PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Berbagai Resep Makanan Bayi Berbahan Dasar Beras

Makanan pendamping bayi dari berasTerdapat macam-macam makanan yang dapat diberikan kepada bayi guna membantu proses pertumbuhan. Selain pemberian makanan pokok dan ASI, perlu juga memberikan makanan pendamping bayi pada usia-usia tertentu. Makanan bayi terbuat dari berbagai macam bahan, salah satunya beras. Makanan pendamping bayi yang berbahan dasar beras dapat mulai diberikan pada saat bayi menginjak usia tujuh bulan. Makanan bayi dari beras inilah yang akan kita bahas sebagai makanan pendamping bayi. Berikut beberapa resep makanan bayi.

1. Tim Daging Beras Merah: Makanan bayi dari beras merah ini mampu membuat makanan pendamping bayi menjadi spesial. Karena beras merah lebih banyak mengandung gizi daripada beras putih biasa. Daging yang mengandung protein menambah khasiat dari makanan pendamping bayi yang satu ini. Beras merah yang diaron ditambahkan daging dan kaldunya, mampu membentuk makanan bayi dari beras menjadi lebih bergizi.

2. Nasi Tim Sayur: Makanan dari beras ini mengandung banyak karbohidrat dan zat besi. Cara membuatnya adalah dengan mengaron beras hingga setengah masak. Lalu, dituang ke dalam wadah tahan panas. Kemudian, ditambahkan wortel, bayam, dan hati ayam. Setelah itu, tuangkan kaldu ke dalamnya. Jika sudah, saringlah hasil tim tersebut guna mendapat hasil terbaik.

3. Bubur Sum-sum: Resep makanan bayi berikut ini terbuat dari beras tepung. Bubur sum-sum ini mengandung protein dari dalam susu yang sangat baik untuk membentuk tubuh ideal bayi. Dan juga mengandung karbohidrat yang tersimpan dalam beras yang dapat memberi tenaga kepada bayi untuk melakukan aktifitas. Cara membuatnya adalah dengan merebus susu setengah masak. Kemudian, ditambahkan beras tepung dan diaduk hingga rata. Nah, bubur sum-sum sudah siap dihidangkan.

4. Nasi Tim Seafood: Kolaborasi beras dengan makanan laut membentuk resep makanan bayi yang baik guna pertumbuhan dan kecerdasan bayi. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan nasi yang ditim setengah matang ditambahkan ikan tenggiri, wortel dan kacang kapri. Kemudian, tambahkan sedikit air dan tunggu hingga matang. Pada Tim seafood ini mengandung omega tiga yang terkandung dalam ikan tenggiri yang dapat menambah nutrisi untuk otak bayi.

5. Bubur Ayam: Makanan pada pagi hari sangat menentukan nafsu makan si bayi. Karena nafsu makan bayi sangat bergantung pada variasi makanan yang disuguhkan. Itulah sebabnya, sama seperti yang dijual di pasaran, bubur ayam ini cocok untuk dikonsumsi saat sarapan guna membangkitkan nafsu makan bayi. Resep makanan bayi ini terbuat dari nasi yang dibuburkan dan ditambah dengan irisan daging ayam beserta potongan wortel.

6. Bubur Beras Merah: Beras merah terkenal dengan kandungan gizinya yang lebih banyak daripada beras biasa. Hal ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan gizi bayi. Karena, dalam usia tiga sampai enam bulan bayi hanya dapat mengkonsumsi makanan halus sebagai makanan pendamping bayi. Itulah sebabnya, bubur beras merah dapat menjawab kebutuhan bayi akan makanan bergizi yang sesuai dengan kondisi pencernaan bayi.

1 Comment to “Berbagai Resep Makanan Bayi Berbahan Dasar Beras”

  1. cedas mengatakan:

    dari jenis-jenis di atas, yang paling bagus yang mana sob..

Leave a Reply