PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Bahasa Isyarat Mempercepat Komunikasi Dini

Pernahkan Anda mendengar program bahasa isyarat bayi? Apabila merasa masih asing, maka tidak ada salahnya untuk mengenal metode pendidikan komunikasi yang menarik ini. Bahasa isyarat bayi diciptakan oleh Linda Acredolo dan Susan Goodwyn melalui penelitian mereka selama lebih dari 19 tahun. Dari hasil penelitian tersebut, diterbitkan sebuah buku berjudul Baby Sign: How To Talk With Your Baby Before Your Baby Can Talk. Melalui buku tersebut dijabarkan tentang kegunaan bahasa isyarat bagi bayi.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh orang tua ketika mengajarkan bayi mereka bahasa isyarat, yaitu:

  1. Membuat bayi di bawah 12 bulan mampu menyampaikan keinginannya walaupun belum mampu berkomunikasi secara verbal.
  2. Selama ini orang tua dituntut keras untuk memahami tangisan dan menduga-duga keinginan si bayi sehingga terkadang membuat orang tua menjadi bingung dan stress menghadapinya. Dengan menggunakan bahasa isyarat dalam berkomunikasi, orang tua dan bayi akan saling memahami maksud yang diinginkan walaupun bayi tidak berbicara secara langsung.
  3. Bahasa isyarat mempercepat anak bicara dari waktu yang biasanya. Karena melalui bahasa isyarat secara non verbal anak bayi telah dilatih untuk memahami dan mengenal banyak kata. Akibatnya, ketika memasuki fase verbal yaitu masa si bayi harus bicara, bayi telah memenuhi otaknya dengan pembendaraaan kata yang sangat memadai.
  4. Program bahasa isyarat bayi ternyata juga dapat memacu peningkatan IQ pada anak bayi. Penelitian yang dilakukan di Universitas California membuktikan bahwa bayi yang sejak dini dilatih bahasa isyarat memiliki nilai tes IQ yang tinggi dibandingkan anak bayi biasa. Penguasaan dan pemahaman kosa kata yang lebih baik dibandingkan bayi sebaya mereka membuat mereka mampu berpartisipasi dalam permainan kompleks yang disuguhkan peneliti.

Tertarikkah Anda untuk mulai mengajarkan bahasa isyarat pada si bayi? kalau tertarik Anda bisa mencari di toko buku terdekat atau browsing di internet karena telah cukup banyak ebook bahasa isyarat bayi yang diperjualbelikan dengan harga terjangkau.

8 Comments to “Bahasa Isyarat Mempercepat Komunikasi Dini”

  1. fitri astutik mengatakan:

    Thanks atas infonya, semoga membantu saya dlm mendidik anak…

  2. fauzah mengatakan:

    siap, akan saya terapkan pada anak saya

  3. rachmat mengatakan:

    sy coba, dan terimakasih, ini dalam rangka pembangunan tumbuh kembang anak saya

  4. quini mengatakan:

    Wah … bagus sekali, harus dipraktekkan nih.

  5. citaleksono mengatakan:

    apakah bahasa isyarat utuk bayi normal boleh? takutnya kabawa-bawa sampai besar…tks

  6. Inasi ten mengatakan:

    artikel yang sangat berguna, ditunggu artikel yang bagus bagus lagi ya

    Tips and Trick Merawat Anak

  7. arira mengatakan:

    hallo pb…mau tny nih!bgmn cara mengenali bakat anak yg msh batita? thank’s!

  8. amy mengatakan:

    makasih, akan saya coba

Leave a Reply