PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Bagaimana Ciri-Ciri Bayi Kurang Gizi?

Bayi kurang giziBayi kurang gizi tentu menjadi hal yang sangat memprihatinkan karena seharusnya usia bayi merupakan masa yang penting untuk bertumbuh dan berkembang. Bayi kurang gizi akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan fisik, otak dan juga psikologisnya. Oleh sebab itu, mulai kenali dan pelajari ciri-ciri bayi yang kurang gizi.

Kurangnya gizi pada bayi awalnya ditandai dengan fisik bayi yang terlihat kurus. Bayi kurus memiliki berat badan di bawah rata-rata pada usia yang seharusnya. Bayi kurang gizi mengalami kesulitan atau bahkan tidak mengalami kenaikan berat badan selama 3 bulan berturut-turut. Sebenarnya tidak hanya berat badan saja yang menjadi indikator utama kekurangan gizi pada bayi. Ukuran tinggi badan, lingkar lengan dan lingkar kepala bisa menjadi indikator pelengkap.

Bayi yang mengalami kekurangan gizi juga mudah terkena penyakit. Oleh sebab itu, jika bayi sering sekali sakit seperti diare, demam, anemia dan penyakit lainnya maka kemungkinan bayi kurang gizi. Selain itu, bayi yang mengalami kekurangan gizi umumnya memiliki mata yang cekung. Rambut bayi tipis, mudah untuk dicabut dan umumnya berwarna kemerahan. Secara psikologis, bayi yang kurang gizi cenderung menjadi pendiam dan tidak aktif.

Kekurangan gizi pada bayi Indonesia umumnya karena kekurangan energi protein. Ciri-ciri bayi yang mengalami kekurangan energi atau kalori (sering disebut dengan marasmus) antara lain bayi sangat kurus, bagian pantatnya keriput dan bagian perutnya cekung. Selain itu, kulit di tubuhnya kering dan keriput. Bayi kurang gizi ini mudah sekali rewel.

Sedangkan ciri-ciri bayi yang kekurangan protein atau disebut kwashiorkor antara lain bayi malahan mengalami kebengkakan di tubuhnya. Bagian utama yang terlihat bengkak adalah kaki dan punggung. Sementara ototnya mengalami pengecilan yang bisa terlihat saat sedang duduk atau berdiri. Wajah bayi kurang gizi ini bulat seperti bulan purnama dan tampak keriput. Organ penglihatan yakni matanya tampak sayu. Selain itu di kulitnya muncul bercak yang berwarna merah muda dan kelamaan menjadi kehitaman. Sama seperti bayi kurang gizi lainnya, bayi mudah sekali rewel dan sering menangis.

4 Comments to “Bagaimana Ciri-Ciri Bayi Kurang Gizi?”

  1. Jonifdel Manir mengatakan:

    boleh ga artikel artikel di Pakar Bayi di puplikasi di Website http://www.bundabayi.com ? Terima kasih

  2. gigih mengatakan:

    bagaimana jika keadaan bayi tumbuh kembang nya kurang maksimal, atau lambat. apa itu juga bisa dikarenakan kurang nya gizi ya?

  3. zuliana mengatakan:

    Helo mba anak saya bru berusia 5bln dan beratnya 5,8.saya sebenarx melahirkan anak kembar cuman yg satunya meninggal.skrg yg akn saya txkan apakah di usia 5bln dan dgn berat 5,8 anak saya kekurangan gizi?

  4. yunita indah mengatakan:

    mau tny usia anak sy 10 bulan brt nya 7.2 kg. dy tdk suka susu.malah suka minum air putih.apakah anakq ini termasuk yah.tp dy aktiv bgt.

Leave a Reply