PAKAR BAYI
Ibu Pintar | Bayi Sehat | Bayi Cerdas
Asiknya menyusui…

Bagi ibu-ibu yang menyusui daun katuk mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga mereka. Ya, benar daun katuk memang dipercaya dapat melancarkan asi, maka tidak salah kalau daun katuk menjadi salah satu sayuran favorit ibu-ibu yang sedang menyusui. Mereka akan dengan senang hati mengkonsumsi sayuran tersebut demi memenuhi kebutuhan sang buah hati akan asi.

Selain daun katuk, jagung muda dan buncispun oleh beberapa orang dipercaya akan dapat juga melancarkan asi. Mungkin banyak diantara kaum ibu yang mulai khawatir saat asi yang diproduksi semakin sedikit dan mulai menghentikan pemberian asi kepada bayi mereka dan menggantikannya dengan susu formula. Sebenarnya pada saat produksi asi sedikit, justru sang bayi harus lebih sering diberikan asi, karena dengan sang bayi menghisap air susu ibu akan merangsang produksi asi sehingga produksi asi akan meningkat. Mungkin ini bisa menjadi tips melancarkan asi dan membantu para ibu untuk lebih bersemangat kembali memberikan asi kepada si buah hati.

Asi adalah salah satu bukti cinta kasih ibu yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Bukti cinta nyata seorang ibu kepada buah hatinya. Menyusui menjadi anugerah tersendiri bagi seorang ibu kepada anaknya. Menjadikan ibu lebih menghargai dirinya dan juga buah hatinya. Menghargai betapa Tuhan telah menjadikannya sebagai penyambung hidup seorang manusia. Manfaat asi pun banyak, selain asi bisa memberikan kekebalan tubuh yang dibutuhkan oleh manusia sepanjang hidupnya, dengan memberikan asi ibu juga bisa lebih berhemat, karena asi diproduksi secara gratis oleh sang ibu.

Dengan menyusui ibu bisa menjadi lebih dekat dengan sang anak. Saat menyusui ibu bisa mengajarkan bayi tentang berbagai hal. Saat menyusui ibu bisa mengajaknya mengobrol dan bahkan menyanyi ini juga merupakan cara mengajar bayi bicara. Seorang bayi memang tidak bisa merespon atas apa yang ibu katanya kepadanya saat itu, tapi apa yang ibu itu katakan akan selalu diingat oleh sang bayi, karena bayi belajar sesuatu dengan mengingat. Saat menyusui juga bisa ibu membisikkan sesuatu yang baik kepada anaknya sehingga hal-hal yang baik akan tertanam dialam bawah sadarnya dan saat dia dewasa akan terlihat seperti apa anak ini akan terbentuk.

8 Comments to “Asiknya menyusui…”

  1. ade mengatakan:

    terimaksh infonya sgt membantu kami sebagai ortu baru….kami ingin tahu…frekwensi pemberian asi yang baik berpa jam sekali? apakah jika bayi sdg tidur boleh kita bangunkan untuk minum asi??? karena terkadang kami silang pendapat dg mertua, kata mereka kasihan dibangunkan. yang baik seperti apa? terima kasih sebelumnya….

  2. ENISURYA mengatakan:

    apakah ada pantangan makanan bagi ibu menyusui…??/

  3. cici mengatakan:

    saya slh 1 ibu bru. d rmh, klwrga saya mlarang saya mkn es krn tkut byi saya flu, masakan yg panas/baru matanf krn tkut lidah bayi mnjadi sariawan, ikan krn tkut si bayi gatal-gatal,buah mangga krn tkut si bayi mencret. otomatis d rmh, saya hanya mmkan sayur, tempe, tahu, dan air pth saja. apakah pantangan2 itu benar atau hanya mitos?

  4. rajaclodi.com mengatakan:

    Hi saya dari rajaclodi.com
    saya memiliki tambahan informasi mekanisme memijat juga sangat mempengaruhi derasnya asi yang keluar lho.. saya sudah mencobanya.. kemudian makanan tambahan yg sangat menderaskan asi saya itu adalah

    sawi hijau di rebus kemudian dicampur nanas buah segar dan di lender jadi JUS

    …. Luar biasa dampaknya saya sudah mencoba

    Silakan coba ga ada salahnys semua alami kok

    makasih

  5. ummu aira mengatakan:

    Mb Enisurya n Cici, based on my experience and my kid’s SpA, g ad tuh pntangan2 ky gt cb cr deh d google ttg mitos2;)
    Mb Ade, anakku g prlu dbangunkan, kan klu haus bgun sndiri? CMIIW :)

  6. sukses ASI Eksklusif mengatakan:

    Saya ingin men-share pengalaman saya menyusui dan Sukses ASI Eksklusif, silakan mampir bila berkenan
    http://www.squidoo.com/pengalamanku-sukses-asi-eksklusif

  7. @niek mengatakan:

    bayi klo haus bangun sendiri…
    tidak ada patokan khusus harus berapa jam ….
    thanks info nya…sangat menarik

  8. umi mengatakan:

    informasi yg sgt brguna bgi sya.wlpn saya blum brumah tangga tp informasi ne prlu jgag di ingat n dpljari jg…
    krn utk buah hati smw harus yg trbaek….

Leave a Reply