti anggota keluarga Anda untuk menjaga si buah hati untuk sementara waktu sehingga Anda dapat beristirahat sejenak, dan buah hati Anda pun tidak akan kehilangan temperamennya.

2 Comments to “Cara Menangani Bayi Rewel”

  1. antony mengatakan:

    apakah efeknya bagi bayi bila ibu dalam masa menyusui kadang2 merokok? (saat sedang menyusui sih gak merokok)
    apakah efeknya bagi bayi bila TV ada didalam kamar tidur? tempat tidur bayi sekitar 4meter didepan TV.

    • rahma mengatakan:

      bayi yang menghirup udara yang sudah tercemar acap rokok maka tidak baik untuk kesehatan anak yaitu bisa mengganggu kesehatan paru2

      bayi yang menonton Tv sambil tidur maka bisa mengganggu kesehatan mata bayi di karnekan bayi melihat sambil tidur dan sinar pantulan dari tv mengakibatkan kurang baik untuk kesehatan bayi.

Leave a Reply