PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Atasi gangguan tidur pada bayi

Tidur merupakan tempat istirahat bayi pada saat merasakan kelelahan. Kita sebagai Orang tua merasa tenang bila bayi kita tidur dengan lelap, tapi harapan orang tua tidak semuanya terwujud, pastinya bayi yang tidur sering terganggu. Setiap bayi ketika tidur mempunyai kualitas tidur yang berbeda, usia juga berperan penting dalam kualitas tidur bayi.

Tidur merupakan salah satu faktor pertumbuhan bayi. Dimana saat tidur semua otot-otot bekerja dalam tubuh, saraf-saraf pun bekerja sesuai dengan kedudukannya. Membuat tidur bayi itu tidak mudah, banyak hal yang harus kita lakukan. Kadang tidur pada bayi kurang maksimal, ada saja hal-hal yang membuat mereka terganggu pada saat tidur sehingga membuat bayi rewel. Biasanya mereka mudah terganggu karena ada suara atau rasa tidak nyaman pada saat tidur. Kita sebagai orang tua mungkin banyak mengeluh soal gangguan tidur bayi. Gangguan tidur bayi ini bisa disebabkan oleh:

  1. Keadaan tubuh bayi terganggu , misalnya sakit,
  2. Keadaan lingkungan sekitar yang bising, membuat mereka terganggu.
  3. keberadaan ibu tidak ada disampingnya, seakan-akan membangunkan dalam tidurnya yang nyenyak.
  4. kehangatan dalam tidur tidak ada.
  5. Keadaan perut yang kosong sehingga mereka merasakan lapar.
  6. Badan yang kotor atau badan yang belum dibersihkan, sehingga mereka tidak nyaman saat tidur, apalagi seharian bermain, pasti keringatan.
  7. Popok atau celana yang mereka gunakan sudah basah.
  8. Keadaan kamar yang tidak nyaman
  9. Mimpi buruk.
  10. posisi tidur tidak nyaman

Bila kita merasa khawatir dengan bayi anda yang tidurnya terganggu, maka kita harus atasi gangguan tidur bayi, dengan cara:

  1. Sebelum tidur lihat kondisi badan bayi apakah ada yang berbeda sebelumya.
  2. Usahakan sekitar ruangan dalam keadaan nyaman dan tenteram.
  3. Saat tidur bayi harus kita peluk terus, karena keberadaan ibu di sampingnya akan membuat bayi tidur nyaman.
  4. Bersihkan badan terlebih dahulu sebelum tidur. Cara itu bisa membuat bayi nyaman dan cepat tertidur.
  5. Gantilah popok atau celana yang mereka gunakan selama tidur, secara berkala.
  6. Kamar tidur bayi harus dalam keadaan bersih dan enak dilihat.
  7. Sebelum tidur beri doa pada anak kita supaya diberi perlindungan selama tidur.
  8. Tentukan cahaya ketika tidur
  9. Posisi tidur bayi harus telentang dengan posisi bantal harus lebih tinggi dari badan, tapi jangan terlalu inggi.

Orangtua tidak bisa memaksa bayinya untuk tidur. Penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman adalah cara terbaik untuk membuat bayi tidur lebih cepat kita perlu memperhatikan siklus pada saat tidur.

16 Comments to “Atasi gangguan tidur pada bayi”

  1. deny mengatakan:

    terima kasih infonya, infonya sangat membantu saya dalam megurus rumah tangga

  2. cma mengatakan:

    akan di praktikkan

  3. detha mengatakan:

    thx infonya ya…………..

  4. siti naimah mengatakan:

    thanks za infox itu semua sangat aku butuhkan dalam merawat bayiku……..

  5. diana arana mahardika mengatakan:

    tx info nya…lgsg sy praktekkan!

  6. nirmalasari mengatakan:

    terima kasih ini sngt mmbantu saya menjaga bayi pertama saya

  7. ieq nurul hikmah mengatakan:

    good, i like

  8. tedi mengatakan:

    salam kenal, seneng deh akhirnya bisa menemukan blog ini! punten mo nanya nih! anak saya usianya baru 2th. kalo tidur suka ngorok kayak lg pilek padahal kalo siang sehat-sehat aj. pertanyaan saya berbahaya tidak ya? penyebabnya apa? trus gimana cara mengatasinya? makasih

  9. henna mengatakan:

    salam kenal,,saya mau nanya bayi saya berusia 7 bulan dari klo dia tidur posinya selalu miring seperti setengah tengkurap..apakah posisi tidur seperti itu tidak mempengaruhi pertumbuhannya,,terimakah

  10. yuniarti mengatakan:

    lm kenal’ saya mau nanya, anak saya berusia 6 bulan, tidurny suka miring terus berbahaya tidak???? terimakasih.

  11. riya mengatakan:

    bayiku umur 20 hari ketika jam 11 malam kok bangun dan sering rewel itu masalahya apa?mksh atas informasinya

  12. adrian mengatakan:

    salam kenal,anak saya berusia 6 bulan,selama ini tidur siang dan malam di dalam ayunan,kalo tidur di kasur sering terbangun (suka kaget) dan rewel,apakah ayunan bisa mengganggu pertumbuhan fisik dan kesehatannya,terimakasih

  13. suriyati mengatakan:

    salam kenal, anak saya 17 bulan, tidur siang dan malam di dalam ayunan, kadang klo sudah lelap ditidur di kasur tp cuma bertahan 2-4 jam, trus di ayun lg. apakah ayunan tdk mengganggu pertumbuhannya. thanks

  14. Bunda alza mengatakan:

    Salam kenal… Bebyku skrg usia 4bulan sejak bisa miring tidurnya selalu miring kalo cpek juga terlentang sendiri,tapi gak apa”!

  15. veronika mengatakan:

    salam kenal….anak saya 4bln dr lahir tidurnya miring,jd bentuk kepala agak menonjol k blkg…tulang punggungnya pun sama.apakah berpengaruh tumbuh kembangnya?bayi saya 4bln cuma 5200gr

  16. Salem mengatakan:

    Bila lihat bengkung biru ini taringet dekat isteri curi-curi beli tanpa pengetahuan saya. Suatu hari dia mengalami kegatalan dibahagian perut barulah tembelang pecah rupanya dia ada masalah alergik dengan bengkung tersebut. Kesian juga pun ada kerana suami yang tidak beberapa Aaron Aziz, dia sanggup membeli bengkung untuk kelihatan ramping

Leave a Reply